Begini Cara Mengatasi Notifikasi WA yang Tidak Muncul

Begini Cara Mengatasi Notifikasi WA yang Tidak Muncul

recode.ID – Jika pesan lewat WA yang kalian kirimkan tidak segera di balas, jangan berfikiran yang aneh-aneh dahulu. Bisa jadi, pemberitahuan atau notifikasi pada aplikasi WA penerima tidak muncul dilayar sehingga si penerima telat membalas pesan kalian.

Pasalnya, masalah notifikasi aplikasi WA yang tidak muncul di perangkat yang digunakan tersebut banyak dikeluhkan oleh para pengguna aplikasi perpesanan WhatsApp.

Dimana imbas dari masalah notif WhatsApp yang tidak mau muncul tersebut tentu saja menjadi salah satu penyebab mengapa pesan WA kalian telah dibalas.

Lantas bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut? pada artikel ini tim redaksi recode.ID sudah menyiapkan pembahasan khusus yang akan mengupas tuntas masalah ini.

Silahkan disimak cara mengatasi Notifikasi WA yang tidak muncul ini pada artikel dibawah ini

Cara Mengatasi Notifikasi WA yang Tidak Muncul

Tolak Kebijakan Privasi WhatsApp, 8 Fitur Ini Bakal Tak Berfungsi

Untuk solusi masalah notifikasi WA yang tidak muncul di perangkat pengguna, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini panduan yang redaksi kutip dari laman website AndroidTechno, yang bisa dipraktekan di perangkat masing-asing:

1. Cek Pengaturan Notifikasi

Hal pertama yang bisa dilakukna pengguna jika notifikasi WA tidak muncul adalah dengan mengecek pangaturan notifikasi pada perangkat yang mereka gunakan.

Pada pengaturan ini, berguna untuk mengaktifkan ataupun mematikan notif untuk aplikasi tertentu. Dalam beberapa kasus ada pengguna yang secara tidak secara sengaja mematikan notifikasi WhatsApp.

Oleh karena itu, bisa di cek pada pengaturan notifikasi dan pastikan bahwa aplikasi WhatsApp masuk dalam daftar yang di ijinkan untuk dapat menerima notifikasi pesan masuk.

Untuk cara mengeceknya, bisa dibuka menu Settings?pengaturan kemudian pilih opsi Notification?pemberitahuan dan temukan aplikasi WhatsApp. Pada opsi ini pastikan tooglenya dalam posisi aktif.

2. Cek Fitur Penghemat Data

Solusi kedua jika notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar adalah dengan mengecek pada fitur penghematan data di perangkat yang digunakan.

Pasalnya, jika fitur ini aktif, maka semua notifikasi baik itu pesan, email, dan seeua notifikasi akan dimatikan secara otomatis oleh sistem.

Untuk mengeceknya, silahkan ikuti panduan berikut ini:

  • Silahkan masuk pada menu Settings – Connection – Data Usage.
  • Kemudian pilih opsi Ultra Saving Data dan pastikan fitur ini dalam posisi mati.
  • Jika ternyata dalam posisi hidup, lebih baik matikan saja.

3. Cek Fitur Penghemat Baterai

Sama halnya dengan fitur penghemat data, fitur penghemat daya baterai juga akan memblokir semua notifikasi yang masuk agar daya baterai perangkat awet.

Berikut langkah-langkah untuk mengeceknya:

  • Silahkan buka [ada menu Settings –> Apps dan temukan aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian pilih opsi Batery atau Baterai.
  • Pastikan bahwa tombol Allow background activity dalam posisi menyala atau ON.
  • Jika  dalam posisi mati, hidupkan kembali.

4. Clear Data Aplikasi

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi notifikasi WA tidak muncul adalah dengan melakukan clear data pada aplikasi WhatsApp yang digunakan.

Dengan cara ini akan mereset aplikasi WA dan membersihkan semua file sampah yang mungkin bisa jadi penyebab tidka munculnya notfikasi pada aplikasi WA.

Cara untuk me-reset aplikasi WhatsApp adalah dengan masuk ke menu Settings => Apps, kemudian silahkan pilih opsi aplikasi WhatsApp, kemudian klik pada opsi Storage => Clear Data.

Setelah melakukan clear data, kalian harus masuk kembali ke akun WA masing-masing dengan mendaftar ulang nomor telepon yang kalian gunakan.

Karena itu, pastikan bahwa nomor telepon yang kalian gunakan untuk mendaftar WhatsApp yang masih aktif untuk menerima SMS verifikasi.

Demikian tips dalam mengatasi notifikasi WA yang tidak mau muncul di perangkat Android. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait