oleh

Aplikasi Zepeto, Media Sosial Baru Yang Kini Sedang Booming

recode.ID – Dalam kurun waktu beberapa hari terakhir, netizen tanah air di hebohkan dengan kemunculan sebuah sebuah media sosial baru bernama Zepeto, yang menurut kabar katanya aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat karakter 3D atau potret avatar berdasar wajah asli dari penggunanya.

Pada prinsipnya, Zepeto merupakan aplikasi sosial media layaknya platform lain yang sudah ada. Pengguna bisa bisa berinteraksi dengan pengguna lain, berteman, berkirim pesan dan juga saling follow. Lantas apa yang membedakan aplikasi ini dengan media sosial lain yang sudah ada?

Di Sponsori Oleh:

Salah satu yang menonjol dan pembeda Zepeto dengan aplikasi medsos lainnya yakni penggunaan avatar atau karakter 3 dimensi yang digunakan untuk foto profil kita berdasarkan wajah asli kita.

Jadi, dalam aplikasi sosial media Zepeto ini, pengguna hanya bisa mengunggah foto asli mereka yang telah di konvert dalam bentuk avatar untuk dijadikan foto profil mereka.

Cara Menggunakan Aplikasi Zepeto

Untuk menggunakan aplikasi buatan Snow Corporation ini, pengguna diharuskan lebih dahulu mengunduh aplikasi Zepeto di Google Play Store untuk pengguna Android maupaun App Store untuk pengguna iOS serta harus mendaftar terlebih dahulu di layanan mereka.

Ada dua cara untuk mendaftar di Zepetto, yakni bisa menggunakan akun Facebook dan juga menggunakan alamat e-mail. Setalah berhasil terdaftar dan login, selanjutnya  penggunapun bisa berkreasi membuat avatarnya sendiri, mulai dari tampilan wajah hingga pakaian.

Dalam aplikasi Zepeto terdapat empat menu utama yakni Play, Discover, Message, dan Profile. Pada menu Play, pengguna bisa berfoto sendiri (selfie) atau bersama teman-teman menggunakan avatar masing-masing di Photobooth yang telah tersedia, lalu hasil foto tersebut bisa di unggah di media sosial lainnya.

Sedangkan pada menu Discover sendiri, berfungsi untuk ajakan berteman atau follow pengguna Zepeta lainnya. Ada beberapa pilihan ketika anda ingin berteman, yakni dengan memasukkan “friend’s code” atau kode profile pengguna lain.

Selain itu, pada menu Discover juga terdapat fitur yang bernama Zepeto Town Square, dimana fitur ini memungkinkan para pengguna aplikasi ini untuk saling bertemu dan menjalin pertemanan secara virtual.

Para pengguna aplikasi yang kini sudah di download lebih dari 5 juta kali untuk pengguna android ini juga bisa saling berkirim pesan di Zepeto melalui menu Message. Fitur yang satu ini juga bisa digunakan tidak hanya bagi pengguna yang sudah saling berteman, tapi juga bisa digunakan untuk berkirim pesan bagi yang belum berteman.

Sementara itu, pada menu Profile berisi informasi tentang jumlah follower dan following dari pengguna. Dimenu ini juga, pengguna juga bisa mengedit kembali wajah, pakaian, dan berbagai hal lainnya untuk ditambahkan dalam profil anda.

Isu Adanya Tracking Pengguna Merebak di Aplikasi ZEPETO

Dibalik melejitnya popularitas aplikasi yang didirikan pada 2016 di Seongnam, Korea Selatan tersebut, muncul isu tak sedap seputar keamanan yang mengintai penggunanya.

Pihak Snow Corporation selaku developer aplikasi Zepeto, disebut-sebut melakukan pelacakan atau merekam data-data pengguna melalui aplikasi besutanya tersebut. Namun kabar tersebut dibantah oleh pihak developer aplikasi yang masih dibawah naungan Naver Corporation tersebut.

Melansir dari laman dari PiunikaWeb, perusahaan pembesut aplikasi itu telah membantah isu tersebut dan menegaskan bahwa mereka tidak melacak, atau merekam aktivitas apa pun yang terjadi di dalam aplikasi Zepeto.

“Kami memastikan bahwa tidak ada pelacakan, atau aktivitas pelacakan apa pun terhadap seseorang atau obyek apa pun yang terjadi di aplikasi Zepeto. Kami hanya memakai mikrofon ketika pengguna merekam video menggunakan kamera di dalam  untuk melakukan tangkapan layar di video,” demikian penjelasan Snow Corporation terkait isu keamanan yang dialamatkan kepada aplikasi mereka.

Jadi, untuk anda yang tertarik menggunakan aplikasi Zepeto ini, tak usah ragu akan kamanan data anda. Karena pihak developer telah mengkonfirmasi bahwa aplikasi mereka bersih dari aktifitas spyware dan segala macam malwareAnda bisa mendownload aplikasi tersebut untuk pengguna android melalui tautan berikut dan pengguna iOS melalui tautan ini. Selamat bermain.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya