7 Alasan Penting Tes Psikologi Kepribadian Saat Perekrutan Karyawan Baru

recode.ID – Tes psikologi merupakan sebuah penilaian untuk mengetahui kecerdasan, emosi, atau nilai perilaku seseorang, dan biasanya dilakukan oleh seseorang atau lembaga yang ahli seperti mettl.com.

Saat ini banyak perusahaan yang melakukan tes psikologi ketika melakukan penerimaan karyawan baru. Hal ini bertujuan agar perusahaan mengetahui nilai kepribadian karyawan baru, bahkan tes psikologi juga sering menjadi syarat utama diterima atau tidaknya seorang pelamar.

Tes psikologi ini bisa dilakukan secara online atau saat proses wawancara. Lantas seberapa penting perusahaan melakukan tes psikologi kepribadian pada seorang karyawan baru?

Nah, berikut alasan mengapa tes ini sangat penting dilakukan.

7 Alasan Penting Melakukan Tes Psikologi Kepribadian Terhadap Karyawan Baru

1. Untuk Mengenal Kepribadian Pelamar

Baca Juga :  Cara Root Hp Android Semua Merk Tanpa PC. Mudah Dan Cepat !

Alasan pertama mengapa tes psikologi kepribadian penting dilakukan oleh perusahaan, adalah untuk mengenal kepribadian yang dimiliki oleh seorang karyawan baru.

Hal ini dikarenakan banyak pewawancara yang sering tertipu dengan penampilan pelamar, sehingga perusahaan akan mendapat karyawan baru yang tak sanggup mengatasi beban kerja.

Oleh sebab itu, melakukan tes atau bekerja sama dengan lembaga layanan seperti mettl.com merupakan hal penting, agar perusahaan bisa memperoleh tenaga kerja yang berkepribadian bagus.

2. Untuk Mengukur Tingkat Potensi Pelamar

Selain memiliki intelegensi yang tinggi, seorang karyawan baru juga harus mempunyai kecerdasan spiritual dan emosional yang tinggi.

Karena hal ini akan berpengaruh pada performa kerja yang akan diberikan kepada posisi atau perusahaan. Untuk mengetahui potensi karyawan, perusahaan bisa melakukan tes psikologi saat proses penerimaan.

3. Untuk Mengetahui Performa Karyawan Baru

Mendapatkan seorang karyawan baru dengan performa kerja tinggi, merupakan impian setiap perusahaan. Oleh sebab itu penting melakukan tes psikologi kepribadian, atau perusahaan bisa bekerja sama dengan layanan lembaga tes psikologi seperti mettl.com.

Baca Juga :  Lindungi Keaslian Dokumen MS.Word Dengan Watermark, Begini Caranya

Tes ini bisa dilakukan pada posisi yang memiliki deadline atau tekanan tinggi, agar nantinya karyawan baru tidak menghambat kinerja perusahaan atau sampai mengundurkan diri.

4. Untuk Menentukan Posisi Karyawan Baru

Berdasarkan pendapat dari beberapa lembaga layanan seperti mettl.com, bahwa dengan melakukan tes psikologi kepribadian bisa membantu perusahaan dalam menentukan posisi untuk karyawan baru.

Karena pada dasarnya karyawan tidak akan merasa tertekan, apabila ditempatkan pada posisi yang sesuai bakat dan minatnya.

5. Mengetahui Nilai Pasti

Setiap pelamar pasti akan menunjukkan sikap atau nilai yang positif, agar memiliki kesan pertama terbaik. Namun hal ini bisa berbalik, jika karyawan baru tidak memiliki etos kerja yang baru nantinya.

Proses tes psikologi ini bisa membantu perusahaan, dalam memilih karyawan yang benar-benar baik dengan yang berpura-pura baik.

6. Mengurangi Resiko Take Over

Alasan pentingnya melakukan tes psikologi kepribadian berikutnya, adalah mengurangi take over atau pengunduran diri.

Baca Juga :  Cara Daftar SIM Online, Mudah dan Tak Perlu Repot Antri

Sebab seorang karyawan baru tidak bisa bertahan lama di suatu perusahaan, ialah gaji yang terlalu rendah atau beban kerja yang terlalu tinggi. Oleh sebab itu, perusahaan penting melakukan tes psikologi ini.

7. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Menurut ahli psikologi, karyawan produktif adalah mereka yang bekerja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki serta posisi kerja yang cocok.

Oleh karena itu penting melakukan tes psikologi sebelum menerima karyawan, agar produktivitas kerja mereka bisa meningkat.

Itulah pentingnya melakukan penilaian kognitif terhadap karyawan baru, agar mendapatkan karyawan dengan potensi yang tinggi. Sehingga kinerja perusahaan bisa meningkat.

Anda bisa bekerja sama dengan ahli psikolog atau lembaga layanan psikologi, seperti mettl.com. Pilihlah karyawan baru yang benar-benar kompeten, agar perusahaan Anda bisa semakin maju dan kinerjanya semakin produktif.

Topic:

Just For You