Dropbox Luncurkan Aplikasi Password Manager

  • Whatsapp
Dropbox Luncurkan Aplikasi Password Manager

recode.ID – Selama ini pengguna internet lebih mengenal Dropbox sebagai paltform yang menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud, seperti milik Google dengan Google Drive atau iCloud milik Apple.

Namun, seperti dikutip dari laman The Verge perusahaan online backup service tersebut dikabarkan merilis aplikasi anyar, yakni berupa aplikasi password manager.

Bacaan Lainnya

Aplikasi password manager tersebut diberi nama Dropbox Passwords, dimana aplikasi ini berfungsi untuk menyimpan password untuk login semua jenis layanan secara aman.

Meski sebenarnya aplikasi sejenis sudah ada dan banyak tersedia, namun nama besar platform ini di industri digital dan internet menjadi jaminan jika aplikasi buatan mereka layak untuk dijadikan pilihan.

Baca Juga :  Kamu Jomblo? Coba Temukan Jodohmu dengan Aplikasi Cari Jodoh Online Ini

Dropbox Passwords sendiri berguna untuk membantu penggunanya mengingat password yang digunakan, memudahkan saat sign-in di sebuah situs web, hingga dapat digunakan di banyak perangkat dengan mudah.

Untuk memperkuat sistem keamanan aplikasi buatan mereka, Dropbox menggunakan sistem enkripsi zero-knowlegde pada aplikasi password manager buatan mereka.

Artinya dengan adanya sistem enkripsi tersebut, aplikasi buatan Dropbox ini dapat menyimpan data pengguna tanpa mengetahui isinya, sehingga di klaim lebih aman apabila ada upaya peretasan.

Saat ini aplikasi tersebut sudah tersedia di Google Play Store, namun masih berada dalam status Early Access. Dimana meski aplikasi ini sudah dapat diunduh secara gratis, namun pengguna yang ingin menjajalnya harus mendapat undangan terlebih dulu dari pihak pengembang.

Baca Juga :  Cari Lowongan Pekerjaan Impianmu Dengan Google Hire

Sejauh ini, belum bisa diketahui secara pasti kapan aplikasi ini akan segera dirilis secara umum. Meski demikian, banyak pengguna internet yang menilai keputusan Dropbox untuk terjun ke bidang password manager ini terbilang berani, sebab pasar layanan ini saat ini sudah cukup kompetitif.

Sekedar infromasi, aplikasi password manager sendiri merupakan salah satu aplikasi yang cukup penting untuk menyimpan kata sandi dengan aman, terumata untuk pengguna yang memiliki banyak akun login dengan password yang berbeda-beda sehingga lebih mudah untuk mengelolalanya.

Untuk saat ini, sebebanrnya sudah cukup banyak aplikasi password manager yang bisa pilih untuk pengguna, baik itu aplikasi yang gratis maupun berbayar.

Baca Juga :  WhatsApp Blokir Akun Pengguna GBWhatsApp dan WhatsApp Plus

Secara umum, aplikasi password manager layaknya sebuah brankas digital terenkripsi yang menyimpan berbagai informasi login untuk mengakses berbagai aplikasi di perangkat mobile, situs web, dan layanan internet lain.

Menurut penuturan seorang pengamat Keamanan internet dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, menjelaskan jika penggunaan password manager dapat membuat informasi login menjadi lebih aman dan mudah.

Karena itu, untuk Anda yang saat ini memiliki banyak akun login untuk berbagai aplikasi, sosial media, atau situs website yang membutuhkan informai login, menggunakan password manager bisa mempermudah Anda dalam mengelola password milik Anda.

(azzahra)

Pos terkait