oleh

Ponsel Android Apakah Perlu Di Pasang Antivirus ? Simak Ulasannya Berikut Ini

recode.IDPonsel Android Apakah Perlu Di Pasang Antivirus ? Simak Ulasannya Berikut Ini – Android, merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak di gunakan pada berbagai tipe smartphone saat ini.

Sebagai salah satu sistem operasi yang paling populer saat ini, maka tak heran jika berbagai insiden pelanggaran data pengguna kerap kali menargetkan perangkat dengan basis sistem operasi si robot hijau ini.


Banyak pengguna Android yang mengira, menginstall aplikasi antivirus di smartphone mereka bisa terhindar dari aksi kejahatan digital yang menargetkan perangkat yang mereka gunakan. Lalu, apakah tindakan itu sudah tepat ?.

Melansir dari laman Quora, Siddharth Shankar yang berprofesi sebagai seorang pakar keamanan digital dan Cyber Security Engineer menjelaskan bahwa mengisntall antivirus di perangkat dengan sistem operasi android sebenarnya tidaklah terlalu berpengaruh.

Hal itu di karenakan, Android merupakan sistem operasi yang justru paling aman dari virus. Android merupakan sistem operasi dengan basis Linux Kernel yang memiliki modul khusus bernama Security-Enhanced Linux (SELinux).

Linux sendiri di kenal sebagai salah satu sistem operasi atau OS yang bersifat open source yang klaim kebal terhadap serangan berbagai macam virus.

Selain itu, hampir keseluruhan aplikasi yang ada pada sistem operasi Android dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA , yang sampai saat ini di klaim paling aman karena berjalan dalam JAVA Virtual Machine (JVM), dimana sistem ini mengisolasi aplikasi yang running dengan menggunakan metode Sandboxing.

Namun bukan berarti Android bisa aman seratus persen terhadap ancaman pelanggaran data pengguna. Alih-alih waspada terhadap virus, perangkat dengan basis sistem operasi Android justru harus lebih waspada terhadap infeksi malware dalam perangkat yang di gunakan.

Lalu, apa sebenarnya malware itu ?, mengapa ia lebih bahaya ketimbang virus ?. Malware sendiri merupakan kependekan dari malicious software, yakni sebuah software atau aplikasi yang dirancang khusus dengan tujuan untuk membahayakan, menyusup, mencuri data atau bahkan merusak sebuah perangkat.

Kendati demikian, masih ada perbedaan pendapat mengenai pentingnya sebuah aplikasi antivirus dalam sebuah perangkat dengan basis sistem operasi android.

Layaknya sebuah pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati, maka menginstall aplikasi antivirus juga di rasa perlu sebagai bagian dari perlidungan terhadap ancaman kejahatan digital yang sewaktu-waktu menyerang perangkat yang kita gunakan.

Beberapa langkah preventif berikut ini bisa anda lakukan untuk meminimalisir kemungkinan terinfeksi malware yang setiap saat bisa saja menimpa perangkat anda, misalnya:

  • Jangan meng-install aplikasi selain dari market aplikasi resmi Google Play Store,
  • Selalu perhatikan permission atau ijin yang diminta aplikasi sebelum meng-installnya,
  • Jangan mengakses situs-situs dengan konten p*rn*grafi,
  • Jangan tergiur untuk klik pada tautan yang mencurigakan yang dikirim dari kontak yang tak dikenal.

Karena dengan semakin berkembanganya teknologi kedepan, maka varian virus dan malware bisa saja berkembang labih canggih. Pun begitu dengan penangkalnya, bisa di pastikan para pengembang aplikasi antivirus akan terus berupaya menyempurnakan aplikasi mereka untuk melindungi data para penggunanya.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya