Remaja 14 Tahun, Temukan Bug Berbahaya Di Aplikasi FaceTime iPhone

recode.ID – Beberapa waktu lalu, salah satu aplikasi video call buatan Apple, FaceTime di ketahui memiliki sebuah bug atau celah keamanan yang cukup serius di perangkat iPhone yang menjalankan aplikasi tersebut.

Bug tersebut memungkinkan penelepon untuk mengintip atau melihat video dari kamera perangkat milik teman yang dihubungi, walau panggilan belum diangkat atau diterima dan masih dalam kondisi berdering.

Publikasi video yang menampilkan demonstrasi bug tersebut, kemudian ramai menjadi perbincangan warga net, terutama para pengguna smartphone buatan Apple tersebut.

Namun, tahukah anda bahwa penemu awal bug tersebut ternyata adalah seorang remaja yang baru berumur 14 tahun.

Remaja bernama Grant Thompson itu di ketahui pertama kali menjadi orang yang menemukan bug critical pada aplikasi FaceTime tersebut secara tidak sengaja.

Baca Juga :  Google Luncurkan Program Bug Bounty Untuk Aplikasi android Populer Yang Ada Di Google Play Store

Awalnya Grant yang hobby bermain game Fortnite tersebut hendak bermain game bersama teman-temannya, pada Sabtu (19/1/2019) lalu. Guna memudahkan komunikasi dalam game tersebut, Grant pun mencoba melakukan percakapan dengan kawannya lewat Group di aplikasi FaceTime.

Grant pun merasa terkejut lantaran ia bisa langsung mendengar suara dari ponsel temannya. Padahal mereka sendiri belum mengangkat panggilan FaceTime yang dilakukan Grant.

Melihat hal yang tak biasa tersebut, Grant lantas melaporkan kerjadian tersebut kepada ibunya. Awalnya, sang ibu pun tak percaya dengan hal tersebut, sampai akhirnya Grant pun berhasil membuktikannya dengan mendemontrasikan bug yang ia temukan tersebut menggunakan iPhone milik ibunya.

Melalui akun Twitter @MGT7500, ibu Grant yang bernama Michelle Thompson tersebut pun akhirnya menuliskan cuitan dan me-mention pihak Apple.

“Anak remaja saya telah menemukan celah keamanan fatal di iOS terbaru Apple. Dia bisa menguping lewat iPhone/ iPad tanpa persetujuan,” kata Michele lewat tweet yang ia unggah di akun pribadinya, disertai lampiran bukti penemuan bug berupa sebuah video.

Baca Juga :  Di serang WannaCry, Fasilitas Produksi Pesawat Boeing Lumpuh

Namun sayangnya, pihak Apple sendiri tak merespon bug yang di temukan oleh Grant tersebut. Namun sejauh ini belum diketahui kenapa Apple tak merespon bug serius ini dengan cepat.

Kendati demikian, pihak Apple sendiri sempat menyarankan Michele untuk menghubungi divisi pengembang Apple.

Tak berselang lama, video temuan serupa dengan yang di temukan oleh Grant Thompson pun merebak dan viral dimedia sosial.

Bug FaceTime Mungkinkan Penelpon Untuk Menguping dan Mengintip

Celah keamanan yang ditemukan pada fitur Group FaceTime di perangkat iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 12.1 ke atas memungkinkan penelepon mendengar suara dari ponsel lawan bicara di FaceTime, tanpa perlu menunggu panggilan diangkat terlebih dahulu.

Baca Juga :  VirusTotal Luncurkan Droidy, Fitur Pendeteksi Malware Android Baru

Bukan hanya ditemukan pada fitur audio-only atau panggilan suara saja, tapi bug lain juga di temukan pada fitur panggilan video (video call) di grup FaceTime.

Dengan bug tersebut, penelepon bisa mengintip situasi melalui kamera depan perangkat penerima tanpa perlu menunggu video call diterima.

Dengan ditemukannya bug yang bersifat serius tersebut, pihak Apple terpaksa mematikan server Group FaceTime sehingga para pengguna layanan itu tidak bisa melakukan obrolan dalam grup.

Sementara untuk percakapan pribadi antar pengguna FaceTime secara perorangan masih bisa dilakukan.

Hingga saat ini, seperti dikutip dari keterangan di situs resmi mereka, pihak Apple menyebutkan bahwa server Group FaceTime sedang bermasalah dan layanannya tidak dapat dipakai.

(azzahra)

Topic:

Just For You