Hp Vivo Tiba-Tiba Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya

Hp Vivo Tiba-Tiba Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya

recode.ID – Sejumlah pengguna smartphone Vivo mengeluhkan jika perangkat yang mereka gunakan secara tiba-tiba mati sendiri tanpa mereka tahu apa penyebabnya. Kejadian Hp Vivo tiba-tiba mati sendiri seperti ini, dialami oleh cukup banyak pengguna dari berbagai tipe Hp Vivo.

Insiden perangkat yang mati secara mendadak seperti yang terjadi pada Hp Vivo ini sejatinya bukanlah sesuatu yang aneh. Karena bukan cuma Hp Vivo saja, hp dari merk lain pun banyak yang mengalami kejadian serupa.

Oleh karena itu, sehubungan dengan banyaknya kasus dan keluhan dari pengguna yang mengalami Hp Vivo tiba-tiba mati sendiri seperti ini, kali ini tim redaksi recode.ID akan membahas masalah ini mulai dari penyebab dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Penyebab Hp Vivo Tiba-Tiba Mati Sendiri

Cara Restart Hp Vivo Agar Performa Kembali Lancar

Untuk mengatasi masalah ini, terlebih dahulu kita akan bahas hal-hal apa saja yang memicu timbulnya masalah tersebut.

Karena dengan mengetahui sebagala macam penyebabnya. maka solusinya akan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan terarah tentunya.

Mengutip dari beberapa forum dan juga situs website, diketahui hal-hal berikut ini yang menjadi penyebab kenapa Hp Vivo tiba-tiba mati sendiri secara mendadak:

  1. Kemungkinan terjadinya error atau corupt pada aplikasi yang dijalankan di perangkat tersebut
  2. Sumber daya atau baterai yang digunakan mengalami kerusakan atau konsleting
  3. Adanya bug pada sistem operasi yang digunakan dan belum diperbarui
  4. Ruang penyimpanan, baik RAM ataupun memori internal sudah penuh
  5. Smartphone Vivo yang digunakan mengalami overheat panas berlebih akibat digunakan secara terus menerus.
  6. Kemungkinan terinfeksi malware ataupun virus
  7. Beberapa penyebab lainnya

Dari beberapa poin penyebab kenapa Hp Vivo tiba-tiba mati sendiri secara mendadak yang sudah redaksi jelaskan diatas, adakah salah satunya yang kalian alami? jika ada maka untuk solusinya silahkan kalian lanjut baca artikel berikut ini hingga tuntas.

Cara Mengatasi Hp Vivo Tiba-Tiba Mati Sendiri

Setelah mengetahui segala macam hal yang jadi pemicu dan penyebab mengapa Hp Vivo kalian mati sendiri secara mendadak, untuk solusi mengatasi masalah tersebut kalian bisa terapkan langkah-langkah berikut ini.

1. Cek Aplikasi yang Bermasalah dengan Masuk Ke Safe Mode

Sesuai dengan penyebabnya, kemungkinan ada aplikais yang eror maka untuk mengetahui apalikasi mana saj ayang mengalami error kita bisa mengetahuinya dengan masuk ke safe mode.

Untuk melakukannya, silahkan ikuti panduan berikut ini:

  • Coba nyalakan lagi ponsel Vivo kalian yang mati tersebut
  • Kemudian, kalian tekan Tombol Power
  • Nantinya akan muncul beberapa menu Power di layar
  • Kalian tekan tombol Power Off sekitar dua detik.
  • Selanjutnya, akan muncul pop up untuk masuk ke menu safe mode.
  • Kalian klik “OK”, lalu smartphone akan restart dengan sendirinya
  • Setelah proses restart berhasil maka akan langsung masuk ke Safe Mode.

Dengan cara ini, maka semua aplikasi yang bermasalah tidak akan muncul dalam safe mode. Sehingga kalian bis mengetahui aplikasi mana saja yang error dan bermasalah yang jadi biang kerok kenapa Hp vivo tiba-tiba mati.

Selanjutnya, keluar dari safe mode lalu aktifkan smartphone seperti biasa lalu hapus aplikasi mana saja yang tadi tidak muncul di safe mode lalu silahkan kalian hapus atu uninstall.

2. Bersihkan File Sampah dan Cache

Seperti kebanyakan masalah yang terjadi pada sebuah ponsel Android, file sampah atau cache ini merupakan penyebab dari berbagai error yang terjadi pada smartphone.

Untuk itu kalian disanjurkan untuk membersihkan file sampah ini secar rutin. Bisa dnegan menggunakan aplikasi bawaan dari Vivo sendiri atau bisa juga dengan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi CCleaner yang cukup populer.

3. Istirahatkan Smartpone Vivo Kalian

Jika penyebabnya adalah dikarenakan perangkat smartphone kalian mengalami overheat atau panas berlebihan dikarenakan main game nonstop, maka sebaiknya istirahatkan Hp kalian beberapa saat agar suhunya normal kembali.

Beberapa tipe smartphone dnegan chipset tertentu memang diketahui akan mengalami panas yang berlebihan jika digunakan main game dalam waktu yang lama.

4. Scan dengan Anti Virus/Malware

Jika ada kemungkinan ini terjadi karena infkesi malware atau virus, maka sebaiknya kalian lakukan pemindaian atau scaning virus dan malware tersebut.

Pasalnya, beberapa kasus ditemui ketika perangkat smartphone terinfeksi malware atau virus maka perangjkat akan sering mati dengan sendirinya.

Jika kalian masih ragu apakah antivirus tersebut cukup ampuh menghilangkan malware, kalian bisa langsung melakukan reset Hp Vivo kalian saja dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Cara ini di jamin ampuh menghilangkan semua malware dan virus.

Setelah dilakukan reset, segera update sistem operasi yang digunakan dan install aplikasi versi terbaru serta yang diperlukan saja agar kinerja perangkat kembali optimal. Pastikan hanya mengunduh aplikasi dari layanan resmi semisal Google Play Store.

5. Bawa Ke Pusat Servis

Terakhir, jika hal itu disebabkan oleh kerusakan hardware misalnya terjadi konselting baterai disebabkan oleh perangkat terjatuh atau masuk kedalam air maka tidak ada solusi lain selain membawanya ke pusat servis untuk dilakukan penanganan oleh ahlinya.

Jangan pernah coba-coba untuk membongkar smartphone kalian sendiri untuk menghindari kemungkinan perangkat bertambah parah rusaknya.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab kenapa Hp Vivo tiba-tiba mati sendiri serta solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait