Cara Cek Nomor Rekening Penipu Saat Belanja Online

  • Whatsapp
Cara Cek Nomor Rekening Penipu Saat Belanja Online

recode.ID – Ketika berbelanja online tidak melalui ecommerce atau toko online yang populer seperti Lazada, Tokopedia, Shopee atau sejenisnya maka hal yang harus anda lakukan adalah mengecek lebih dahulu nomor rekening yang digunakan oleh seller tersebut.

Ini biasanya dilakukan ketika Anda membeli produk atau barang tertentu lewat akun media sosial, misal lewat Facebook, Instagram atau WhatsApp.

Bacaan Lainnya

Dengan melakukan pengecekan lebih dahulu sebelum anda mentransfer uang ke seller atau penjual, maka anda akan mengetahui apakah nomor rekening tersebut adalah nomor yang masuk dalam blacksit penjual nakal atau oknum penipu atau bukan.

Baca Juga :  Agar Tak Kena Tipu, Yuk Kenali 4 Ciri-Ciri Toko Online Palsu Berikut Ini

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, redaksi recode.ID akan memberikan tips bagaimana cara cek nomor rekening penipu agar kita bisa terhindar dari aksi penipuan yang mungkin bisa saja terjadi.

Cara Cek Nomor Rekening Penipu

Para konsumen di tanah air, saat ini sudah semakin dimudahkan untuk mencari tahu informasi yang valid mengenai kredibilatas seorang penjual online, apakah merupakan penjual yang amanah dan terpencaya atau merupakan tipe penjual nakal.

Baca Juga :  Melacak No Hp Milik Pelaku Penipuan Belanja Online

Ini bisa dilihat dari nomor rekening yang digunakan oleh penjual tersebut. Karena saat ini sudah tersedia beberapa layanan online yang bisa digunakan secara gratis oleh konsumen untuk mengetahui seluk beluk tentang nomor rekening dimaksud.

  • Cara Cek Nomor Rekening Penipu Melaui Situs http://kredibel.co.id/

Layanan pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk mencai tahu tentang sebuah nomor rekeking, apakah masuk dalam blacklist atau tidak bisa menggunakan layanan dari situs http://kredibel.co.id/.

Untuk caranya, silahkan ikuti panduan berikut ini:

  1. Pertama, silahkan akses situs http://kredibel.co.id/ melalui browser pada perangkat yang Anda gunakan
  2. Setelah situs terbuka dengan sempurna, pada halaman website tersebut disediakan sebuah form atau kolom untuk memasukan nomor rekening yang ingin Anda cek.
  3. Selanjunya, silahkan masukkan nomor rekeningnya, lalu tekan Check.
  4. Tunggu hingga beberapa saat, sistem sedang mencari informasi dalam database terkait nomor rekening yang Anda input tadi.
  5. Jika nomor rekening tersebut merupakan nomor rekekning dari penjual nakan dan sering dilaporkan oleh konsumen, nantinya akan muncul notifikasi atau peringatan jika nomor rekening tersebut memiliki rekam jejak yang buruk dan digunakan untuk melakukan penipuan.

Selain untuk mengecek dan mengetahui informasi terkait nomor rekening, Anda juga bisa melaporkan sebuah nomor rekening ke website tersebut apabila Anda merasa telah menjadi korban penipuan belanja online.

  • Cara Cek Nomor Rekening Penipu Melaui Situs https://cekrekening.id/

Masih sama dengan sebelumnya, untuk cara kedua juga menggunakan bantuan website yang memiliki fungsi untuk mengecek sebuh nomor rekening bank.

Baca Juga :  Arti PO Saat Belanja di Online Shop

Kali ini menggunakan layanan dari website https://cekrekening.id/. Untuk caranya, simak alurnya berikut ini:

  1. Pertama silahkan akses website https://cekrekening.id/ melalui browser pada perangkat yang Anda gunakan.
  2. Selanjuntnya, pada website tersebut akan muncul beberapa form yang harus Anda isi.
  3. Kemudian, Anda tinggal isikan nama bank dari nomor rekening tersebut, nomor rekening, dan ceklis tanda I’im not a robot. Lalu, akhiri dengan mengklik tanda Periksa Rekening.
  4. Tunggu beberapa saat dan nantinya akan mendapatkan informasi dari nomor rekening tersebut.
  5. Apabila nomor rekening yang Anda masukan tadi adalah nomor rekening yang aman atau tidak pernah dilaporkan konsumen atau korban, maka Anda sistem akan memberi tahu jika noor tersebut aman. Ini artinya penjual tersebut bukan masuk dalam daftar blacklist.
  6. Begitu juga sebaliknya, apabila nomor rekening tersebut bermasalah dan pernah digunakan untuk melakukan penipuan, maka Anda pun akan mendapatkan notifikasi terkait rekening tersebut dan sebaikya wasapada dan urungkan untuk bertransaksi pada nomor rekekning yang anda input.

Perlu diingat, cara ini tidak selalu bisa menghindarkan anda dari aksi penipuan. Karena bisa saja penipu tersebut menggunakan nomor baru yang belum pernah dilaporkan.

Baca Juga :  Jadi korban Penipuan Belanja Online?, Segera Ambil Tindakan Berikut

Tapi setidaknya, untuk penipu kawakan maka nomor-nomor rekening yang mereka gunakan pasti akan terdaftar pada kedua databse sistem kedua website diatas.

Sekali lagi, pastikan Anda selalu waspada saat belanja online dan jangan mudah tergoda dengan iming-iming harga yang tidak masuk akal dari penjual agar tidak terjebak dan akhirnya menjadi korban.

Untuk meminimalisir, ada baiknya anda bertransaksi lewat rekber (rekening bersama) atau kalau mau lebih aman melalui situs ecommerce yang sudah terpercaya.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra

Pos terkait