Tahukah Anda, Internetan Setiap Hari Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia

  • Whatsapp
Tahukah Anda, Internetan Setiap Hari Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia

recode.ID – Salah satu penemuan teknologi terbesar dalam sejarah manusia yang mengubah pola hidup seseorang adalah Internet. Berkat temuan internet, segala hal bisa di lakukan dengan lebih mudah.

Tak hanya mempermudah manusia dalam kehidpuan sehari-hari, ternyata dengan aktivitas online atau internetan setiap hari bisa membuat hidup seseorang lebih bahagia.

Bacaan Lainnya

Setidaknya begitulah hasil peneletian yang di keluarkan oleh sekelompok peneliti asal Norwegia. Peneltian tersebut mengungkapkan dampak positif dari penggunaan internet terhadap perilaku manusia yang memasuki usia paruh baya.

Seperti di lansir dari laman DailyMail, laporan hasil penelitian ini menyebut jika seiring bertambahnya usia seseorang yang sering internetan setiap hari memiliki kecenderungan lebih bahagia dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga :  Mau Dapat Koin LINE Gratis, Coba Ikuti Tips Berikut ini

Dalam penelitian ini, aspek utama bukan penelitian tentang seberapa lama seseorang menghabiskan waktu berinternetan, namun dampak psiskis seseorang terhadap perasaan bahagia ketika menggunakan internet.

Menurut penjelasan para peneliti tersebut, pada awal masa dewasa, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dalam kebahagiaan seseorang antara mereka yang internetan setiap hari secara teratur dan mereka yang jarang menggunakan internet.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, orang-orang yang biasa menggunakan internet setiap harinya lebih merasa lebih bahagia untuk jangka waktu lebih lama.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Fulvio Castellacci dan Henrik Schwabe, dari Pusat Inovasi dan Budaya Teknologi di Universitas Oslo, Norwegia ini telah mengamati lebih dari 100.000 orang penduduk di Negara Eropa dalam studi mereka.

Baca Juga :  Ternyata Ini Yang Jadi Penyebab Performa iPhone Melambat

Mereka meneliti para pelanggan broadband per seratus orang di negara-negara Uni Eropa terhadap data kepuasan hidup dari survei Eurobarometer.

Hasilnya sungguh mencengangkan. Dalam rentang usia remaja hingga usia 20 tahun, mereka ini memiliki tingkat kebahagiaan yang cukup tinggi berkat peggunaan internet.

Namun memasuki usia 30 hingga 50 tahun, secara perlahan tingkat kebahagiaan pengguna internet akan semakin menurun. Masa-masa inilah yang di kenal dengan istilah krisis paruh baya.

Hal itu di karenakan dalam rentang usia tersebut adalah usia produktif seseorang sehingga mereka interaksi mereka dengan teknologi internet berkurang.

Memasuki usia 50 tahun, tingkat kebahagian sesorang akan naik kembali seiring dengan penggunaan internet yang rutin setiap harinya.

Jika di lihat secara statistik menggunakan diagram, maka tingkat kebahagian seseorang karena internetan setiap hari akan memiliki bentuk menyerupai kurva huruf U.

Baca Juga :  #4 Tips Atasi Kecanduan Sosial Media Facebook

Di mana pada awal-awalnya akan memiliki tingkat kebahagiaan yang cukup tinggi namun akan menurun di rentang usia produktif. Lalu aakan naik kembali ketika seseorang memasuki usia paruh baya.

Hasil penetiaan dari ilmuwan di Norwegia ini seakan menentang beragam penelitian sebelumnya yang menyebut jika penggunaan media sosial dan internet yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama akan berdampak pada kesejahteraan mental.

[artikel number=3 tag=”tips” ]

Namun, bagai dua sisi mata uang berbeda pengalaman seseorang ketika internetan setiap hari tentu akan berbeda-beda, tergantung dari sisi mana anda melihatnya. lalu bagaimana dengan Anda, sudah cukup bahagiakah kehidupan anda selama ini dengan menggunakan internet ? Silahkan berikan pendapat anda di kolom komentar.

(andra/rcd)

Pos terkait