Begini Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Tanpa Mengurangi Kualitas

  • Whatsapp
Begini Cara Kecilkan Ukuran File PDF Tanpa Mengurangi Kualitas

recode.ID – Salah satu jenis file untuk keperluan dokumen yang cukup populer dan paling sering digunakan saat ini adalah file PDF.

Salah satu kelebihan file PDF dibanding dengan jenis file lain yakni tampilannya atau format dokumennya bisa nampak sama dan tetap rapi serta tidak berantakan ketika dibuka di semua perangkat, baik itu dalam perangkat mobile phone maupun di perangkat desktop.

Bacaan Lainnya




Selain itu, kemudahan dalam hal editing, menjadikan jenis file ini pilihan utama ketika akan mengkonversi file dokumen yang hendak dikirim.

Kendati demikian, karena tidak adanya batasan untuk menambah gambar dalam format file ini, maka tak heran file PDF bisa punya ukuran yang sangat besar karena ada begitu banyaknya file pendukung didalamnya, terutama file foto atau gambar.

Baca Juga :  Cara Menghapus Semua Status FB, Mudah dan Cepat

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini tim redaksi recode.ID akan membaginkan tips bagaimana cara mengkompress atau mengecilkan file PDF yang berukuran besar menjadi lebih kecil tanpa harus mengorbankan kualitas atau resolusinya.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Menariknya, untuk melakukan semua ini kita tak butuh software tambahan yang belum tentu kita bisa gunakan dengan baik.

Karena, saat ini sudah banyak tersedia tool online berbasis website yang bisa digunakan untuk mengkompress file PDF menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya hanya dalam beberapa kali klik saja.

Anda hanya cukup menyediakan perangkat yang sudah terkoneksi dengan internet dan Anda bisa langsung mengkompress file PDF milik Anda.

Berikut adalah rekomendasi tools online untuk mengecilkan ukuran file dalam format PDF:

  • PDF Compressor

Aplikasi online pertama yang redaksi sarankan adalah website PDF Compressor yang bisa Anda akses di website mereka https://pdfcompressor.com/.

Tools berbasis website ini bisa Anda gunakan secara gratis, untuk mengecilkan ukuran file PDF milik Anda. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, cukup kunjungi website di atas dan upload file PDF ada pada menu yang disediakan, selajutnya tinggal kompress file anda.

Baca Juga :  Kamera Laptop Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya

Nantinya secara otomatis sistem akan mengecilkan file dokumen tanpa merusak atau mengurangi kualitas dari file itu sendiri.

Namun sayangnya, tools online hanya dibatasi untuk mengkompess file hanya di ukuran maksimal 1,5 GB saja.

  • Small PDF

Tools online yang satu ini cukup populer di kalanngan pengguna file PDF, karena memiliki beragam fungsi yang cukup membantu penggunanya.

Mulai dari mengkonversi PDF ke JPG, PDF ke Word dan juga berguna untuk mengecilkan ukuran file PDF itu sendiri.

Silahkan kunjungi websitenya yang beralamat di https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf untuk mengkompress ukuran file PDF anda tanpa merusak atau mengurangi kualitasnya.

  • ILove PDF

Berikutnya, tools yang redaksi rekomendasikan untuk mengecilkan ukuran file PDF adalah tools yang disediakan oleh website yang beralamat di https://www.ilovepdf.com/compress_pdf.

Dengan menggunakan layanan dari website Ilove PDF ini, kalian bisa dengan mudah meresize atau merubah ukuran file PDF menjadi lebih kecil dari yang seharusnya tanpa harus mengorbankan kualitas dari file PDF itu sendiri.

Baca Juga :  Gunakan Trik Ini Di Browser Google Chrome, Di Jamin Bikin Kuota Data Lebih Hemat

Sebenarnya ada beberapa tools online lain yang bisa digunakan untuk keperluan mengecilkan file PDF ini, namun redaksi hanya membahas tiga saja karena ketiga platform tersebut adalah yang paling populer dan paling banyak di gunakan sehingga tidak perlu lagi diragukan kualitasnya.

Silahkan pilih satu diantaranya, apakah Small PDF, PDF Compressor atau ILove PDF untuk kalian gunakan. Berikan komentar kalian mana yang terbaik dan paling mudah digunakan dari ketiganya.

Atau kalian punya rekomendasi tools online untuk mengecilkan ukuran file PDF lain yang sering kalian gunakan? silahkan kirim ulasannya agar bisa kali tampilkan dalam artikel ini.

Pos terkait