Aplikasi Untuk Mengubah Suara Menjadi Teks di Hp Android

  • Whatsapp
Aplikasi Untuk Mengubah Suara Menjadi Teks di Hp Android

recode.ID – Dengan kemajuan teknologi, memudahkan semua orang untuk melakukan aktifitas mereka, termasuk mereka yang hoby nulis. Karena kini, ada aplikasi untuk mengubah suara menjadi teks sehingga mereka tak perlu repot lagi mengetik.

Pekerjaan yang memerlukan aktifitas menulis (mengetik) misalnya, seorang blogger,  content writer, jurnalis online, seorang penyedia jasa ketik, atau mahasiswa dan pelajar membutuhkan skill mengetik yang lumayan.

Bacaan Lainnya

Masalahnya, ada beberapa diantara mereka yang tidak begitu mahir mengetik dengan cepat. Sehingga terkadang, aktifitas mengetik ini menjadi sesuatu yang sangat membosankan.

Kabar baiknya, seperti yang sudah redaksi singgung di awal kini telah ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk merubah suara Anda menjadi teks.

Dengan aplikasi ini, aktifitas mengetik jadi lebih cepat karena apa yang ingin Anda ketik bisa langsung anda sampaikan lewat suara dan nantinya aplikasi-aplikasi tersebut yang akan mengkonversi suara Anda menjadi teks.

Baca Juga :  Perkenalkan Aplikasi Cari Jodoh Terbaru, Pengembang Gunakan Teknologi AR

Cukup menarik bukan?  Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi sudah menyiapkan beberapa nama aplikasi untuk mengubah suara menjadi teks yang bisa Anda coba di perangkat Android milik Anda.

Aplikasi Untuk Mengubah Suara Menjadi Teks

Redaksi sudah menyiapkan lima aplikasi yang cukup populer digunakan untuk keperluan mengubah suara menjadi teks yang bisa di unduh secara gratis di Play Store.

  • Google Keyboard

Aplikasi pengubah suara menjadi teks pertama yang redaksi rekomendasikan adalah aplikasi buatan Google, bernama Google keyboard.

Aplikasi besutan raksasa teknologi tersebut kini sudah diunduh lebih dari 1 milliar kali unduhan, yang membuktikan aplikasi yang satu ini cukup efektif untuk digunakan mengubah suara menjadi tulisan.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah didukung lebih dari 60 bahasa yang dapat diterjemahkan, selain bahasa Indonesia itu sendiri.

  • Live Transcribe

Berikutnya ada aplikasi yang bernama Live Transcribe. Aplikasi yang satu ini juga cukup populer karena sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di laman Play Store.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp Covid19.go.id

Salah satu kelebihan aplikasi Live Transcribe ini adalah size atau ukuran filenya yang cukup kecil hanya 12MB saja, sehingga cukup ringan dan tak menguras ruang penyimpanan.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah didukung dengan teknologi kecerdasan buatan (AI), sehingga hasil transkip tulisan akan jauh lebih rapi.

  • Speechnotes

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi untuk mengubah suara menjadi teks bernama Speechnotes ini juga cukup populer dikalangan pengguna Android.

Didukung pula dengan teknologi artificial intelegence (AI) atau kecerdasan buatan menjadikan aplikasi ini memiliki hasil gubahan suara menjadi teks menjadi lebih rapi dan sesuai dengan apa yang diucapkan.

Tak hanya itu, aplikasi ini bisa dijalankan secara offline tanpa koneksi internet sekalipun sehingga lebih efektif digunakan dimana saja.

  • Voice Search

Berikutnya, aplikais yang redaksi rekomendasikan adalah aplikasi yang bernama Voice Search. Aplikasi ini sudah ada sejak lama dan terus mengalami pengembangan untuk menjadi lebih sempurna.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Aplikasi PicsArt Untuk Edit Foto

Dirilis sejak 10 tahun yang lalu, aplikasi ini jadi favorit para blogger yang sedang malas untuk mengetik sebuah artikel.

Sama halnya dengan yang penulis lakukan saat ini, artikel ini dibuat berdasarkan suara yang di konversikan oleh aplikasi Voice Search ini dan hanya dilakukan sedikit edit atau pembenahan saja.

  • Voice To Text

Terakhir, aplikasi untuk mengubah suara menjadi teks yang redaksi rekomendasikan adalah aplikasi yang bernama Voice To Text.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang ditujukan untuk mengubah suara yang diinput pada aplikasi untuk kemudian diubah menjadi tulisan.

Meski tak sepopuler beberapa aplikasi sebelumnya karena belum lama dirilis, namun aplikasi ini tetap jadi pilihan redaksi karena ukuran file aplikasinya yang cukup kecil hanya 3MB saja.

Demikian, informasi mengenai rekomendasi beberapa aplikasi pengubah suara menjadi teks yang bisa Anda coba untuk di gunakan di perangkat Android kalian.

Selamat mencoba.

Pos terkait