Begini Cara Cek Garansi OPPO Secara Online, Mudah dan Cepat

Begini Cara Cek Garansi OPPO Secara Online, Mudah dan Cepat

recode.ID – Semakin populernya suatu brand, dipastikan akan ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan momen tersebut untuk membat barang tiruan atau replikanya.

Seperti halnya dengan brand smartphone yang satu ini, Oppo. Selain melihat spesifikasi, jaminan garansi yang diberikan oleh produsen merupakan hal yang harus diperhatikan ketika membeli smartphone baru dari brand asal Tiongkok ini.

Oleh karena itu, berkaitan dengan hal tersebut tim redaksi akan memberikan tips bagaimana mengetahui keaslian sebuah perangkat Oppo dari jaminan garasi yang diberikan secara online.

Karena jika barang tersebut adalah barang resmi maka IMEInya akan terdaftar dalam layanan. Begitu juga sebaliknya, jika itu adalah barang ilegal, maka dipastikan tidak akan memperoleh jaminan garansi.

Cara Cek Garansi OPPO Secara Online

Biasanya, OPPO memberikan garansi 12 bulan untuk produk smartphone-nya, tapi ini terbilang sangat singkat.

Sebab, sebagian besar smartphone merk Xiaomi seperti Redmi 8A dan Redmi 9A memiliki masa garansi 24 bulan atau 2 tahun.

Selama masih berlaku, OPPO akan menerima klaim yang diminta bila terjadi kerusakan. Namun, dengan syarat harus membawa kartu garansi dan nota pembelian resmi.

Bagi yang belum tahu cara cek garansi hp OPPO, kamu bisa melakukannya secara online. Selain lebih mudah, ini bisa jadi solusi bagi masyarakat yang membeli hp batangan atau bekas.

Nah, untuk melakukan pengecekan garansi OPPO online, silahkan ikuti panduan berikut ini.  Tapi ingat, garansi tidak berlaku bila kerusakan disebabkan karena terjatuh, masuk air, maupun kejadian yang disengaja.

  1. Cek Nomor IMEI OPPO di *#06#

Langkah pertama silahkan dial kode rahasia OPPO *#06#. Setelah itu salin nomornya atau catat di selembar kertas. Kalau kamu masih menyimpan kotak hp, nomor IMEI bisa dilihat di antara serial number dan tipe smartphone.

Selain dua cara di atas, cara cek garansi OPPO untuk mengetahui nomor IMEI juga bisa dengan masuk ke menu Setting, lalu buka Tentang Ponsel, pilih Status, dan terakhir tap IMEI.

  1. Kunjungi Situs Warranty Status OPPO

Setelah mengetahui nomor IMEI, selanjutnya kunjungi situs garansi resmi OPPO di alamat https://support.oppo.com/id/warranty-check/. Ketik nomornya di kolom “Silahkan masukkan nomor IMEI 1” dan jangan lupa input kode verifikasi.

Pastikan kamu mengetik nomor IMEI dengan benar sesuai yang sudah kamu catat tadi. Jika sudah yakin, silahkan tap tombol Periksa Sekarang.

  1. Status Garansi Akan Muncul

Jika data-data yang dimasukkan benar, maka akan muncul model produk, nomor IMEI, dan status. Apabila garansi hp OPPO sudah tidak berlaku, biasanya tertulis  “Garansi perangkat Anda sepertinya sudah habis”.

Perlu dicatat, status garansi hanya berlaku di negara tempat melakukan pembelian. Kalau transaksi tidak dilakukan di Indonesia, maka untuk mengklaimnya kamu harus pergi negara asal smartphone tersebut.

Mudah kan cara cek garansi OPPO secara online? Kalau butuh cara lain, kamu bisa menghubungi Customer Service di nomor (021) 2907 6776 atau mengirim email di alamat support.id@oppo.com pada jam kerja.

Kenapa IMEI sangat penting ketika ingin melihat garansi? Sebab, nomor tersebut sama seperti KTP. Tanpanya, hp kamu akan dianggap barang ilegal hasil dari black market.

Kesimpulannya, cara pengecekan garansi secara online ini sangat berguna jika smartphone kalian mengalami suatu masalah yang disebabkan oleh kerusakan atau cacat dari pabrik.

Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk mengetahui keaslian sebuah perangkat Oppo yang kalian gunakan.

Apakah Hp Oppo yang kalian gunakan adalah barang asli atau bukan, cukup mudah mengeceknya lewat cara yang sudah redaksi jelaskan diatas.

Demikian beberapa cara cek garansi OPPO secara online untuk mengetahui sisa garansi. Jika masih tersisa, tinggal bawa smartphone kamu ke service center terdekat bila terjadi kerusakan mesin atau masalah teknis.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait