Cara Menggunakan Fitur View Once di WhatsApp

recode.ID – Pihak WhatsApp diketahui baru saja merilis fitur baru bernama View Once pada aplikasi mereka. Hadirnya fitur ini di harapkan akan lebih menjaga privasi para penggunanya.

Pasalnya, ketika pengguna mengirim pesan berisi konten yang sifatnya sensitif atau pribadi kepada pengguna lainnya maka nantinya pesan tersebut akan secara otomatis terhapus tanpa ada ada bisa di save media yang ada didalamnya.

Fitur baru WhatsApp ini sendiri sudah bisa digunakan oleh semua pengguna aplikasi WhatsApp, baik untuk pengguna Android maupun pengguna iOS.

Jika kalian ingin mencoba menggunakan fitur View Once atau sekali lihat ini, berikut akan redaksi jelaskan langkah-langkah menggunakan fitur ini. Silahkan dibaca dan dipahami artikel ini hingga akhir.

Cara Menggunakan Fitur View Once di WhatsApp

Untuk cara mengirim foto atau video memanfaatkan fitur sekali lihat/View Once di WhatsApp ini sebenarnya cukup mudah.

Mengutip penjelasan resmi pihak WhatsApp, berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan fitur tersebut:

    1. Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp kalian lalu pilih kontak yang akan di kirimin gambar/video.
    2. Selanjutnya, silahkan pilih gambar yang hendak dikirimkan
    3. Kemudia, sebelum mengirim foto atau video, tekan ikon angka “1” yang terbingkai lingkaran yang berada di bawak kiri layar di samping tombol kirim.
    4. Klik ikon tersebut sampai muncul pop up berbunyi “Photo set to view once” (foto diatur sekali lihat).
    5. Kemudian kirim foto atau video tersebut.
    6. Ketika media yang dikirim tersebut sudah diterima oleh yang bersangkutan akan muncul keterangan bahwa foto atau video yang diterima, diatur menggunakan fitur “View once”. Namun, kemungkinan keterangan itu akan muncul di awal saja.
    7. Setelah foto atau video dibuka, akan muncul keterangan “opened” (dibuka) dengan centang ganda bewarna biru, menandakan file telah dilihat dan tidak akan bisa dibuka lagi.
    8. Perlu diingat meski kalian telah menonaktifkan tanda centang biru “telah dilihat” di WhatsApp, namun untuk foto atau video yang dikirim menggunakan fitur “sekali lihat” ini tetap akan muncul dengan centang ganda bewarna biru jika pesan telah dibuka.

Sekedar catatan, meski nantinya foto yang dikirim dengan fitur ini akan secara otomatis terhapus dan tidak bisa disimpan digaleri penerima, namun pengguna masih bisa mengakalinya untuk menyimpan foto tersebut dengan cara di screenshoot.

Demikian informasi mengenai cara menggunakan fitur View Once di WhatsApp untuk kalian yang ingin kiriman media kalian bisa lebih privasi ketika dikirim.

Selamat mencoba.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait