oleh

Yuk Cari Tahu Penyebab Koneksi Wi-Fi Anda Melambat

recode.IDYuk Cari Tahu Penyebab Koneksi Wi-Fi Anda Melambat – Penggunaan internet sekarang ini menjadi suatu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat. Bahkan bisa di bilang internet sudah merupakan kebutuhan pokok bagi beberapa orang.

Hampir setiap kegiatan masyarakat sekarang ini membutuhkan internet terutama urusan pekerjaan. Salah satu cara untuk terkoneksi dengan jaringan internet adalah dengan menggunakan perangkat Wi-Fi.

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat.

Kenapa bisa Wi-Fi cepat? Karena media penghantarnya menggunakan sinyal radio yang bekerja pada frekwensi tertentu. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana jika koneksi wifi berubah menjadi lelet. Mungkin perasaan jengkel akan segera mendera anda.

Namun, tak perlu khawatir, berikut adalah penjelasan sederhana mengapa koneksi Wi-Fi anda bisa melambat. Sehingga anda bisa mengantisipasi agar koneksi wifi anda tetap stabil.

1. Coba Cek Ulang Posisi Router Yang Anda Gunakan

Kebanyakan orang kerap meremehkan posisi router, namun sebenarnya ini bisa mempengaruhi jaringan. Letak jauh atau dekatnya posisi router wifi dengan perangkat yang kita gunakan juga menentukan kecepatan akses internet kita.

Oleh sebab itu, penting bagi pengguna untuk memilih tempat yang bagus untuk router wifi. Bahkan pergeseran kecil dalam posisi bisa berakhir menjadi perbedaan koneksi ketika siang dan malam hari.

Cara terbaik yang bisa dicoba adalah menempatkan router dekat dengan perangkat Anda. Selain itu, bisa juga menempatkan router di dekat pusat rumah Anda. Namun, jika router sangat lemah atau rumah sangat besar, maka kemungkinan Anda perlu meningkatkan jangkauan gelombang wifi dengan menggunakan extender wifi atau repeater.

2. Wireless Interferensi dan Noise, Atau Gangguan Sinyal Dari Perangkat Elektronik Lainnya

Tanpa kita sadari, sinyal wireless ternyata ada banyak di sekitar kita yang di pancarkan oleh perangkat elektronik selain oleh router wifi.

Meskipun sinyal wifi seharusnya berada pada frekuensi yang berbeda dengan sebagian besar perangkat tersebut, ternyata banyaknya sinyal wireless yang di pancarkan oleh perangkat lain juga mempengaruhi kecepatan transfer data wifi.

Beberapa perangkat elektronik yang jadi penyebab melambatnya koneksi wifi di antaranya,Microwaves, Bluetooth Devices, Radio, lampu dan lain lain. Oleh sebab itu, jauhkan perangkat tersebut dari router wifi Anda.

Untuk itu coba cek di sekitar anda apakah ada beberapa perangkat atau benda yang sekiranya mempengaruhi kinerja wifi anda.

3.Tetangga

Tak dimungkiri sekarang ini setiap rumah tangga memiliki jaringan wifi sendiri yang bisa menyebabkan masalah karena saluran tumpang tindih.

Semakin banyak pengguna di lingkungan sekitar anda yang menggunakan jaringan wifi, maka koneksi wifi yang anda gunakan akan terdampak mdimana hal tersebut akan membuat sinyal wifi anda menjadi lemot.

Jika di dapati jaringan wifi anda makin melambat bisa jadi lingkungan sekitar anda juga sudah mulai menggunakan perangkat wifi untuk koneksi internet mereka.

Jadi, sudah paham kan sekarang kenapa wifi anda melambat ?

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya