Duh, Aplikasi Zoom Untuk iOS Diam-Diam Ambil Data Pengguna

  • Whatsapp
Duh, Aplikasi Zoom Untuk iOS Diam-Diam Ambil Data Pengguna

recode.ID – Untuk anda pengguna aplikasi Zoom untuk iOS, nampaknya harus sedikit was-was saat menggunakan aplikasi video conference yang kini sedang hits di tengah pendemi covid-19 di seluruh dunia.

Pasalnya, seperti di lansir dari laman Phone Arena, analis keamanan digital menyebutkan bahwa aplikasi Zoom untuk iOS ini diam-diam mengambil data pengguna dan membagikan  kepada Facebook.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, menurut laporan yang di tulis oleh media terkemuka dari Inggris Vice, Aplikasi Zoom sendiri sebenarnya telah memberitahukan dan mengirimkan informasi mengenai siapa saja pengguna yang juga menggunakan layanan Facebook.

Dijelaskan, bahawa sebenarnya saat pengguna mengakses aplikasi Zoom untuk iOS, maka secara otomatis juga akan terhubung ke aplikasi Facebook.

Ditambah lagi, untuk bagian back-end sistem aplikasi ini, Zoom juga memanfaatkan Facebook Software Development Kits (SDK) dalam pengembangan aplikasi yang berguna untuk video conference tersebut.

Melalui SDK milik Facbook tersebut, Zoom diketahui dapat membagikan data pengguna kepada perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg.

Akan tetapi, pada prakteknya pengambilan data pengguna aplikasi ini hanya bisa dilakukan apabila sudah mendapatkan persetujuan dari pengguna itu sendiri, terutama terkait dengan iklan yang telah dipersonalisasi.

Dalam temua para peneliti kemanan digital tersebut, diketahui aplikasi Zoom untuk iOS ini mengirimkan informasi tentang model perangkat pengguna, zona waktu, kota, dan operator telepon yang pengguna pakai.

Data pengguna yang diambil oleh Zoom ini juga dipakai untuk mengindentifikasi pengiklan yang unik yang digunakan untuk menyediakan data bagi iklan bertarget.

Kendati demikian, laporan keamanan terkait kemungkinan pengambilan data oleh aplikasi Zoom ini justru diragukan oleh peneliti iOS, Will Strafach.

Menurut Will, bisa saja aplikasi Zoom mengirimkan data ke Facebook, tetapi sejauh ini tidak ada bukti langsung mengenai isu tersebut.

Sekedar informasi, aplikasi Zoom sendiri saat ini memang tengah naik daun, karena banyak digunakan selama work from home di tengah mewabahnya virus corona.

Dari hasil data yang disampaikan oleh operator XL Axiata, trafik data untuk penggunaan aplikasi video conference, seperti Zoom, Skype, sampai Microsoft Teams melonjak sampai 30% selama hibauan untuk melakukan work from home.

(ikhsan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.