oleh

VirusTotal Luncurkan Droidy, Fitur Pendeteksi Malware Android Baru

recode.ID – Bagi anda yang hobby atau mempunyai ketertarikan di dunia IT, tentu tak asing dengan nama VirusTotal. Layanan pemindai virus secara online ini di kenal ampuh dalam menganalisa kemungkinan adanya virus atau malware dalam sebuah aplikasi, file, dokumen atau sejenisnya.

Guna meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik, perusahaan yang masih di bawah naungan Google ini di kabarkan telah meluncurkan fitur baru untuk mendeteksi adanya malware yang di khususkan untuk menganalisa aplikasi dengan basis sistem operasi android yang diberi nama Droidy.

Seperti kita tahu, terkadang kita sering mengunduh APK dari layanan pihak ketiga yang masih di ragukan ‘kebersihannya’.

Guna mengatisipasi kemungkinan terdapat malware di APK yang kita unduh ada baiknya anda scan terlebih dahulu aplikasi android yang anda unduh di luar Google Play Store tadi menggunakan fitur pendekteksi malware android milik Virus Total.

Meski layanan pendekteksi malware khusus android milik VirusTotal ini bukanlah hal baru, namun Droidy di klaim lebih ampuh dari layanan sejenis yang sudah ada sebelumnya.

Fitur Droidy ini melengkapi layanan pemindai milik VirusTotal yang sudah ada sebelumnya yakni VirusTotal SandBox. Dengan penambahan fitur baru ini, scanner virus online ini mampu mendekteksi adanya aktifitas mencurigakan dalam aplikasi android yang meliputi :

  • Network communications and SMS-related activity
  • Java reflection calls
  • Filesystem interactions
  • SQLite database usage
  • Services started, stopped
  • Permissions checked
  • Registered receivers

Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengunggah file APK yang ingin anda scan, selanjutnya pada laman Behavior, pilih menu drop down VirusTotal Droidy.

Selain itu, hasil scan terhadap aplikasi juga akan di simpan dalam database milik mereka yang sudah terintegrasi dengan layanan lainnya seperti VirusTotal Intelligence dan VirusTotal Graph.

Untuk detail informasi lengkapnya anda bisa mengunjungi laman resmi mereka di sini.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya