Layar HP Bergerak Sendiri, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Layar HP Bergerak Sendiri, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

recode.ID – Beberapa hari terakhir ramai disosial media banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan jika tiba-tiba layar hp bergerak sendiri tanpa disentuh sama sekali.

Hal ini tentu menimbulkan kebingungan para pengguannya, terlebih mereka yang masih awam terkait penggunaan smartphone.

Seperti kita ketahui, permasalahan mengenai layar smartphone ada cukup banyak. Mulai dari Layar bergaris, ada noda hitam di area tertentu, layar Hp menekan tombol sendiri atau Ghost touch hingga masalah layar Hp bergerak sendiri yang bakal kita bahas pada artikel ini.

Sehubungan dengan judul artikel diatas, pada kesempatan kali ini tim redaksi recode.ID mencoba untuk menganalisa masalah tersebut dan akan redaksi jelaskan hal-hal apa saja yang menjadi penyebab masalah layar Hp bergerak sendiri serta solusi untuk mengatasinya.

Layar HP Bergerak Sendiri, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Layar HP Bergerak Sendiri, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Mengutip penjelasan dri sejumlah forum-forum teknisi smartphone, ketika muncul masalah layar Hp bergerak sendiri hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan redaksi ulasa satu persatu apa saja yang jadi penyebab dan bagaimana solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Silahkan disimak.

  • Kemungkinan Hp Kemasukan Air

Penyebab pertama yang mengakibatkan layar Hp jadi bergerak sendiri adalah dikarenakan kemungkinan perangkat Hp tersebut kemasukan cairan.

Pasalnya, ketika sebuah smartphone tercebur atau kemasukan air hal tersebut bisa menyebabkan konselting pada perangkat.

Meski perangkat masih bisa dinyalakan namun ada beberapa bagian yang tidak berfungsi normal misalnya pada bagian layar yang tidak bisa disentuh dan terkadang bergerak sendiri.

Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan mengeringkan smartphone tersebut agar cairan yang ada didalamnya benar-benar hilang.

  • Hp Terjatuh

Penyebab selanjutnya adalah kerusakan pada beberapa komponen di bagian layar yang disebabkan oleh ponsel tersebut terjatuh dan terjadi benturan yang cukup keras.

Parahnya, bahkan terkadang selain layar bergerak sendiri dalam beberapa kasus ditemui layar tidak dapat berfungsi normal bahkan ada yang sampai menjadi blank hitam meski perangkat bisa dinyalakan.

Solusi terbaik tentu kalian harus membawanya ke service center guna penanganan dan perbaikan lebih lanjut.

  • Kemungkinaan Ada Error Pada OS

Berikutnya, ketika layar Hp bergerak sendiri hal ini bisa jadi disebabkan oleh adanya error pada sistem operasi yang digunakan pada perangkat tersebut.

Terjadinya error ini bisa bermacam-macam, misalnya tidak dilakukan update, ada program atau aplikasi yang bermasalah hingga kemungkinan infeksi dari malware.

Untuk mengatasinya, bisa langsung dilakukan reset pada perangkat yang digunakan. Selain itu, pastikan bahwa sistem operasi yang digunakan sudah diupdate pada versi terbaru.

  • Tegangan Charger tidak sesuai

Terkahir, penyebab layar hp bergerak sendiri ketika kalian melakukan pengisian daya smartphone maka hal itu disebabkan oleh tegangan charger tidak sesuai dengan spesifikasinya.

Dari penjelasan teknisi smartphone, dikatakan bahwa tegangan output dari Adaptor charger ponsel yang tidak stabil atau lebih besar dari nilai yang direkomendasikan pabrikan ponsel, bisa menyebabkan touchscreen dan layar tidak berfungsi dengan semestinya dan sering bergerak sendiri.

Solusinya tentu kalian harus mengggunakan pengisi daya yang direkomendasikan oleh pabrikan. Selain itu pastikan kalian tidak menggunakan charger palsu atau abal-abal karena itu juga bisa menimbulkan masalah lain yang lebih serius.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab mengapa layar hp bergerak sendiri dan tentunya solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun perlu diingat, apa yang sudah redaksi ulas pada artikel diatas tersebut bukan menjadi patokan pasti, sehingga disarankan untuk lebih jelasnya bisa mendatangi pusat servis untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait