Beberapa Cara Menggunakan 2 Akun WA di 1 Hp

Beberapa Cara Menggunakan 2 Akun WA di 1 Hp

recode.ID – Idealnya, satu perangkat smartphone hanya di gunakan untuk 1 akun WhatsApp. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, pengguna bisa menggunakan 2 akun WA dalam 1 Hp.

Ini tentu sangat berguna bagi Anda yang memiliki usaha yang  butuh kontak WA untuk komunikasi dengan pelanggan/konsumen, serta untuk membedakan mana akun untuk usaha/bisnis dan mana akun pribadi.

Jika Anda tertarik juga untuk melakukan hal ini, berikut adalah beberapa cara menggunakan 2 akun WA di 1 HP yang bisa Anda coba.

Cara Menggunakan 2 Akun WA di 1 Hp

Video WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri, Begini Mengatasinya

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk proses ini. Berikut akan redaksi ulas satu persatu metode-metode tersebut:

  • Menggunakan Aplikasi Parallel Space

Beberapa HP Android memiliki aplikasi bawaan yang dapat Anda gunakan sebagai ruang paralel untuk mengoperasikan aplikasi.

Aplikasi bawaan tersebut di antaranya adalah dual messenger untuk HP Samsung, serta App Twin untuk merek Android Honor, Asus, dan Huawei.

Juga ada Dual Apps untuk HP Xiaomi, serta Clone Apps atau App Clone untuk HP merek Oppo dan Vivo. Apabila HP Anda tidak termasuk merek-merek yang telah disebutkan, ada alternatif yang lain.

Anda bisa mengunduh dan memasang aplikasi Parallel Space dari Google Play Store.

Aplikasi ini menggunakan metode duplikasi atau kloning WhatsApp. Anda dapat menggunakan dua akun WA dalam satu HP yang sama. Selain akun WhatsApp, Anda juga bisa mengkloning akun untuk media sosial lainnya.

  • Memanfaatkan Fitur Multi Device

Fitur multi device adalah fitur baru yang dapat digunakan oleh para pengguna dua akun dalam satu hp. Metode ini melibatkan peramban seperti aplikasi bawaan maupun Google Chrome.

Hal ini bisa dilakukan setelah Anda melakukan Log in WA di Hp lain.

Selain itu, untuk menggunakan fitur multi device ini akun Anda juga harus bergabung dengan program Beta. Cara untuk menggunakan 1 Hp untuk 2 akun WA adalah dengan membuka web.whatsapp.com di browser.

Kemudian, tekan ikon titik tiga vertikal di bagian pojok kanan atas, atau Desktop site. Lalu berikutnya adalah membuka aplikasi WA di HP yang lain. Tekan ikon titik tiga vertikal dan pilih Linked Devices.

Pemilihan tersebut bertujuan untuk mendaftarkan perangkat. Anda bisa menggunakan Fingerprint, PIN, atau Face Recognition untuk verifikasi.

Tahap yang terakhir adalah mengarahkan kamera HP lain ke layar HP satunya untuk memindai kode QR. Dengan cara ini, Anda sudah bisa menggunakan 1 Hp untuk 2 akun WA secara bersamaan.

  • Menggunakan Akun WhatsApp Bisnis

Cara yang bisa Anda coba untuk memiliki dua akun WA di HP yang sama adalah dengan menggunakan akun bisnis.

Cara ini sangat cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis online dan tidak ingin mencampur adukan dengan WA pribadi.

Pengguna WA Business ini dapat memanfaatkan satu HPnya saja untuk memiliki dua akun WA yang berbeda dalam Android yang sama.

Penggunaan WA Bisnis termasuk cara yang aman bagi pengguna iOS atau Android yang ingin menggunakan 2 nomor telepon untuk akun WA yang berbeda.

Hal yang harus Anda lakukan adalah mengunduhnya dari Google Play Store dan pasang pada Android. Lalu, ikuti alur seperti pendaftaran akun hingga tahap verifikasi.

  • Menggunakan Aplikasi App Cloner

App cloner juga termasuk sebagai aplikasi bawaan untuk beberapa merek Android. Cara untuk menggunakannya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan atau Setting.

Kemudian, pilih Aplikasi WhatsApp dan aktifkan fitur Create App Clone. Setelah itu, Anda bisa masuk ke aplikasi tersebut dan daftarkan nomor lain untuk akun WhatsApp yang baru.

Ada sedikit catatan, bahwa pemakaian dengan nomor yang sama, semua progress otomatis berpindah ke aplikasi kedua.

Demikian informasi dari redaksi mengenai bagaimana cara menggunakan 2 akun WA di 1 HP yang dapat Anda coba praktekkan dan sesuaikan dengan jenis HP beserta aplikasi bawaannya.

Semoga informasi yang redaksi sajikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait