Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop, Mudah dan Praktis

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop, Mudah dan Praktis

recode.ID – Umumnya, perangkat komputer atau laptop menggunakan koneksi WiFi ketika digunakan untuk mengakses internet dengan menggunakan password agar terkoneksi dengan router atau pemancar WiFi.

Biasanya secara otomatis password yang kita masukkan ke perangkat laptop akan tersimpan, sehingga kita tidak perlu lagi mengetikan ulang password ketika akan login ke router WiFi.

Akan tetapi, dalam beberapa kejadian ada banyak pengguna yang lupa dengan password yang sudah dimasukan tersebut.

Sehingga ini akan jadi masalah yang cukup menyebalkan ketika kita ingin login WiFi dengan perangkat baru yang berbeda namun kita lupa dengan password yang digunkan.

Untungnya, ada trik mudah bagaimana cara mengetahui password WiFi di laptop yang terlupa tersebut. Penasaran bagaimana triknya? silahkan simak ulasan redaksi berikut in untuk informasi lebih lanjut.

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop

Yuk Cari Tahu Penyebab Koneksi Wi-Fi Anda Melambat

Ada beberapa cara atau metode yang bisa digunakan untuk mengetahui password WiFi di perangkat laptop ketika terlupa.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kan redaksi ulas satu persatu dari metode yang dimaksud:

  • Mengetahui Password Wifi di Laptop Windows 7

Anda sebagai pengguna laptop windows 7, mengetahui password yang lupa cukup mudah. Pertama pastikan laptop Anda terhubung dengan jaringan wifi.

Selanjutnya, klik dibagian icon wifi yang terletak di bagian bawah toolbars.

Berikutnya, silahkan klik kanan di bagian wifi yang terhubung lalu pilih properties. Setelah menampilkan properties, akan muncul tampilan wireless network properties dan pilih security.

Pada bagian tersebut, untuk melihat sandi wifi, klik show characters dan layar akan menampilkan network security key.

  • Cara Mengetahui Password Wifi dengan Metode CMD

Cara melihat password wifi ini bisa Anda lakukan untuk mengecek di laptop dengan sistem operasi windows. Di laptop dengan OS windows terdapat program bernama CMD yang bisa digunakan untuk menjalankan instruksi yang Anda berikan.

Untuk menggunakan CMD ini, pertama, Anda harus memencet tombol start, lalu pilih run. Cara mudah untuk menampilkan run ini juga bisa dengan menekan tombol windows di keyboard bersamaan dengan R.

Ketika berhasil, maka akan muncul tampilan kotak hitam di layar laptop Anda.

Anda perlu menginputkan “netsh wlan show profiles” dan enter untuk menampilkan nama wifi yang pernah terhubung di laptop. Carilah nama wifi yang ingin Anda ketahui passwordnya.

Langkah berikutnya dalam cara mengetahui password wifi di laptop ini adalah inputkan lagi seperti di awal dan tambahkan “nama wifi”key=clear.

Dengan begitu, sandi wifi yang ingin Anda gunakan akan muncul di bagian security setting key content.

  • Mengetahui Password Wifi di Laptop Mac

Bawaan sistem operasi di laptop Windows dan Mac tentu saja berbeda. Hal ini yang menyebabkan pengecekan password wifi di laptop Mac berbeda.

Anda pengguna laptop Mac untuk mengecek password wifi, maka perlu menemukan Finder dan pilih Go pada Drop Down.

Setelah berhasil menemukan, selanjutnya Anda harus memilih bagian Utilities. Di bagian tersebut lakukan double klik pada Keychain Acces untuk menemukan nama jaringan yang ingin Anda ketahui.

Berikutnya, di menu Attributes pilih Show Password dan klik izinkan untuk menampilkan password wifi sesuai nama jaringan.

  • Mengetahui Password Wifi dengan IP Address

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengecek password bisa dengan login di IP Addres. Saat melakukan cara ini, Anda perlu tersambung dengan wifi yang ingin diketahui passwordnya.

Selain itu, Anda juga harus tau user dan password untuk aksesnya.

Setelah berhasil login, Anda tinggal mencari bagian security di internet setup, lalu pilih show untuk melihat sandinya.

Setiap router mempunyai IP Address yang bisa saja berbeda, jadi agar cara ini berhasil pastikan Anda tahu alamat IP nya.

  • Mengetahui Password Wifi Melalui Router

Selain mengeceknya secara langsung di laptop yang Anda gunakan, cara mengetahui password wifi di laptop ataupun di ponsel bisa di routernya langsung.

Cara ini dapat dipakai saat Anda belum pernah mengganti sandi wifi dan pihak penyedia menuliskan passwordnya di router tersebut.

Cara ini mudah sekali dilakukan, dengan catatan belum pernah reset password dan ada informasi yang diberikan di bagian belakang router wifi terpasang pada rumah Anda.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui lupa password di laptop Anda. Jika dari beberapa cara di atas tidak berhasil, maka Anda bisa melakukan reset router wifi.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait