Ingin Smartphone Anda Terhindar Dari Virus ? Silahkan Coba Tips Berikut

oleh
tips terhindar dari virus

recode.ID – Semakin bekembangnya teknologi yang terdapat dalam smartphone keluaran terbaru, di barengi juga dengan semakin melonjaknya aktifitas serangan malware yang mengancam pengguna smartphone, terutama smartphone dengan basis sistem android.

Seperti kita tahu, selain menyerang pengguna komputer yang bisa berakibat pada rusaknya komputer pengguna, virus dan malicious software (malware) juga kerap menjadikan pengguna smartphone sebagai korbannya.

Ada banyak resiko akan di tanggung pengguna jika smartphone yang kita gunakan terindikasi terdapat malware atau virus di dalamnya, seperti di curinya data-data sensitif milik kita seperti akun perbankan maupun password login, serta resiko terburuk adalah rusaknya smartphone kita hingga tidak bisa di gunakan lagi.

Dalam beberapa kasus, biasanya virus maupun malware yang menyerang smartphone kita masuk dengan memanfaatkan ketidak hati-hatian kita dalam menginstall bebrapa aplikasi. Tergiur dengan iklan dan tanpa lebih dahulu mengecek keaslian aplikasi kita langsung install begitu saja aplikasi tersebut.

Nah, guna meminimalkan resiko terjadinya kerusakan dan kehilangan data pada smartphone kita, berikut beberapa tips terhindar dari virus yang harus anda ketahui untuk mencegah smartphone kesayangan anda terinfeksi virus atau malware yang berbahaya.

1. Pastikan hanya menginstall aplikasi dari toko resmi Google Play Store

Mudahnya melakukan instalasi atau pemasangan aplikasi pada ponsel Android, juga menginspirasi para penjahat cyber untuk melakukan serangan malware, virus atau trojan melalui perantara aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, salah satuĀ tips terhindar dari virus adalah sangat di sarankan kepada pengguna untuk tidak tergiur dan menginstall aplikasi apapun selain dari market aplikasi resmi seperti Google Play Store

2. Cek Developer atau pembuat aplikasi.

Meskipun Google Play Store merupakan cara teraman unttuk mengunduh aplikasi, karena sudah melalui filter keamanan terlebih dahulu melalui Google Play Protect, namun ada beberapa jenis aplikasi yang masih bisa lolos dalam pemindaian tersebut. Sebagai contoh adalah, dengan di palsukannya dua aplikasi populer seperti WhatsApp danĀ  game Pokemon Go beberapa waktu lalu yang ternyata juga bisa lolos dan masuk dalam daftar aplikasi di Google Play Store.

Klik Laman Berikutnya untuk tips terhindar dari virus selanjutnya,