Cara Membuat Folder di Google Drive, Agar File Lebih Rapi

Cara Membuat Folder di Google Drive, Agar File Lebih Rapi
Cara Membuat Folder di Google Drive, Agar File Lebih Rapi

recode.ID – Dalam memanfaatkan layanan penyimpanan online Google Drive, pengguna bisa membuat folder dengan nama khusus untuk mengorganisir file supaya lebih rapi. Untuk panduan cara membuat folder di Google Drive, bisa Anda simak pada artikel dibawah ini.

Sebagaimana kita tahu, dengan layanan Google Drive pengguna bisa menyimpan aneka jenis file secara online, baik itu file foto, video, musik, dokumen dan lain-lain.

Namun ketika mengupload semua file-file tersebut akan tercampur menjadi satu sehingga kurang rapi dan menyulitkan pengguna ketika akan mencari file yang diinginkan.

Solusinya adalah dengan membuat folder khsus untuk menyimpan aneka file berdasarkan jenis filenya. Sebagai contoh, membuat folder bernama “foto kenangan” yang berisi file foto kenanganan bersama mantan misalnya.

Namun sayangnya, masih ada cukup pengguna yang masih belum paham bagaimana cara melakukan trik ini. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan redaksi bahas secara detail mengenai cara membuat folder di Google Drive agar penyimpanan file jadi lebih rapi.

Kenapa Harus Membuat Folder di Google Drive

Sebelum redaksi bagikan cara untuk membuat folder di Google Drive, ada baiknya Anda pahami lebih dahulu apa alasan dan manfaat melakukan hal ini.

Baca Juga :  Fungsi Google Drive Untuk Apa, Ini Penjelasannya

1. Organisasi yang Efisien

Dengan adanya folder di Google Drive membantu Anda mengatur file dan dokumen dengan cara yang terstruktur dan mudah dipahami.

Sehingga suma file yang tersimpan dalam folder yang dibuat misalnya untuk proyek, kategori, atau tugas tertentu, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengelompokkan file yang relevan.

2. Kemudahan dalam Pencarian dan Akses

Dengan folder, Anda dapat memberi nama yang deskriptif dan menggunakan sistem label untuk meningkatkan kemampuan pencarian.

Fitur “Quick Access” di Google Drive memungkinkan Anda dengan cepat menemukan folder yang sering digunakan, sehingga menghemat waktu dan usaha.

3. Kolaborasi yang Lebih Lancar

Membuat folder di Google Drive memungkinkan kolaborasi yang lebih efisien dengan rekan kerja, teman, atau keluarga.

Anda dapat mengundang orang lain untuk mengakses folder dan berbagi file bersama, memfasilitasi kolaborasi dan koordinasi tanpa kerumitan.

4. Perlindungan Data yang Terjamin

Google Drive menyediakan keamanan yang kuat dan melindungi file Anda dari ancaman seperti kehilangan, kerusakan, atau pencurian.

Dengan membuat folder, Anda dapat mengatur tingkat akses dan izin untuk masing-masing file, menjaga privasi dan keamanan informasi yang sensitif.

5. Sinkronisasi Otomatis di Berbagai Perangkat

Baca Juga :  Cara Membuat Link Google Drive Untuk Berbagi File

Dengan Google Drive, Anda dapat dengan mudah mengakses folder dan file Anda dari berbagai perangkat, seperti komputer, smartphone, atau tablet.

Setiap perubahan yang dilakukan di satu perangkat secara otomatis akan disinkronkan ke semua perangkat lainnya, memastikan akses yang konsisten dan up-to-date.

6. Penyimpanan Lebih Hemat

Membuat folder di Google Drive membantu menghemat ruang penyimpanan di perangkat Anda.

Dengan menyimpan file dan dokumen penting di folder Drive Anda, Anda tidak perlu khawatir tentang membebani ruang penyimpanan lokal yang terbatas, sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan ruang.

7. Fungsi Bagikan yang Fleksibel

Dengan membuat folder di Google Drive, Anda dapat dengan mudah membagikan file dan folder dengan orang lain melalui tautan atau undangan langsung.

Anda memiliki kendali penuh atas izin akses untuk setiap pengguna, sehingga dapat menentukan apakah mereka dapat mengedit, melihat, atau hanya melihat saja, memberikan fleksibilitas dan keamanan dalam berbagi informasi.

Cara Membuat Folder di Google Drive

Diatas, sudah redaksi jelaskan manfaat dari membuat folder di Google Drive, yang mana hal tersebut berguna untuk meningkatkan efisiensi dan keteraturan dalam pengelolaan file dan dokumen Anda.

Selanjutnya, untuk cara membuat folder di Google Drive sebenarnya sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka aplikasi Google Drive di Hp yang Anda gunakan
  • Jika lewat PC atau laptop, masuk ke situsnya di https://drive.google.com/
  • Selanjutnya, login dengan akun milik Anda
  • Kemudian di kanan bawah, ketuk Tambahkan
  • Ketuk Folder.
  • Beri nama folder.
  • Ketuk Buat.
  • Selesai dan folder bisa diisi dengan file yang diinginkan
Baca Juga :  Cara Menyimpan File Foto di Google Drive Lewat Hp dan Laptop

Jika muncul pertanyaan, bagaimana cara memindahkan atau memasukkan file yang sudah ada sebelumnya ke folder yang baru dibuat, tenang redaksi kasih tipsnya untuk Anda.

Disini, Anda dapat memindahkan dokumen dari mana saja di Google Drive untuk dimasukkan ke dalam folder denganmudah hanya dalam beberapa klik saja.

Berikut cara memindahkan file ke folder di Google Drive.

  • Klik kanan pada dokumen yang ingin dipindahkan.
  • Klik ‘Move to…’
  • Pilih nama folder yang sudah dibuat, lalu klik ‘Move Here’
  • Selesai.

Bagaimana cukup mudah bukan?, Demikian informasi dari redaksi mengenai bagaimana cara membuat folder di Google Drive dengan mudah, serta alasan atau manfaat melakukan trik ini.

[darsitek number=3 tag=”google-drive”]

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Selamat mencoba tips dari redaksi diatas.

Pos terkait