Mau Online Shop Ramai Pembeli ?, Coba Tips Berikut Ini

  • Whatsapp
Mau Online Shop Kamu Ramai Pembeli, Coba Tips Berikut Ini

recode.ID – Memiliki online shop ramai pembeli merupakan impian setiap para penjaja produk atau dagangan lewat media sosial.

Pasalnya, seperti kita tahu media sosial saat ini tak hanya sebatas tempat untuk mencari teman baru lewat dunia maya. Tapi, kini juga di manfaatkan sebagian penggunanya untuk berjualan secara online atau di kenal dengan olshop (online shop).

Muat Lebih

Beberapa platform media sosial yang banyak di gunakan untuk berjualan secara online adalah Facebook dan Instagram. Lewat kedua medsos ini, banyak cerita sukses penjual yang meraup pundi-pundi rupiah hanya dengan berjualan di media sosial.

Nah, buat kalian yang mencoba untuk mengikuti jejak mereka sukses berjualan di media sosial, mungkin beberapa tips berikut ini bisa membantu kalian agar onlin shop milik kalian bisa ramai pembeli dan memberikan profit untuk anda.

Agar Online Shop Ramai Pembeli

Berikut ini adalah beberapa tips yang sudah redaksi rangkum dari beberapa sumber terkait cara berjualan secara online di media sosial yang bisa anda coba terapkan agar bisa menghasilkan keuntungan untuk anda.

Baca Juga :  Lupa Nomor HP Sendiri, Begini Cara Mengeceknya

1. Buatlah Feed yang Unik dan Menarik

Salah satu kunci sukses agar online shop ramai pembeli terletak pada feed terkait jualan anda di media sosial, terutama di Instagram.

Selama ini, banyak yang tidak menyadari dan asal pajang foto dagangan dengan caption ala kadarnya. Ini tentu tidak akan menarik minat pembeli.

Karena itu, usahakan untuk membuat feed instagram yang unik dan menarik disertai dengan caption yang membuat orang penasaran dengan barang yang anda jual. Edit foto barang dagangan anda dengan aplikasi edit foto yang sudah banyak beredar agar tampilannya lebih atraktif dan menarik minat pembeli.

2. Lakukan Endorse Kecil-kecilan

Jika mendengar kata endorse, mungkin dalam benak anda akan membayangkan untuk meminta artis atau selebgram terkenal untuk mempromsikan barang dagangan anda dengan bayaran yang mahal.

Tapi, tidak selamanya endorse itu harus dengan biaya mahal. Untuk anda yang jualan online rumahan bisa endorse dengan cara yang lebih praktis sesuai dengan target market anda.

endorse merupakan tips ampuh untuk meraih banyak pembeli

Misal, anda mempunyai teman di media sosial yang cukup aktif  memiliki banyak followers, anda bisa memintanya untuk membantu anda mempromosikan barang dagangan anda.

Bisa juga dengan meminta saudara untuk ikut mempromosikan barang dagangan anda. Tentu anda juga harus paham dan memberikan mereka imbalan yang sesuai.

3. Buat Kuis Berhadiah atau Give Away

Untuk mempromosikan online shop anda agar lebih dikenal banyak orang, buatlah kuis berhadah atau sering dikenal dengan sebutan give away.

Baca Juga :  #4 Trik Di WhatsApp Untuk Menjahili Teman Kamu

Susun strategi dan buatlah give away kecil-kecilan dengan hadiah misalnya barang dagangan yang anda jual. Minta para peserta give away untuk ikut follow, like dan share akun jualan online anda sebagai syarat untuk memperoleh hadiah.

Trik ini cukup efektif untuk mendatangkan pelanggan baru ke online shop anda agar bisa ramai pembeli.

4. Berikan Testimoni Positif dari Pelanggan

Untuk menambah kepercayaan kepada pelanggan baru, sertakan pula bukti testimoni atau review pisitif dari pelanggan yang sudah membeli produk di online shop anda.

Buat halaman khsusus sebagai highligh yang memuat semua testimoni atau komen psitif dari pelanggan anda sebagai bukti jika toko online anda memang layak dan terpercaya.

Banyak para penjual online yang meremehkan hal ini, dan dianggap tidak perlu, padahal ini sangat penting untuk  untuk membuat pelanggan ataupun konsumen percaya dengan produk yang anda jajakan.

5. Jangan Spam Jualan Anda

Banyak di temui ada penjual online yang cukup sering memposting barang jualan mereka dengan interval waktu yang cukup berdekatan dan spamming.

Jangan lakukan hal tersebut, jika ingin toko anda memiliki “trust” di mana pelanggan. Selain tidak bagus dan terkesan “kejar setoran”, spaming jualan juga justru beresiko di blok oleh pengguna lain karena dianggap cukup menggangu.

Unggah produk jualan anda secara berkala pada jam-jam tertentu di saat banyak orang buka media sosial. Prime time atau waktu yang bagus untuk upload jualan adalah pagi hari sekitar jam 7-9, siang antara jam 1-3,  dan malam hari sekitar jam 8-10.

Baca Juga :  Lindungi Keaslian Dokumen MS.Word Dengan Watermark, Begini Caranya

6. Promosi dengan Hashtag Populer

Agar online shop ramai pembeli, anda juga bisa menggunakan fitur hashtag. Sudah tau hashtag atau tagar populer kan ? yang biasanya diawali dengan tanda #. Ini cukup efektif untuk menjangkau banyak audiens dan pelanggan anda.

Buatlah caption yang menarik terkait jualan anda, dan sertakan hashtag yang sedang populer. Ingat jualan anda juga harus relevan atau memiliki topik yang sama dengan tagar tersebut.

7. Promo Diskon

Cara yang terakhir ini rasanya adalah jurus pamungkas bagi semua pelaku usaha dimanapun, tak terkecuali pada pejuang online shop.

Berikan diskon atau promo harga untuk menarik minat pembeli. Meski merupakan promo, anda juga harus dapat benerit dari promo tersebut.

Misal, untuk dapat promo diskon calon pembeli harus share postingan dagangan anda di timeline pembeli. Cara ini juga cukup efektif untuk menjaring calon pelanggan baru.

Namun, pastikan anda juga sudah mengkalkulasikan terkait untung rugi dengan memberikan diskon ini, Jangan sampai anda menyesal karena terlampau banyak memberikan diskon sehingga anda mengalami boncos atau rugi yang bisa berakibat buruk untuk kelangsungan usaha online anda.

Demikian, beberapa tips yang bisa anda coba untuk meraih banyak pembeli agar barang dagangan atau produk di online shop anda bisa laris manis. Semoga bermanfaat.

(azzahra)

Pos terkait