Begini Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp, Ternyata Mudah

  • Whatsapp
Begini Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp, Ternyata Mudah

recode.ID – Tertarik untuk membuat tulisan Arab di aplikasi perpesanan WhatsApp? kalian bisa baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui caranya.

Seringkali kita mendapati, kerabat atau teman kita mengirim pesan di WA namun ada beberapa kalimat yang disertai dengan kalimat bahasa Arab. Misal kata, Assalamualaikum Wr Wb, Bissmilahhiramannirrahim, Alhamdulilah dan beberapa tulisan arab lainnya.

Bacaan Lainnya



Nah, ternyata untuk membuat tulisan seperti itu cukup mudah. Tak perlu aplikasi tambahan apapun, kalian bisa langsung mengetik huruf Arab tersebut dari keyboard atau papan ketik pada smartphone yang kalian kalian gunakan.

Penasaran, bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan lengkapnya beriku tini.

Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp

Sebenarnya, dalam percakapan atau mengirim pesan sehari-hari penggunaan tulisan Arab ini sangat jarang ditemukan.

Namun demikian, ada beberapa pengguna atau anggota dalam grup-grup yang aktivitasnya berhubungan dengan bahasa Arab, seperti grup islami, atau lainnya seringkali membagikan tulisan dengan menyertakan tulisan Arab pada pesan mereka.

Untuk penggunaan teks Arab ini sebenarnya tergantung kebutuhan masing-masing, tapi di Indonesia sendiri penggunaan teks Arab ini lebih condong untuk keperluan islami, di antaranya adalah untuk menuliskan ayat suci  Al-Qur’an, hadist-hadist Nabi, do’a-do’a tertentu, kebutuhan sharing materi agama, dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah redaksi singgung di awal tadi, untuk membuat tulisan dengan bahasa Arab kita tidak perlu bantuan aplikasi apapun, cukup dengan melakukan pengaturan pada papan ketik smartphone kita.

Berikut cara membuat tulisan dengan huruf Arab di WhatsApp:

  • Pertama, silahkan buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  • Selanjutnya, ketuk pada icon atau jendela chat WhatsApp dan pilih kontak yang akan dikirim pesan.
  • Kemudian, pada sisi bawah akan muncul papan ketik atau keyboard untuk mengetikk pesan yang ingin kalian kirim.
  • Sebelum mengetik, buka dahulu Settings keyboard dengan cara tekan dan tahan tombol (,) koma, nanti akan muncul icon setting-nya.
  • Selanjutnya pada jendela “Opsi Masukan”, silahkan pilih Bahasa.
  • Silahkan kalian matikan fungsi “Gunakan Bahasa Sistem”, yang ada di kategori Keyboard Android (AOSP).
  • Pada kategori Metode masukan aktif, kamu perlu menyalakan Bahasa Arab. Kemudian, matikan setting bahasa yang sebelumnya kamu gunakan.
  • Kembali lagi ke WhatsApp, kemudian coba kirim pesan ke kontak mana saja. Keyboard kamu sekarang sudah berubah menjadi bahasa Arab.

Bagaimana, cukup mudah bukan? dengan cara ini kalian bisa mengirim pesan dengan pesan kepada orang lain dengan tulisan yang  berbeda dari biasanya sehingga terlihat lebih Islami.

Cara ini bisa kalian lakukan di smartphone Android bahkan tanpa harus melakukan root lebih dahulu, sehingga dijamin lebih aman.

Kalian hanya menggunakan fitur pengubah bahasa pada keyboard saja, dan secara otomatis kalian akan dibawa pada tombol pesan dengan huruf-huruf Arab.

Demikianlah cara membuat tulisan Arab di Whatsapp dengan mudah yang bisa kalian praktekan sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Editor   : Andra
Penulis : Ikhsan Aufa

Pos terkait