Virus Corona Bisa Menempel dan Menular Lewat Ponsel

  • Whatsapp
Virus Corona Bisa Menempel dan Menular Lewat Ponsel

recode.ID – Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap virus corona menyebutkan, jika virus yang dikenal dengan nama COVID19 ini bisa menempel dan menular lewat ponsel jika dipakai oleh pengguna yang terinfeksi.

Dalam penelitian tersebut juga dijelaskan virus corona yang menempel di ponsel dapat hidup selama dua hari hingga tiga hari di plastik dan baja.

Bacaan Lainnya

itu artinya, virus ini berpotensi menginfeksi orang lain lewat ponsel yang berpindah tangan. Tak hanya ponsel saja, semua permukaan dengan frekuensi sentuhan yang sering setiap hari, termasuk, keyboard, dan tablet juga berpotensi menularkan virus ini.

Baca Juga :  Waspada, Ada Malware yang Mendompleng Virus Corona

Dari penjelasan diatas, dapat di simpulkan jika menggunakan perangkat keyboard komputer atau meminjam ponsel atau tablet orang lain yang kemungkinan terinfeksi virus corona, maka virus tersebut dapat menular lewat benda yang dipinjam pakai tersebut.

Karena itu, guna mencegah penyebaran virus yang menempal pada permukaan ponsel sebaiknya lakukan usaha preventif dengan membersihkan benda tersebut terutama ponsel anda dari COVID19.

Cara Aman Bersihkan Ponsel dari Virus Corona

Untuk membersihkan ponsel anda dari ancaman virus ini haruslah dilakukan secara benar dan tidak asal-asalan.

Karena, jika cara membersihkannya tidak tepat selain virus tidak hilang ponsel anda juga beresiko rusak.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat membersihkan ponsel dari virus Corona adalah jangan semprotkan cairan pembersih secara langsung kepermukaan ponsel anda, apalagi mencelupkannya ke larutan pembersih.

Baca Juga :  Memantau Penyebaran Virus Corona Secara Online dengan Peta Digital

Sebagai langkah awal, mulailah dengan mematikan lebih dahulu ponsel, serta pastikan ponsel Anda tidak sedang dalam kondisi diisi ulang daya baterai.

Selanjutnya gunakan tisu Clorox atau tisu dengan kandungan alkohol 70 persen, Anda bisa mendapatkannya di apotek.

Kemudian, sebelum dipakai untuk membersihkan ponsel anda, peras lebih dulu tisu tersebut untuk mengeluarkan cairan yang berlebih .

Selanjutnya, bersihkan permuakaaan ponsel anda dengan tisue tersebut. Untuk jenis ponsel yang bisa di buka cover belakangnya, silahkan dibuka lalu cabut baterai dan bersihkan dengan sempurna dengan tisue tersebut.

Pastikan, tisue tersebut tidak terlalu basah, untuk meghindari cairan yang masuk ke celah celah ponsel milik anda.

Baca Juga :  Ada Obat Virus Corona yang dijual dilapak Tokopedia

Cara ini terbukti efektif untuk mengusir virus ini dari ponsel anda. Bahkan, pihak Apple pun memberikan pedoman atau cara membersihkan iPhone dan perangkat Apple lainnya.

Perusahaan Apple merekomendasikan kepada para pengguna gadget buatan mereka untuk menggunakan tisu beralkohol guna membersihkan iPhone milik mereka sebagai upaya untuk menghambat penyebaran virus corona.

“Menggunakan 70 persen isopropil alkohol atau Clorox Disinfecting Wipes, Anda dapat secara lembut menghapus permukaan keras dan tidak keropos di produk Apple, seperti layar dan keyboard,” jelas pihak Apple yang redaksi lansir dari situs resmi mereka.

Sekali lagi, tak bosan-bosan redaksi menghimbau kepada pembaca setia recode.ID untuk tetap menjaga kesehatan, menerpakan pola hidup sehat serta jauhi keramaian untuk sementara waktu.

Mari kita doakan bersama agar ancaman virus corona ini bisa segera berlalu.

(azzahra)

Pos terkait