Zoom Rilis Fitur Baru Bernama Immersive View. Apa itu?

Zoom Rilis Fitur Baru Bernama Immersive View. Apa itu?

recode.ID – Platform meeting online Zoom baru saja merilis fitur baru yang mereka namakan Immersive View. Menurut keterangannya, dengan fitur baru tersebut suasana rapat online bakal terasa lebih nyata.

Fitur ini sudah bisa digunakan oleh para penggunanya baik yang free maupun yang berbayar di aplikasi yang versi mobile maupun untuk yang versi desktop.

Dengan hadirnya fitur baru  tersebut, nantinya tampilan video saat sedang tatap muka secara virtual akan terlihat dalam satu virtual background yang merepresentasikan sebuah tempat, misalnya auditorium, ruangan kelas, dan lain sebagainya sehingga akan nampak terlihat lebih real layaknya rapat offline.

Cara Mengaktifkan Fitur Immersive View Zoom

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus lebih dahulu mengupdate aplikasi yang digunakan ke versi yang terbaru.

tampilan fitur immersive vie zoom terbaru

Sementara untuk mengatifkannya, fitur ini hanya bisa diaktifkan oleh pembuat ruangan (host) dengan menekan tombol “View” yang ada di tampilan utama ruangan virtual Zoom.

Selanjutnya, host silahkan klik pada opsi “Immersive Scene” yang berada di bawah menu “Speaker View” dan “Gallery View”.

Nantinya, setelah opsi tersebut diklik, beberapa saat kemudian pengguna akan diberikan dengan sejumlah opsi beberapa jenis virtual background yang telah tersedia secara default yang bisa dipilih, lengkap dengan jumlah partisipan atau anggota rapat yang bisa dimuat dalam tempat virtual tersebut.

Sebagai contoh misalnya, apabila host memilih gambar virtual background ruangan “Auditorium”, maka dalam ruangan virtual ini memungkinkan untuk 25 pengguna duduk di tiap kursi yang disediakan layaknya audotorium beneran.

Lalu, jika memilih jenis virtual background “Boardroom” bisa memuat anggota dengan sejumlah kursi yang bisa menampung hingga 6 orang, kemudian “Kitchen” maksimal 2 orang, dan beberapa jenis virtual background yang bisa dicoba.

Untuk posisi duduk dalam ruangan rapat virtual ini, host juga bisa mengatur lokasi penempatan peserta secara otomatis (Automatically) by system atau dengan cara manual (Manually).

Apabila host menggunakan dan memilih opsi Automatically, maka seluruh peserta akan secara otomatis ditempatkan di kursi kosong yang tersedia, lokasi duduk ini akan disesuaikan dengan urutan waktu kapan mereka masuk ke ruangan tersebut meeting tersebut.

Sementara jika memilih opsi Manually, maka host harus mengetikkan nama peserta satu per satu agar bisa ditempatkan di kursi yang telah disediakan dan memilih pada kursi mana saja yang diinginkan oleh host.

Jadi, untuk Anda yang saat ini masih menggunakan layanan dari Zoom untuk berbagai keperluan misal untuk rapat online, webinar, pembelajaran sekolah atau berbagai keperluan lainnya bisa langsung melakukan update aplikasi agar bisa menggunakan fitur tersebut.

Untuk pengguna komputer alat laptop bisa mengupdate dengan cara meng-klik avatar profil pengguna di tampilan utama aplikasi Zoom (bukan di tampilan ruangan meeting), dan pilih menu “Check for Updates”.

Sementara untuk pengguna aplikasi zoom di smartphone atau tablet bisa memperbaharuainya di play store maupun app store.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait