Begini Cara Mengaktifkan Mode Gelap di TikTok

Setelah India, Kini Giliran Pakistan Blokir TikTok. Ini Alasannya

recode.ID – Hadirnya mode gelap atau dark mode di sejumlah aplikasi, memberikan banyak keuntungan. Selain lebih nyaman di mata, mode galep ini juga dapat menghemat penggunaan daya baterai perangkat. Termasuk, mode gelap yang ada di aplikasi berbagi video pendek TikTok.

Seperti kita ketahui, platform berbagi video singkat ini cukup populer dikalangan pengguna tanah air. Mulai anak-anak dan orang dewasa cukup familiar dan menyukai platform aplikasi buatan pengembang Toutiao, ByteDance tersebut.

Maka tak heran ada cukup banyak pengguna yang mengahabiskan waktu senggang mereka dengan menikmati tayangan video di aplikasi TikTok.

Jika kalian termasuk salah satu pengguna yang sering menatap layar Hp untuk menikmati konten TikTok, ada baiknya kalian mengaktifkan Mode Gelap di TikTok tersebut, agar membuat mata lebih nyaman ketika mengaksesnya dalam kondisi redup atau di kondisi yang kurang cahaya.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di TikTok

Begini Cara Mengaktifkan Mode Gelap di TikTok

Sehubungaan dengan judul artikel ini, tim redaksi recode.ID sudah menyiapkan artikel yang akan membahas bagaimana cara atau prosedur untuk mengaktifkan fitur mode gelap pada aplikasi TikTok.

Karena, meski fitur ini terdengar tidak asing namun bagi sebagian pengguna mereka tetap butuh panduan untuk melakukan hal tersebut.

Ada dua macam pengaturan yang akan redaksi jelaskan, yakni untuk pengguna Android dan pengguna iPhone. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat rincian penjelasanya berikut ini:

1. Cara Mengaktifkan Mode Gelap di TikTok Android

Khusus untuk kalian pengguna smartphone dengan basis sistem operasi Android, untuk cara mengaktifkan Mode Gelap di aplikasi TikTok, kalian bisa ikuti panduannya berikut ini:

  • Langkah pertaman, silahan kalian jalankan aplikasi TikTok di Hp Android kalian
  • Kemudian, kalian login dengan akun milik kalian.
  • Pada halaman utama, pilih menu Me dengan ikon orang di bagian kanan bawah
  • Pilih tombol Options yang seperti tiga garis di bagian kanan atas
  • Pada halaman Settings and privacy, pilih Dark Mode yang tersedia di bagian Content & Activity
  • Aktifkan Dark dan secara otomatis tampilan aplikasi TikTok akan menjadi gelap.

2. Cara Mengaktifkan Mode Gelap di TikTok iOS

Sementara untuk kalian pengguna iPhone, jika ingin mengaktifkan dark mode di aplikasi TikTok kalian bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, silahkan kalian buka aplikasi TikTok yang ada iPhone kalian
  • Selanjutnya, kalian login dengan akun kalian masing-masing
  • Pada halaman utama, pilih kalian menu Me dengan ikon orang di bagian kanan bawah
  • Pilih tombol Options yang berbentuk tiga titik di bagian kanan atas
  • Pilih Dark Mode yang ada pada bagian General di halaman Settings and privacy
  • Aktifkan menu Dark dan secara otomatis tampilan aplikasi TikTok akan menjadi gelap

Selain menggunakan pengaturan aplikasi yang sudah redaksi jelaskan untuk kedua jenis perangkat diatas, kalian juga bisa menggunakan pengaturan yang akan mengikuti pengaturan dari perangkat yang kalian gunakan.

Dibawah opsi Dark pada pengaturan diatas, ada opsi lain berupa Use device settings yang bisa kalian pilih. Ketika kalian memilih untuk menggunakan pengaturan dari perangkat maka secara otomatis aplikasi akan mengikutinya.

Maksudnya, jika Hp kalian menerapkan mode gelap maka aplikasi TikTok akan ikut menjadi mode gelap. Begitu juga sebaliknya jika kalian aktifkan mode terang TikTok juga akan melakukan hal yang sama.

Sejauh ini, fitur mode gelap di aplikasi TikTok ini belum tersedia untuk semua tipe perangkat. Jadi, apabila di aplikasi kalian belum tersedia menu untuk mengaktifkan dark mode ini, harap bersabar.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara mengaktifkan mode gelap pada aplikasi TikTok. Selamat mencoba!

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait