Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Samsung

  • Whatsapp
Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Samsung

recode.ID – Untuk kalian pengguna Hp Samsung yang secara tidak sengaja menghapus foto-foto yang ada digalery smartphone jangan panik dulu, kalian masih bisa kok menyelamatkan foto-foto tersebut. Bahkan, untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di hp samsung tersebut bisa dilakukan dengan mudah.

Kejadian terhapusnya file atau foto secara tidak sengaja memang kerap di alami oleh banyak pengguna, tak hanya user ponsel Samsung saja.

Bacaan Lainnya

Tapi pada kesempatan kali ini, redaksi recode.ID akan secara khusus membahas mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus yang tidak sengaja untuk pengguna ponsel Samsung.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Samsung

Sebelum beranjak pada cara recovery file foto yang terhapus, perlu diketahui bahwa perangkat Samsung dibekali dengan fitur system back up di dalam ponsel besutannya.

Hal ini memungkinkan, file atau foto yang terhapus tersebut belum benar-benar terhapus atau dengan kata lain foto tersebut masih tersimpan dalam sistem.

Ini mirip dengan fitur Recycle Bin yang ada di komputer Windows, dimana file atau foto yang terhapus akan disimpan di folder tersebut sebelum benar-benar terhapus.

Selama memori ponsel belum berubah karena ditimpa dengan file atau foto yang lainnya atau ter-setting kembali ke pengaturan awal.

Namun, untuk proses mengembalikan file atau foto yang telah terhapus terhapus diperlukan aplikasi atau software tambahan yang tentu saja kompatibel dengan ponsel Samsung milik Anda.

1. Menggunakan Software Samsung Data Recovery

Program ini cukup populer karena memiliki kemampuan untuk mengambalikan foto yang terhapus di ponsel Samsung. Bahkan, tak hanya foto saja beberapa tipe file lain juga bisa di kembalikan dengan mudah dengan bantuan software ini.

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Pertama silahkan download lebih dahulu software Samsung Data Recovery ini lalu silahkan install dan jalankan program tersebut di perangkat komputer atau laptop Anda.
  • Selanjutnya, silahkan hubungkan perangkat ponsel Samsung yang terdapat file foto yang akan dikembalikan ke computer menggunakan kabel USB. Pastikan unutk mengaktifkan USB Debugging pada perangkat ponsel Samsung
  • Kemudian, ikuti petunjuk yang ada untuk memilih tipe file yang akan di pindai.
  • Apabila ponsel Samsung milik Anda telah dirooting sebelumnya, maka proses pemindaian ini bisa dilakukan secara otomatis.
  • Akan tetapi jika perangkat belum di root, maka anda akan dihadapkan dalam dua opsi, yakni untuk melakukan rooting perangkat terlebih dahulu atau tetap melanjutkan pemindaian namun data yang ditampilkan tidak lengkap.
  • Selanjutnya, jika adan sudah memutuskan untuk memilih opsi yang disebutkan diatas kemudian silahkan pilih tombol “Izinkan”. Nantinya program dapat melakukan pemindaian dan menganalisis file yang dipilih.
  • Setelah beberapa saat, nanti akan muncul file atau foto anda yang terhapus sebelumnya. Selanjutnya, silahkan pilih foto mana yang akan dikembalikan, lalu klik tombol “Pulihkan”
  • Maka secara otomatis file atau foto yang terhapus tersebut akan direcovery atau dipulihkan dan tersimpan di laptop atau komputer Anda.
Baca Juga :  Tips Amankan Akun WhatsApp Dari Peretasan Yang Sedang Marak

2. Menggunakan Software EaseUS Mobi Saver

Untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di hp samsung berikutnya bisa kalian Anda lakukan dengan menggunkan bantuan software atau program komputer bernama EaseUS Mobi Saver.

Program ini juga cukup populer karena cukup mudah digunakan dan tak perlu melakukan rooting pada perangkat Samsung.

Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti panduan berikut:

  • Pertama-tama silahkan download lebih dahulu aplikasi EaseUS Mobi Saver lalu install dan jalalankan pada perangkat PC atau laptop Anda.
  • Selanjutnya, sambungkan ke perangkat ponsel Samsung menggunakan kabel USB, lalu klik “Mulai”.
  • Nantinya software ini akan secara otomastis melakukan pemindaian terhadap file-file di ponsel Samsung Anda yang terhapus.
  • Setelah proses pemindaian selanjutnya silahkan selesai klik “Galeri”
  • Kemudian pilih file foto mana yang akan dipulihkan,  pastikan kotak disebelah foto telah tercentang
  • Selanjutnya silahkan klik “Pulihkan” lalu pilih perangkat penyimpanan untuk memulihkan file dimaksud
  • Kemudian akhiri dengan Klik OK dan tunggu hingga file selesai dipulihkan.
Baca Juga :  #4 Tips Melacak Nomer Ponsel Yang Hilang Dengan Cepat

3. Menggunakan Program Phone Rescue

Berikutnya Anda bisa menggunakan bantuan program bernama Phone Recue. Ini merupakan program yang cukup menarik karena memiliki fitur yang cukup lengkap.

Dimana, tak hanya file foto saja yang bisa dipulihkan namun juga mampu memulihkan lebih dari 25 jenis file yang berbeda dengan sangat mudah.

Untuk prosesnya, silahkan ikuti panduan berikut ini:

  • Pertama silahkan lebih dahulu download aplikasi Phone Rescue kemudian install dan jalankan pada perangkat komputer atau laptop Anda.
  • kemudian, sambungkan perangkat Samsung milik Anda dengan menggunakan kabel USB ke komputer
  • Selanjutnya, silahkan pilih file yang ingin dipulihkan, lalu klik kanan untuk memulai pemindaian file
  • Setelah proses pemindaian selesai, maka semua file yang telah terhapus sebelumnya akan muncul di layar komputer Anda
  • Selanjutnya, silahkan pilih file atau foto mana yang ingin dipulihkan, lalu klik tombol di sudut kanan untuk menyimpannya kembali.

4. Menggunakan Aplikasi Disk Digger

Selanjtnya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang bernama Disk Digger untuk proses mengembalikan file atau foto yang terhapus di perangkat Anda.

Tak hanya pada ponsel Samssung saja, tapi aplikasi ini jug abisa digunkan di berbagai merek ponsel lainnya. Menariknya, aplikasi ini juga bisa digunakan pada hard drive, kartu memori ataupun USB.

Untuk cara memulihkan foto terhapus di perangkat Samsung menggunakan aplikasi Disk Digger ini, silahkan ikuti panduan berikut ini:

  • Pertama dan harus Anda ingat adalah, proses mengembalikan file terhapus dengan aplikasi ini mengharuskan Anda untuk melakukan root pada perangkat.
  • Jika Anda paham akan resiko dan konsekuensi dari proses rooting silahkan lanjutkan. Jika ragu-ragu maka sebaiknya lakukan dengan cara yang lainnya
  • Jika Anda sudah melakukan root perangkat, silahkan Unduh dan install aplikasi Disk Digger ini di perangkat Anda lalu jalankan.
  • Selanjutnya, pilih “Ijinkan” agar aplikasi ini dapat mengakses root dan pilih opsi tidak jika aplikasi meminta untuk otomatis mengupdate
  • Kemudian, cari dan temukan foto akan dikembalikan dalam folder, lalu klik “OK”
  • Nantinya, aplikasi ini akan memindai file dimaksud lalu kemudian klik di “File” dan pilih “Save” untuk memulihkan file foto yang telah terhapus tersebut.
Baca Juga :  iPhone Anda Bermasalah ?, Coba 5 Tips Ini Untuk Mengatasinya

5. Menggunakan Aplikasi Samsung Cloud Back Up

Cara terakhir untuk memulihkan foto terhapus dari perangkat Samsung adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Samsung Cloud Back Up.

Namun, untuk bisa mengembalikan foto terhapus dengan aplikasi ini syarat utamanya adalah ponsel anda sinkron atau terhubung dengan layanan Samsung Cloud.

Aplikasi ini hanya bisa memulihkan satu jenis file saja, yakni hanya file foto yang sudah dicadangkan di layangan Samsung Cloud.

Nah, jika Anda merasa bahwa ponsel Anda terhubung dengan layanan Samsung Cloud, silahkan ikuti panduan berikut ini untuk dapat memulihkan foto yang terhapus di ponsel Anda:

  • Pertama silahkan buka menu pengaturan di ponsel Samsung Anda lalu kemudian pilih opsi “Account and Backup”
  • Selanjutnya, silahkan pilih menu “Back Up and Restore”
  • Kemudian klik pada opsi “Pulihkan” , lalu pilih file yang akan dipulihkan di perangkat Anda.
  • Terakhir silahkan klik pada opsi “Pulihkan Sekarang”. Nantinya file yang telah terhapus di perangkat namun masih tersimpan di dalam layanan Samsung Cloud akan dikembali ke perangkat ponsel Samsung milik Anda.

Demikian informasi mengenai beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di hp Samsung Anda. Kami sarankan Anda untuk berhati-hati dalam menginstall program serta pastikan Anda paham betul apa yang Anda lakukan.

Kami sarankan untuk proses yang memerlukan rooting perangkat, Anda sudah benar-benar paham akan konsekuensinya.

Untuk semua jenis program/software atau aplikasi yang digunakan dalam tutorial ini redaksi tidak menyediakan link downloadnya.

Anda bisa mengunduh software dimaksud dengan mencarinya di internet menggunakan kata kunci nama aplikasi atau program dimaksud.

Segala bentuk resiko yang terjadi yang diakibatkan oleh proses ini di luar tanggung jawab kami.

(ikhsan)

Pos terkait