Cara Hemat Data Internet Saat Video Call di WhatsApp

Cara Hemat Data Internet Saat Video Call di WhatsApp

recode.ID – Berkomunikasi lewat panggilan video atau video call di WhatsApp sudah menjadi hal lumrah. Pasalnya dengan panggilan video, selain bisa mendengar suara kita juga bisa langsung melihat orang yang sedang berkomunikasi dengan kita sehingga obrolan akan tambah menarik karena kita bisa melihat ekspresi lawan bicara kita.

Kendati demikian, banyak pengguna platform WhatsApp yang tidak menyadari jika melakukan video call di whatsapp akan cukup menguras data internet yang digunakan.

Ketika kalian melakukan panggilan video di WA biasanya akan menghabiskan data sekitar 700-800 Kb per menit. Itu artinya jika kalian melakukan panggilan video dengan durasi 15 menit akan menghabiskan sekitar 12MB data internet.

Bagi sebagian pengguna ini merupakan masalah tersendiri karena jumlah tersebut lumayan banyak menguras data, terlebih jika pengguna sedang dalam kondisi miskin kuota internet.

Cara Hemat Data Internet Saat Video Call di WhatsApp

Berkaitan dengan topik yang sudah redaksi ulasa diatas, pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID sudah menyiapkan artikel khusus yang akan membahas bagaimana cara menghemat data internet saat video call di WhatsApp.

Khusus untuk kalian yang sedang berhemat data internet karena sedang tanggal tua, berikut tips yang bisa kalian terapkan saat video call di WhatsApp meski kuota internet menipis, seperti yang sudah redaksi lansir dari laman online tech.

  • Pertama pastikan bahwa aplikasi WhatsApp pada perangkat yang kalian gunakan sudah diperbaharui keversi yang terbaru.
  • Selanjutnya, silahkan kaliann buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android atau iOS lalu klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas
  • Kemudian, silahkan kalian pilih pada opsi Settings atau Pengaturan dari menu drop-down yang ada
  • Selanjutnya, kalian pilih pada opsi ‘Storage and Data’
  • Terakhir, tap atau sentuh pada toggle ‘Use less data for calls’ yang ada di bagian bawah opsi Network usage. Ketika kalian menekan tombol, maka secara otomatis panggilan suara dan video yang dibuat akan menggunakan lebih sedikit data.

Dengan menggunakan fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna WhatsApp untuk melakukan panggilan video dengan menggunakan data internet yang minimum.

Namun perlu dicatat, kerena penggunaan data internet menjadi terpangkas, bisa jadi ada kemungkinan kualitas suara maupun video yang tampil juga akan terpengaruh atau tidak optimal.

Demikianlah tips bagaimana cara hemat data internet saat video call di WhatsApp. Cukup mudah dilakukan bukan? selamat mencoba.

Pos terkait