Tips Video Conference Zoom Lebih Hemat Data Internet

  • Whatsapp
Tips Video Conference Zoom Lebih Hemat Data Internet

recode.ID – Masih belum ada tanda-tanda jika pandemi covid-19 ini akan segera berakhir, berimbas pada kemungkinan pembelajaran jarak jauh (PJJ) tetap menjadi alternatif untuk para pelajar tetap bisa bersekolah dan mendapat pendidikan.

Salah satu aplikasi yang cukup populer yang digunakan untuk PJJ adalah aplikasi video conference Zoom. Aplikasi ini dinilai lebih mudah digunakan, stabil dan juga tersedia dalam berbagai platform, untuk smartphone dan perangkat PC atau laptop.

Bacaan Lainnya



Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID akan memberikan tips, bagaimana cara memaksimalkan penggunaan aplikasi Zoom agar lebih hemat kuota data internet. Silahkan disimak.

Tips Video Conference Zoom Lebih Hemat Data Internet

Cara ini selain lebih efektif dalam menghemat penggunaan kuota data internet, juga akan membuat penerimaan video menjadi lebih stabil.

Bagaimana caranya?, silahkan ikuti tipsnya berikut ini:

  • Nonaktifkan kualitas HD

Cara yang pertama yang bisa kalian lakukan untuk menghemat kuota data internet saat menggunakan aplikasi Zoom adalah dengan menonaktifkan kualitas video HD.

Karena seperti kita tahu, semakin jernih kualitas video maka akan semakin banyak menghabiskan kuota internet. Dengan menonaktifkan fitur resolusi HD (High Definition) maka kuota data yang diperlukan akan semakain sedikit, meski secara visual atau tampilan akan sedikit buram.

Namun, jika kualitas video bukan pertimbangan meeting, atau kondisi yang lagi susah sinyal, sebaiknya bisa menonaktifkan fitur ini. Selain hemat data, penerimaan sinyak internet juga akan lebih stabil.

Untuk mematikan pengaturan video HD di Zoom, silahkan buka menu “Settings” (ikon roda gigi) lalu klik “Video” di menu sebelah kiri, lalu kalian bisa menghapus tanda centang pada kotak di sebelah “enable HD”.

  • Gunakan Tampilan Layar Minimalis

Selanjutnya, untuk menghemat data internet saat meeting online dengan aplikasi Zoom, kalian bisa menggunakan tampilan layar dengan ukuran kecil atau minimalis.

Artinya, tampilan layar pada perangkat yang kalian gunakan mungkin akan terlihat mengecil dari ukuran yang semestinya. Namun cara ini cukup ampuh menghemat data internet milik kalian.

  • Matikan Video Saat Tidak digunakan

Jika saat sedang rapat topik atau pembahasan tidaklah begitu penting untuk harus bertatap muka atau bertemu satu sama lain, sebaiknya anda stop video dan hanya mengandalkan voice atau suara saja.

Dengan mematikan kamera, ini adalag cara termudah untuk mengurangi jumlah data yang masuk dan keluar dari perangkat yang kalian gunakan.

  • Mute Mic Anda Jika Tak Digunakan

Sama halnya dengan mematikan atau stop video saat tidak digunakan, dengan mute microphone yang kalian gunakan ini akan cukup menghemat kuota data internet kalian.

Pastikan tombol mic anda dalam kondisi di silang atau mute saat anda sedang tidak berbicara dalam forum rapat.

  • Jangan Buka Aplikasi Lain

Dengan tidak membuka aplikasi lain, misal browser sembari bermain medai sosial, browsing dan lain sebagainya maka kuota data milik anda akan lebih hemat.

Selain itu, ini juga menjaga agar koneksi internet kalian tetap stabil, sehingga selama proses zoom menjadi lancar dan tidak lag atau tersendat-sendat.

Demikian tips bagaimana ketika rapat online dengan menggunakan aplikasi Zoom lebih hemat data internet dan juga lebih stabil saat digunakan.

Selamat mencoba!

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra

Pos terkait