Lacak Smartphone yang Hilang, Gunakan Fitur Find My Device Google

recode.IDLacak Smartphone yang Hilang, Gunakan Fitur Find My Device Google – Kehilangan smartphone Android kesayangan kita memang cukup bikin kita cemas. Apalagi jika smartphone kita tersebut menyimpan banyak file dan dokumen penting yang bersifat rahasia.

Namun, jangan dulu cemas dan khawatir yang berlebihan. Kalian masih bisa kok mencari dan lacak smartphone yang hilang tersebut dengan bantuan fitur milik Google yakni Find My Device.

Untuk lacak smartphone yang hilang dengan fitur Find My Device, ikuti panduan dan langkahnya berikut ini:

  • Pastikan bahwa smartphone yang akan anda lacak atau cari tersebut, sudah terkait dengan akun gmail.
  • Gunakan perangkat komputer, lalu login dengan akun gmail yang terkoneksi atau terkait dengan smartphone yang hilang tersebut.
  • Atau anda juga bisa menggunkan aplikasi find my device yang bisa di download di Google Play Store. Namun kali ini kami merekomendasikan menggunakan perangkat komputer agar lebih mudah.
  • Jika sudah login, silahkan kunjungi link https://www.google.com/android/find?u=0&utm_source=Google&utm_medium=onebox berikut. Akan muncul kotak persetujuan dan klik “accept”
  • Maka sistem secara otomatis akan memperlihatkan kepada anda, dimana smartphone anda terakhir kali terdeteksi.
  • AKan muncul juga informasi lengkap mengenai daya baterai yang tersisa, koneksi internet, yang digunakan hingga kapan ponsel tersebut terakhir dinyalakan.
  • Terdapat beberapa fitur yang bisa kalian gunakan seperti, Play Sound yang akan membuat ponsel atau smartphone anda berbunyi dengan volume kencang selama 5 menit nonstop. Ini berguna jika kalian lupa meletakan smartphone kalian dan dalam mode “silent”.
  • Terdapat juga fitur Secure Device, fitur ini berfungsi untuk mengunci smartphone anda yang hilang tersebut secara otomatis. Sehingga, tidak akan ada satu pun yang bisa mengakses perangkat Android kamu. Untuk mengaktifkannya, masukkan kata sandi baru dua kali, dan ketik nomor yang bisa dihubungi saat ponsel ditemukan.
  • Yang terakhir adaah fitur Erase Device, dimana fitur ini memungkin anda untuk menghapus seluruh isi smartphone anda termasuk aplikasi, foto dan video, musik dan semua dokumen di dalamnya. Fitur ini sangat berguna jika anda merasa isi file dan dokumen dalam smartphone anda yang hilang tersebut hanya anda yang boleh mengkasesnya.
Baca Juga :  Tahukah Anda, Internetan Setiap Hari Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia

Namun perlu di ketahui, semua fungsi dalam lacak smartphone yang hilang dnegan bantuan Find My Device milik Google tersebut hanya aktif ketika koneksi internet di smartphone yang hilang aktif. Selain itu, akun gmail yang terkait dengan smartphone tersebut juga masih dalam kondisi login.

Meski koneksi internet smartphone yang dilacak tersebut dalam keadaan nonaktif, ketika koneksi aktif maka semua fitur yang anda gunakan akan tereksekusi di perangkat yang hilang.

Baca Juga :  Agar Tak Kena Tipu, Yuk Kenali 4 Ciri-Ciri Toko Online Palsu Berikut Ini

[artikel number=3 tag=”tips” ]

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk me lacak smartphone yang hilang dengan bantuan fitur milik Google tersebut. Oleh karena itu, pastikan smartphone anda untuk selalu terkait dengan akun gmail agar bisa menggunakan semua fitur yang sudah disediakan oleh Google.

(aufa)

Topic:

Just For You