oleh

JokowiApp, Aplikasi Buatan Timses Jokowi-Ma’ruf Untuk Pilpres2019

recode.ID – Bertempat di Epicentrum Walk, Jakarta, Sabtu (17/11) Tim Kampenye Nasional untuk pasangan Capres no urut 1 yang di nahkodai oleh Erik Thorir meluncurkan aplikasi digital bertajuk JokowiApp, yang memuat berbagai konten tentang paslon nomor 01 serta digunakan sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada pemilih dan rakyat.

Dalam sambutannya, Erik Thohir selaku ketua TKN (Tim Kampanye Nasional) Joko Widodo – Ma’ruf Amin menjelaskan ” Kalau mau tahu apakah berita terkait Jokowi bohong atau tidak, bisa dilihat langsung JokowiApp” jelas Erik Thohir seperti di kutip dari laman republika.

Di Sponsori Oleh:

Menurut ketua TKN pasangan Capres no urut 1 tersebut, JokowiApp di buat salah salah satu tujuannya adalah untuk menangkal kabar bohong atau hoax yang kerap di alamatkan kepada kubu petahana tersebut. Lebih lanjut Erick menjelaskan, selain untuk menangkal hoaks, JokowiApp juga memuat seluruh kegiatan kampanye nasional Jokowi-Ma’ruf.

Dalam deskripsinya di laman Google Play Store, developer aplikasi tersebut menjelaskan bahwa JokowiApp menyediakan konten berdimensi rasa dan bernuansa optimistik tentang sosok Jokowi dan kerja nyatanya, sosok dan pemikiran K.H. Ma’ruf Amin, dan visi-misi dan impian Jokowi-Ma’ruf Amin dalam membangun Indonesia yang lebih maju.

JokowiApp berisi cerita dan kisah anak bangsa ini dalam upaya menyejahterakan warga melalui berbagai dimensi pembangunan, baik fisik maupun nonfisik. Cerita dan kisah dikemas dalam bentuk multimedia berbasis narasi, grafis, dan video.

Dalam aplikasi digital JokowiApp tersebut, terdapat 6 kanal yang bisa digunakan pembaca untuk mencari informasi terkait pasangan calon Presiden no urut 1 tersebut, mulai dari kanal ”Lebih Dekat Jokowi’, ‘Lebih Dekat KH Ma’ruf Amin’, ‘Kerja Jokowi’, ‘Indonesia Maju’, ‘Sudut Pandang’ serta kanal ‘Suaraku’.

Salah satu kanal yang cukup menarik perhatian adalah kanal “suaraku”. Dimana pada kategori ini para para caleg dari partai pendukung, para relawan, dan masyarakat luas pendukung paslon no urut 1 tersebut dapat berkontribusi melalui fitur yang bernama user generated content.

Di kalan tersebut, pengguna aplikasi JokowiApp dapat memberikan informasi kegiatan, masukan, maupun testimoni, baik dalam bentuk teks, meme maupun video. Uniknya, dalam aplikasi tersebut juga di seratakan sebuah games sederhana ruang interaktif yang akan memberikan poin, untuk ditukar dengan berbagai hadiah merchandise resmi ‘Jokowi-Amin’.

“Yang jelas, hadiah merchandise yang kita berikan keren-keren, tak kalah dengan merchandise Asian Games,” kata pria yang sebelumnya juga dikenal sukses sebagai Ketua INASGOC, yakni komite penyelenggara Asian Games Jakarta-Palembang 2018 lalu.

Sayangnya, aplikasi JokowiApp saat ini masih tersedia hanya untuk pengguna smartphone dengan basis sistem operasi Android yang bisa di unduh melalui market resmi aplikasi Google Play Store. Sedangkan untuk pengguna iOS, pihak Timses menjelaskan bahwa aplikasi untuk pengguna iPhone akan tersedia dan bisa di download minggu depan.

Selain JokowiApp, TKN Juga Meluncurkan Website 01jokowiamin.id

Pada saat yang bersamaan, selain merilis aplikasi JokowiApp, Tim Kampanye Nasional juga meluncurkan website resmi untuk pasangan calon presiden no urut 1 dengan alamat website di www.01jokowiamin.id.

Melalui website ini, masyarakat pendukung paslon no urut 1 tersebut bisa menyalurkan donasi atau sumbangan bagi pemenangan Jokowi-Kiai Maruf. Menurut Bendahara TKN Sakti Wahyu Trenggono, mekanisme aplikasi web donasi ini sudah terintegrasi dengan peraturan KPU tentang dana kampanye.

Trenggono juga menjelaskan, bahwa donasi masyarakat lewat aplikasi website www.01jokowiamin.id ini nantinya juga bisa dilihat secara realtime. Sehingga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dana kampanye Jokowi-Kiai Maruf bisa di pertanggung jawabkan dan di lihat secara transparan oleh masyarakat umum.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya