MIUI 12 Sudah Resmi Meluncur, Apa Saja yang Baru?

  • Whatsapp
MIUI 12 Sudah Resmi Meluncur, Apa Saja yang Baru?

recode.ID – Tampilan antar muka atau interface untuk perangkat Xiaomi, MIUI 12 akhirnya sudah resmi dirilis oleh pihak pengembang.

Dalam update terbarunya kali ini, perusahaan yang bermarkas Tiongkok ini fokus mengembangkan segi estetik dari antarmuka terbarunya.

Bacaan Lainnya

Dalam rumor sebelumnya, banyak di sebut jika dalam pembaruan kali ini pihak Xiaomi akan lebih banyak memoles tampilan animasi dari tampilan MIUI 12 ini.

Selain itu, penggunaan efek transisi terbaru, perbahan navigasi hingga fitur keamanan untuk penggunanya juga dikabarkan memperoleh pembaruan tampilan.

Lantas, apa saja yang baru dalam update MIUI yang kini sudah berada di versi ke 12 ini? yuk kita intip.

Update Terbaru MIUI 12

Dalam update terbarunya untuk tampilan antar muka perangkat Xiomi, pihak pengembang memberikan sentuhan dan inovasi baru.

  • Animasi Baru

Animasi yang dimaksud di sini adalah pergerakan dan transisi setiap ikon di MIUI 12. Hampir keseluruhan sistem animasi diubah dan mendapat pembaruan di versi terbaru ini. Pihak Xiaomi mengklaim, jika kehalusan transisi animasi ini setara dengan yang ada di sistem operasi iPhone, iOS.

Mulai dari membuka aplikasi, rotasi layar, status baterai, live wallpaper hingga mengatur ulang ikon di homescreen dirombak total oleh Xiaomi.

Ini menjadikan update kali ini sebagai update besar-besaran dalam sejarah perjalanan antar muka MIUI.

  • Menu Navigasi

MIUI merupakan salah satu antarmuka pada perangkat smartphone yang mengadopsi gestur navigasi.

Untuk versi ternayar kali ini, gestur navigasi tersebut akan bekerja dengan cara yang sama seperti fitur gestur yang dihadirkan Android 10.

  • Tampilan UI yang lebih bersih

Di update kali ini, UI (user interface) terlihat menjadi lebih bersih dengan jarak yang lebih lebar antar tulisan atau gambar.

Untuk tampilan backgroundĀ  atau latar belakang juga tampak lebih terang dari versi yang sebelumnya.

  • Always On Display dan Live Wallpaper

Dari rumor yang sudah beredar sebelumnya, kalau Xiaomi berjanji memberikan lebih banyak animasi di fitur Always on Display, hal ini terbukti dalam update ke 12 tampilan UI mereka.

Akan ada banya pilihan animasi yang bisa dipilihpengguna ketika mengaktifkan fitur ini.

  • Fitur Keamanan Baru

Update kali ini juga menyertakan fitur keamanan baru bernama Flare, Barbed Wire dan Mask System.

Untuk fitur Flare, ini akan memantau izin dan informasi sensitif yang diakses aplikasi tertentu, sementara untuk fitur Barbed Wire bekerja layaknya izin lokasi di Android.

Sedangkan untuk fitur Mask System akan mencegah aplikasi yang tidak terpercaya untuk mengakses informasi krusial seperti kontak, kalender, riwayat panggilan, dan bahkan IMEI.

  • Multi Window

Dalam pembaruan terbarunya, untuk MIUI 12 juga dibekali dengan opsi multitasking yang baru. Untuk versi ini, aplikasi pesan dapat dimunculkan dengan cara picture-in-picture ketika pengguna sedang menggunakan smartphone dalam format layar penuh, semisal saat main game atau nonton video.

  • AI Calling

Fitur ini bisa dibilang mirip dengan Screen Calling milik Google. Dimana fitur AI Calling di MIUI 12 didesain untuk para pengguna yang memiliki masalah dengan pendengaran.

Nantinya, setiap ucapan atau kata-kata yang disampaikan akan ditranskrip dalam bentuk teks.

  • Fitur Fitness

Adanya sensor gyroscope di perangkat Xiaomi nantinya dapat digunakan untuk melakukan record terhadap langkah kaki serta juga aktivitas lain seperti berlari, berjalan, bersepeda dan menaiki anak tangga.

Pihak Xiaomi mengklaim jika fitur baru ini memiliki akurasiĀ  mencapai 96% seperti halnya yang ada di Apple Watch.

  • Sleep Tracker

Umumnya fitur sleep tracker hanya tersedia pada perangkat wearable seperti smartband atau smartwatch. Namun untuk perangkat yang nantinya sudahdi update dengan MIUI 12, pengguna akan mendapatkan keuntungan fitur pelacak tidur ini.

Dengan adanya fitur ini, bisa memantau pergerakan pengguna ketika tertidur untuk menentukan kualitas tidurnya dari pengguna.

Selain itu, fitur ini juga mampu merekam waktu-waktu dimana penggunanya sering bermimpi atau mendengkur selama tidur di malam hari.

(azzahra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.