Begini Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Docs

  • Whatsapp
Begini Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Docs

recode.ID – Beberapa pengembang aplikasi kini mulai menerapkan fitur dark mode atau mode gelap di beberapa aplikasi besutan mereka, termasuk aplikasi pembaca dokumen besutan raksasa teknologi dunia, yakni Google Docs

Salah satu alasan mengapa fitur ini hadir karena dinilai lebih ramah di mata pengguna, dan tentu saja keunggulannya dalam menghemat baterai smartphone dalam jumlah yang signifikan untuk mereka yang menggunakan perangkat dengan layar OLED.

Bacaan Lainnya

Dengan alasan itu mengapa kini banyak aplikasi-aplikasi melakukan update terbaru dengan menyertakan Smenyertakan fitur dark mode untuk mereduksi tingkat kecerahan cahaya di ponsel sehingga mata tidak cepat lelah.

Baca Juga :  Cara Membedakan Charger Xiaomi Asli atau Palsu

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Docs

Seakan tak mau ketinggalan, setelah fitur mode gelap ini hadir diberbagai aplikasi besutan mereka, pihak Google akhirnya juga memboyong fitur ini untuk aplikasi pembaca dokumen Google Docs.

Dengan hadirnya fitur yang satu ini, tentu akan lebih sehat di mata para pengguna yang menggunakan aplikasi Google Docs ini.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna aplikasi pembaca dokumen ini, berikut cara mengaktifkan fitur dark mode di Google Docs:

  1. Pertama, silahkan update lebih dahulu aplikasi Google Docs yang ada di smartphone yang Anda gunakan.
  2. Jika aplikasi sudah berhasil di perbaharui, langkah selanjutnya, adalah tap pada pilihan menu berlogo garis tiga di sudut kiri atas.
  3. Kemudian, masuk ke ‘Pengaturan’.
  4. Setelah terlihat berbagai opsi, pilih menu ‘Tema’.
  5. Nantinya akan muncul tiga pilihan yakni Gelap, Terang, dan Default sistem
  6. Slahkan pilih opsi Gelap untuk menggunakan fitur dark mode.
  7. Kini Aplikasi Google Docs Anda sudah berubah dengan latar hitam.
Baca Juga :  Kenapa Aplikasi Zoom Tidak Ada Suara, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Langkah-langkah yang sudah redaksi jelaskan diatas akan merubah tampilan dokumen menjadi dominan hitam dengan huruf berwarna putih, sehingga selain lebih ramah di mata juga akan menghemat penggunaan daya baterai smartphone.

Namun perlu diingat, jika smartphone yang kalian gunakan sudah menerapkan fitur dark mode, maka fitur ini juga akan secara otomatis aktif atau menyala di sejumlah aplikasi, termasuk Google Docs, Sheets, dan Slide, atau beberapa aplikasi lainya yang mendukung.

Pos terkait