Begini Cara Mengetik dengan Suara di Google Docs

Begini Cara Mengetik dengan Suara di Google Docs

recode.ID – Google, sebagai salah satu raksasa teknologi dunia menghadirkan beragam layanan untuk membantu mempermudah para penggunanya. Salah satunya adalah layanan Google Docs, dimana salah satu fitur yang cukup keren dan sangat berguna adalah fitur mengetik dengan suara.

Sejatinya, Google Docs sendiri adalah layanan berbasis online milik Google yang berfungsi sebagai aplikasi pengolah teks atau dokumen, layaknya Microsft Word.

Dibekali dengan beragam fitur menarik, salah satu yang jarang diketahui oleh penggunanya adalah fitur bernama Voice typing atau mengetik dengan suara.

Jadi dengan menggunakan fitur ini kalian tidak perlu capek-capek mengetik dengan jari, cukup ucapakn saja apa yang ada dalam fikiran kalian maka secara otomatis sistem di layanan Google Dics akan mengkonversi suara kalian menjadi teks.

Cukup menarik untuk dicoba bukan?

Cara Mengetik dengan Suara di Google Docs

Begini Cara Mengetik dengan Suara di Google Docs

Fitur Voice Typing di Google Docs ini berbasis pada teknologi yang bernama voice recognition. Dimana, teknologi voice recognition ini merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan mesin atau komputer untuk mengenali ujaran lisan dan menerjemahkannya dan bentuk teks atau tulisan.

Tentu dengan hadirnya teknolofi seperti sangat memudahkan untuk penggunaan sehari-hari. Misal kalian sedang malas mengettik ketika menggunakan fitur voice typing di layanan Google Docs kalian tetap bisa produktif mengetik hanya dengan berbicara saja.

Nah, jika kalian tertarik untuk menggunakan fitur yang satu ini, untuk cara mengaktifkan fitur ini pun sangat inipun sebenarnya sangat mudah.

Namun mengingat masih banyaknya pengguna yang belum memahaminya, maka pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID akan memberikan tips begaimana cara mengetik dengan suara di Google Docs dengan fitur Voice typing.

  • Pertama, silahkan kalian buka layanan Google Docs.
  • Setelah masuk, kalian klik pada menu Format.
  • Kemudian kalian cari menu Voice typing.
  • Nantinya dilayar akan akan muncul kotak dialog dengan ikon microfon
  • Secara¬†default, untuk setelan bahasa di fitur voice typing ini adalah bahasa Inggris.
  • Jika kalian ingin mengetik dengan suara bahasa Indonesia, silahkan ubah pengaturan bahasa ke bahasa Indonesia dengan cara klik pada tanda panah ke bawah di sebelah English US.
  • Kemudian kalian cari opsi bahasa Indonesia.
  • Setelah itu, klik pada ikon mikrofon di kotak dialog itu dan mulai berbicara.
  • Pastikan kalian melafalkan kata perkata dengan cukup jelas agar sistem bisa mengenali suara kalian dengan baik.

Satu lagi catatan untuk kalian yang ingin menggunakan fitur ini, usahakan kalian berada dalam ruangan yang cukup senyap agar suara yang ditangkap oleh sistem Google Docs bisa terdengar dengan jernih.

Sehingga hasil teks atau tulisan yang dihasilkan akan sempurna dan nantinya kalian tidak terlalu banyak melakukan edit kata.

Demikian informasi mengenai tips atau cara mengetik dengan suara di Google Docs lewat fitut voice typing. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait