Mengembalikan Chat WA yang Tak Sengaja Terhapus

Mengembalikan Chat WA yang Tak Sengaja Terhapus

recode.ID – Untuk kalian pengguna smartphone yang intens menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp, terkadang ada satu kejadian yang bisa bikin kesel sendiri karena tanpa sengaja telah menghapus pesan yang masuk.

Apalagi jika dalam chat atau obrolan tersebut tersimpan informasi penting, misalnya alamat atau informasi penting lain tentu hal tersebut bisa bikin kita tambah kesel.

Biasanya, karena entah sedang sibuk dan kurang fokus kalian tanpa sengaja memencet tombol “Clear all chats” atau “Delete for me” sehingga isi chat tersebut akan lenyap seketika.

Tapi jangan panik dahulu, karena artikel ini dibuat sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut. Tim redaksi recode.ID sudah menyiapkan trik bagaimana cara mengembalikan chat WA yang tak sengaja terhapus yang mungkin saat ini sedang kalian alami.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Mengatasi Foto dari Whatsapp Tidak Muncul di Galeri Hp

Biasanya pada artikel yang dibahas pada website lain, akan menyarankan untuk mengembalikan chat yang terhapus tersebut dengan file backup atau lewat google drive.

Tapi bagaimana jika kalian tidak pernah membackup riwayat percakapan kalian? untuk itulah artikel ini dibuat sebagai solusinya.

Kalian masih bisa mengembalikan chat WA yang terhapus tersebut meski kalian tidak memiliki file backup pada perangkat yang kalian gunakan.

Seperti yang redaksi recode.ID kutip dari laman Mega Interesting, dijalaskan bahwa ternyata aplikasi WhatsApp secara default selalu membuat salinan chat di dalam penyimpanan lokal pada perangkat yang kita gunakan.

Sistem WhatsApp akan secara otomatis membuat file cadangan tersebut setiap hari pada pukul 02.00 dan hanya disimpan dalam waktu seminggu.

Jadi, kalian masih memiliki kesempatan untuk mengemblikan chat yang terhapus tersebut sebelum waktu tujuh hari.

Namun perlu diingat, tips ini hanya berlaku untuk pengguna perangkat dengan basis sistem operasi Android. Sedangkan untuk pengguna iPhone tips ini tidak bisa dilakukan.

Lantas, bagaimana caranya? dari pada penasaran berikut adalah panduan mengembalikan chat WA yang terhapus:

  1. Kita akan menggunakan aplikasi File manager, jika perangkat kalian sudah tersedia aplikasi ini silahkan lanjut. Tapi jika belum install dahulu aplikasi tersebut.
  2. Selanjutnya, silahkan kalian masuk ke File Manager di HP kalian, kemudian masuk ke folder WhatsAppp > Database folder;
  3. SIlahkan kalian pilih folder “msgstore.db.crypt12”, llau ubah namanya menjadi “msgstore_BACKUP.db.crypt12”.  Sekedar informasi, dalam folder tersebut berisi backup terakhir yang dilakukan oleh WhatsApp;
  4. Di dalam folder tersebut terdapat banyak file backup dengan nama “msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt12”. Pilih yang paling baru dan ubah namanya menjadi “msgstore.db.crypt12”;
  5. Bukalah Google Drive dan hapus file backup WhatsApp yang tersimpan di sana. Dengan begitu, aplikasi dipaksa untuk memulihkan backup pada penyimpanan lokal;
  6. Selanjutnya, silahkan kalian uninstall WhatsApp dan install kembali. Saat muncul perintah untuk “Restore” atau “Pulihkan” chat, aplikasi akan mengambil file dari HP kamu;
  7. Terakhir, silahkan klik Next atau Restore, dan chat yang terhapus akan kembali lagi di perangkat yang kalian gunakan.

Meski terlihat cukup ribet, namun apabila dirasa isi dari chat yang terhapus tersebut cukup penting maka mau tidak mau kalian harus melakukan tips diatas. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan, ikuti semua petunjuk secara benar.

Tapi, jika kalian ingin lebih cepat dan tak mau ribet kalian cukup minta lawan chat kalian mengirim kembali chat yang sudah terhapus tersebut.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait