oleh

Setelah 20 Tahun, Yahoo Messenger Akhirnya Tutup Usia

recode.ID –  Siapa yang tak kenal dengan platform aplikasi chatting yang satu ini, Yahoo Messenger. Jika kalian telah mengenal internet sejak periode tahun 2000an, maka dipastikan punya akun YM dan menghabiskan waktu berlama-lama di warnet untuk bercanda ria lewat layanan Yahoo Messenger.

Namun sayangnya, pihak Yahoo memutuskan untuk mematikan layanan yang ngetop di awal-awal tahun 2000an ini. Melalui pengumuman yang di rilis di laman resmi mereka, Yahoo mengkonfirmasi jika layanan Yahoo Messenger akan di tutup per tanggal 17 juli 2018 mendatang.


Sejarah Panjang Perjalanan  Yahoo Messenger

Yahoo Messenger pertama kali di luncurkan 20 tahun yang lalu, tepatnya pada pada 9 Maret 1998. Saat itu namanya yang di sandang adalah Yahoo! Pager. Lalu setahun kemudian, pada 21 juni 199 nama Yahoo! Pager berubah menjadi Yahoo Messenger.

Sebelum emoji menjadi bagian penting dalam sebuah layanan chat, Yahoo Messenger sudah mengawalinya terlebih dahulu pada akhir November 2000 silam. Yahoo Messenger meluncurkan fitur emoticon dengan berbagai macam ekspresi yang menjadi inovasi paling ngetop pada zamannya.

Fitur fitur yang sarat dengan teknologi canggih sudah tersemat pada Yahoo Messenger pada zaman itu. Fitur-fitur inovatif seperti pesan suara, Chat rooms, webcam, kemampuan integrasi dengan kontak di Windows Live Messenger, sudah tersedia, walau terkadang gambar yang dihasilkan atau suara yang di perdengarkan masih patah-patah karena koneksi internet pada zaman itu belum sekencang sekarang.

Yahoo Mesengger juga merupakan pionir aplikasi chatting yang mengiterigasikan fitur game dalam layanannya. Selain itu juga, Yahoo Messengger merupakan platform instant messaging  pertama yang memperkenalkan fitur buzzing, seperti layaknya PING!! pada BlackBerry Messenger (BBM), yang berfungsi salah satunya adalah memastikan lawan chating kamu sedang aktif atau online.

Namun akhirnya, Yahoo Mesengger harus mengakui kekalahannya. Ia harus bertekuk lutut ketika berhadap dengan aplikasi-aplikasi sejenis yang mulai bermunculan menjadi pesaingnya. Salah satunya adalah kehadiran sosial media besutan Mark Zuckerberg., Facebook. Hadirnya layanan sosial media tersebut, seakan menggerus keberadaan Yahoo Mesengger secara perlahan namun pasti.

Siap Bersaing Kembali Dengan Aplikasi Baru

Meski secara resmi akan di tutup pada 17 Juli 2018 mendatang, pihak Yahoo juga mengkonformasi jika mereka akan menghadirkan aplikasi pengganti Yahoo Mesengger yang kini masih dalam versi beta dan dalam tahap pengembangan bernama Yahoo Squirrel.

Nantinya, aplikasi Yahoo Squireel ini akan mengadopsi fitur-fitur pesan instan yang ada saat ini. Hal ini guna meremajakan layanan mereka agar lebih bisa di terima oleh gererasi jaman sekarang.

Oleh karena itu, masih ada beberapa waktu beberapa hari hingga batas penutupan tersebut bagi pengguna yang ingin mengunduh riwayat obrolan, atau informasi apapun yang di simpan dalam layanan Yahoo Messengger.

Jadi Kita tunggu saja, apakah kehadiran Yahoo Squirrel akan sesukses pendahulunya, atau justru akan menemui kegagalan serupa.

Selamat tinggal Yahoo Mesengger (azzahra)

 

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya