Jual Mahal Produk Kesehatan, Tokopedia Blokir Ribuan Toko Online

  • Whatsapp
Jual Mahal Produk Kesehatan, Tokopedia Blokir Ribuan Toko Online

recode.ID – Mewabahnya covid-19 di tanah air belakangan ini, membuat sejumlah alat-alat kesehatan seperti masker dan juga antiseptik atau hand sanitizer menjadi langka di pasaran.

Kalaupun masih ada, harga barang-barang tersebut cukup mahal dan sulit dijangkau oleh masyarakat bawah dari kaum ekonomi lemah.

Bacaan Lainnya

Begitu juga dengan penjualan secara online, wabah virus mematikan ini ternyata juga di manfaatkan oleh oknum penjual nakal untuk menjual produk kesehatan atau bahan pokok lain dengan harga tak wajar di tengah pandemi virus corona yang kian mengkhawatirkan.

Menanggapi kenyataan tersebut, Tokopedia sebagai salah satu e-commerce lokal yang memiliki basis pengguna yang cukup banyak langsung mengambil sikap tegas.

Baca Juga :  Ada Obat Virus Corona yang dijual dilapak Tokopedia

Nuraini Razak, selaku VP of Corporate Communcations Tokopedia, mengatakan pihaknya telah dan akan mengambil kebijakan untuk menutup atau memblokir oknum toko online nakal tersebut secara permanen.

“Menanggapi harga/judul/deskripsi tidak wajar atas produk kesehatan maupun kebutuhan pokok lain sebagai dampak dari Covid-19, Tokopedia telah menutup permanen ribuan toko online dan melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar,” kata Nuraini seperti dikutip dari laman Liputan6.com.

Demi membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi virus corona ini, Tokopedia juga memotong biaya layanan 100 persen untuk penjual di kategori produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain.

Baca Juga :  Geger Ajakan #UninstallTokopedia di Twitter, Apa Pemicunya

“Selain lewat edukasi, langkah ini dinilai dapat mendorong penjual selalu memastikan ketersediaan produk, juga menjaga harga tetap stabil,” ucap Nuraini menambahkan.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini tren belanja online semakin meningkat di tengah kabar semakin meluasnya wabah virus corona ini disejumlah daerah di tanah air.

Dengan berbelanja secara online, hal ini dapat menjadi alternatif untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat-tempat keramaian, seperti pasar, mall dan tempat belanja lainnya.

Baca Juga :  Agar Tak Kena Tipu, Yuk Kenali 4 Ciri-Ciri Toko Online Palsu Berikut Ini

Selain itu, dengan belanjan online hal ini sekaligus untuk mendorong bisnis lokal terus beroperasi secara online di tengah bencana ini.

Sejalan dengan hal tersebut, Tokopedia menghadirkan Promo Tokopedia Bebas Ongkir bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu masyarakat tetap bisa berbelanja dan memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Hadirnya promo tersebut juga untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai dan mendorong masyarakat untuk stay at home atau tetap berada di rumah dan berbelanja dari rumah hingga wabah virus corona ini berlalu.

(azzahra)

Pos terkait