Begini Cara Mematikan Kolom Komentar di TikTok

recode.ID – Jika kalian adalah konten kretor untuk platform berbagi vidio pendek di TikTok, dan merasa terganggu dengan berbagai komentar negatif terhadap karya yang kalian buat, kalian bisa mematikan kolom komentar di TikTok tersebut.

Seperti yang kalian ketahui, bahwasanya platform berbagi video pendek ini cukup populer dikalangan pengguna internet, tak hanya di Indonesia saja namun hampir diseluruh dunia.

Ada cukup banyak video-video pendek yang menghibur dan informatif yang diunggah di platform TikTok ini. Akan tetapi, dalam beberapa kasus banyak ditemui juga komentar bernada hate speech yang terkadang cukup tidak enak untuk dibaca.

Nah, jika kalian termasuk salah satu kreator video di TikTok yang memperoleh komentar negatif, kalian bisa mematikan kolom komentar di akun TikTok kalian tersebut dengan mudah.

Cara Mematikan Kolom Komentar di TikTok

Cara Mematikan Kolom Komentar di TikTok

Guna mnghindari komen negatif dari penonton, kalian bisa memanfaatkan fitur yang sudah di sediakan oleh platform TikTok tersebut untuk menyaring komentar-komentar yang masuk.

Ada beberapa opsi yang di berikan oleh pihak TikTok untuk keperluan menyarinh komentar negatif ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Mematikan Kolom Komentar

Jika kalian sudah cukup eneg, dan tak ingin video yang kalian buat menjadi bulan-bulanan netizen dengan segala macam hujatanya, kalian bisa mematikan kolom komentar di TikTok dengan cara berikut ini:

  • Pertama, silahkan kalian buka aplikasi TikTok di perangkat kalian masing-masing
  • Selanjutnya, silahkan kalian login dengan akun TikTok kalian
  • Kemudian, kalian masuk ke menu Profile berikon orang di kanan bawah aplikasi
  • Selanjutnya kalian pilih menu Options berikon garis tiga di kanan atas
  • Pada halaman Settings and privacy, pilih menu Privacy
  • Selanjutnya, pilih menu Comments di bagian Safety
  • Tekan tombol No one di bagian Who can comment on your videos
  • Nantinya, setiap video yang kalian unggah di TikTok tidak akan bisa dikomentari oleh pengguna lain

2. Filter all comments

Selanjutnya, jika kalian ingin tetap ada komentar di video yang kalian upload namun kalian ingn menaring lebih dahulu komentar tersebut kalian bisa menggunakan fitur yang satu ini.

Dengan fitur yang satu ini, setiap komentar yang masuk harus dapat izin terlebih dulu dari pemilik video apakah komentar akan ditampilkan pada bagian komentar video atau tidak.

Jika kamu mengizinkan komentar terssebut, maka komentar tersebut akan terlihat pada kolom komentar video TikTok kalian, begitu juga sebaliknya.

3. Filter spam and offensive comments

Selanjutnya, untuk fitur yang satu ini memungkinkan  pengguna dapat menyembunyikan komentar yang bersifat spam atau menyerang.

Jadi, ketika ada komentar yang berisi spam atau menyerang maka penguna bisa memilih untuk menyembunyikan komentar-komentar tersebut.

4. Filter keyword

terakhir, kalian juga bisa memanfaatkan fitur bernama filter keyword ini. Dengan fitur ini memungkinkan kalian untuk menyembunyikan komentar dengan kata kunci atau keyword mengganggu yang lebih spesifik misalnya endorse, curang, atau kata-katas kasar.

Sehingga ketika ada pengguna TikTok lain yang komen dengan kata-kata yang sudah kalian masukan dalam daftar, maka komentar tersebut tidak akan muncul di kolom komentar TikTok kalian.

Sekedar catatan, untuk fitur pada poin ke 2 sampai 4 kalian bisa menemukan fitur ini dengan cara pada poin kesatu, lalu cek pada bagian bawah setelah opsi No One.

Demikian, informasi mengenai cara mematikan kolom komentar di TikTok beserta dengan beberapa fitur lain yang bisa kalian menfaatkan untuk menjaga akun kalian bersih dari komentar-komentar negatif.

Semoga informsi ini bisa bermanfaat untuk kalian.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait