Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp Covid19.go.id

Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp Covid19.go.id

recode.ID – Guna memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi yang valid tentang penyebaran virus corona, maka pemerintah melalui Kominfo bekerja sama dengan Facebook dan Telkom Group mengembangkan chatbot WhatsApp bernama covid19.go.id.

Dengan adanya bot informasi yang bisa di akses lewat platform WhatsApp ini, masyarakat bisa dengan mudah mengakses dan mengetahui informasi terkini terkait penyebaran virus corona.

Bacaan Lainnya

Mulai dari informasi apa itu virus corona, pencegahan dan cara melindungi diri sendiri serta hal-hal lain yang berkaitan dengan covid-19 bisa diketahui dengan mudah dan cepat.

Baca Juga :  Ada Obat Virus Corona yang dijual dilapak Tokopedia

Pastinya semua informasi yang ada dalam chatbot WhatsApp covid19.go.id ini bisa dipertanggung jawabkan karena merupakan informasi resmi dari pemerintah.

Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp Covid19.go.id

Nah, untuk anda yang ingin memanfaatkan aplikasi whatsapp anda untuk memperoleh informasi terkait penyebaran covid-19 ini, berikut adalah cara dan langkah-langkah penggunaannya:

  • Langkah pertama, pastikan ada sudah menyimpan nomor 081-13-339-9000 di kontak pertemanan WA anda, atau anda bisa dengan mudah mengakses tautan ini untuk menambahkan nomor kontak tersebut.
  • Setelah anda menyimpan nomor kontak tersebut, silahkan chat nomor tersebut dengan mengetik chat “Halo” atau “Selamat Pagi” untuk mendapat respon balik dari chatbot covid19.go.id tersebut.

  • Nantinya, secara otomatis chatbot tersebut akan memberikan balasan pesan awal yang akan mengarahkan pengguna untuk memberikan perintah berdasarkan huruf untuk mengetahui informasi terkini soal wabah Covid-19.
Baca Juga :  Virus Corona Bisa Menempel dan Menular Lewat Ponsel
  • Ada sejumlah menu informasi yang bisa diakses, yakni kabar terbaru mengenai wabah virus Corona di Indonesia, cara melindungi diri dari penyebaran Covid-19, hingga rumah sakit rujukan yang tersedia.
  • Untuk mengetahui informasinya Anda bisa mengetikan huruf awalan dari menu tersebut.
  • Misal anda ingin mengetahui informasi kabar terbaru mengenai wabah virus Corona di Indonesia, silahkan ketik huruf A

  • Begitu juga dengan menu informasi lain, anda bisa memilih untuk mengetik huruf A-G dari chatbot covid19.go.id tersebut, yang nantinya sistem akan secara otomatis memberikan informasi berdasarkan jenis pertanyaan yang anda ajukan.

Hadirnya layanan chatbot WhatasApp covid19.go.id ini cukup membantu masyarakat untuk memperoleh akses informasi terkait penyebaran wabah virus corona di tanah air dengan mudah dan terpercaya.

Baca Juga :  Memantau Penyebaran Virus Corona Secara Online dengan Peta Digital

Namun ingat, ini hanyalah BOT atau sistem otomatis yang akan menjawab sesuai dengan menu yang anda input atau ketikan. Bukan real human atau manusia, jadi jika anda berusaha bertanya di luar topik atau berusaha bertanya hal lain di luar menu maka sistem tidak akan membalasanya.

Anda juga bisa mengunjungi situs resmi informasi terkait virus corona ini di laman resmi milik pemeritah dialamat berikut ini untuk memperoleh informasi yang valid.

Disitus ini anda akan disajikan informasi dan fakta terbaru terkait virus ini, atau anda juga bisa bertanya seputar virus corna di menu yang sudah di sediakan pada situs tersebut jika ada hal yang belum anda pahami.

Baca Juga :  Ada Obat Virus Corona yang dijual dilapak Tokopedia

Akhir kata, tetap jaga kesehatan, terapka pola hidup sehat, hindari keramaian untuk sementara waktu dan pastikan untuk tetap berada di rumah hingga wabah ini benar-benar menghilang.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

(ikhsan)

Pos terkait