Tombol ESC digunakan Untuk Apa?, Ternyata Ini Fungsinya

Tombol ESC digunakan Untuk Apa?, Ternyata Ini Fungsinya
Tombol ESC digunakan Untuk Apa?, Ternyata Ini Fungsinya

recode.ID – Ternyata ada cukup banyak pengguna laptop terutama para pengguna awam yang masih belum paham mengenai fungsi dari tombol ESC di keyboard laptop digunakan untuk apa saja.

Padahal, tombol ini terlihat jelas karena berada pada sisi kiri atas atau paling ujung dari keybaord sebuah perangkat laptop.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna yang juga belum paham mengenai kegunaan atau fingsi dari tombol ESC yang ada di keyboard laptop milik Anda, silahkan simak ulasan redaksi pada lanjutan artikel dibawah ini.

Karena, pada artikel kali ini redaksi akan mengulas secara detail fungsi apa saja yang bisa dilakukan menggunakan tombol ECS ini. Silahkan disimak dan dipahami.

4 Fungsi Utama Tombol ESC Pada Keyboard Laptop

Fungsi tombol “Esc” pada keyboard laptop dapat bervariasi tergantung pada program atau aplikasi yang Anda gunakan, namun secara umum, tombol ini digunakan untuk membatalkan atau menghentikan proses yang sedang berlangsung atau keluar dari suatu mode atau tampilan penuh.

Berikut ini, penjelasn lengkap mengenai kegunaan tombol “Esc” atau “Escape” pada keyboard laptop memiliki beberapa fungsi umum, di antaranya:

1. Membatalkan atau Menghentikan Proses

Tombol “Esc” sering digunakan untuk membatalkan atau menghentikan proses atau operasi yang sedang berlangsung.

Kengunaan seperti ini, biasnaya ditemukan apda saat Anda sedang melakukan suatu tugas atau menjalankan suatu program, tombol “Esc” dapat digunakan untuk membatalkan tindakan atau operasi yang sedang berlangsung.

2. Menutup Jendela atau Dialog Box

Saat Anda sedang menggunakan suatu program atau aplikasi di laptop, tombol “Esc” bisa digunakan untuk menutup jendela atau dialog box yang sedang aktif.

Misalnya, jika Anda ingin menutup jendela pop-up atau dialog box yang muncul saat menginstal atau mengatur suatu program, Anda bisa menggunakan tombol “Esc” untuk keluar dari jendela tersebut.

3. Menghentikan Perintah atau Skrip yang Sedang Berjalan

Dalam beberapa program atau lingkungan pengembangan, tombol “Esc” dapat digunakan untuk menghentikan perintah atau skrip yang sedang berjalan.

Contoh kasus, ketika Anda sedang menjalankan perintah atau skrip dalam lingkungan pemrograman atau command prompt, tombol “Esc” dapat digunakan untuk menghentikan proses tersebut jika Anda ingin membatalkannya.

4. Mematikan Mode Full Screen

Pada beberapa aplikasi atau permainan yang berjalan dalam mode layar penuh, tombol “Esc” dapat digunakan untuk keluar dari mode layar penuh dan kembali ke tampilan normal atau tampilan jendela.

5. Mengatur Pengaturan dan Pilihan

Dalam beberapa program atau aplikasi, tombol “Esc” dapat digunakan untuk mengakses pengaturan atau pilihan tertentu.

Misalnya, saat Anda sedang mengedit dokumen atau mengatur pengaturan dalam suatu program, tombol “Esc” bisa digunakan untuk keluar dari mode pengeditan atau untuk membatalkan pengaturan yang sedang diubah.

Demikian informasi dari redaksi mengenai fungsi dan kegunaan dari tombol ESC pada keyboard laptop yang digunakan untuk keperluan apa saja.

[darsitek number=3 tag=”laptop”]

Semoga dengan adanya artikel ini, bisa menamah wawasan dan pengetahuan Anda seputar dunia teknologi, terutama hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan perangkat laptop.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait