Cara Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung Biar Aman

Cara Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung Biar Aman

recode.ID – Aplikasi perpesanan WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang bersifat pribadi sehingga hanya pemilik akun saja yang boleh melihatnya. Agar tidak bisa dilihat oleh orang lain, begini cara mengunci aplikasi WA di hp Samsung.

Salah satu alasan kenapa pengguna perlu mengunci aplikasi perpesanan WhatsApp karena dalam aplikasi ini terkadang pengguna menyimpan riwayat chat yang sifatnya rahasia, entah masalah pekerjaan, ataupun yang lainnya.

Sehingga untuk menjaga kerahasiannya, selain mengunci perangkat agar lebih aman lagi perlu juga mengunci aplikasi yang digunakan sehingga lebih terjamin keamanannya.

Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini redaksi sudah menyiapkan artikel yang akan membahas bagaimana cara mengunci aplikasi WA di hp Samsung yang bisa Anda detail penjelasannya dibawah ini.

Cara Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung

Ada dua metode mudah yang bisa dilakukan untuk proses mengunci apliksi WhatsApp ini di perangkat pengguna.

Bisa menggunakan aplikasi atau bisa juga memanfaatkan fitur bawaan yang sudah di sediakan oleh pihak pengembang WhatsAPp iru sendiri.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini detail dari masing-masing metode adalah mengunci aplikasi WhatsApp yang bisa Anda simak dan praktekkan pada lanjutan artikel dibawah ini.

1. Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung Dengan Fitur Bawaan

Mengingat pentingnya privasi pengguna, pihak pengembang aplikasi WhatsApp sebenarnya sudah membekali aplikasi buatan mereka dnegan fitur untuk mengunci aplikasi.

Dengan adanya fitur ini, maka pengguna tidka perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk proses mengamankan isi aplikasi denga menguncinya.

Berikut penjelasan langkah-langkah mengunci aplikasi dengan fitur bawaan WhatsApp:

  • Langkah pertama, silahkan Anda buka Aplikasi Whatsapp pada Hp Samsung yang Anda gunakan
  • Selanjutnya, silahkan masuk ke Menu Setelan.
  • Kemudian lanjut dengan memilih menu Privasi.
  • Scroll kebawah, temukan dan pilih menu Kunci Sidik Jari.
  • Kemudian klik pada menu opsi sidik jari.
  • Selanjutnya, lakukan Registrasi┬ásampai dengan selesai.
  • Nantinya, setiap kali pengguna akan membuka aplikasi Whatsapp harus membukanya dengan menggunakan sidik jari terlebih dahulu

Cara ini lebih simpel dan mudah diterapkan karena tidak butuh aplikasi tambahan apapun untuk di install di perangkat pengguna.

Hanya saja cara ini memiliki kekurangan, yakni hanya bisa menggunakan tipe pengunci sidik jari saja tidak bisa menggunakan pola ataupun PIN/Password.

Jika Anda adalah tipe pengguna yang tidak suka dengan fitur pengunci sidik jari, maka bisa ikuti metode kedua untuk cara mengunci aplikasi WA di Hp Samsung dengan menggunakan aplikasi tambahan.

2. Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung Dengan Aplikasi Tambahan

Untuk metode kedua dalam mengunci aplikasi WhatsApp di Hp Samsung, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi pengunci pihak ketiga untuk di install di perangkat pengguna.

Disini redaksi merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi bernama AppLock. Dengan bantuan aplikasi ini pengguna bisa memilih beberapa jenis pengunci, mulai sidik jari, Pola, PIN atau Password.

Aplikasi ini cukup populer dikalangan pengguna karena sudah diunduh lebih dari 100 juta kali unduhan di layaan Play Store yang membuktikan jika aplikasi ini memang cukup manjur dalam mengunci sebuah aplikasi, termasuk WhatsApp.

Untuk cara menggunakan aplikasi ini, berikut langkah-langkagnya:

  • Pertama silahkan unduh lebih dahulu aplikasinya di Google Play Store
  • Setelah aplikasi berhasil dipasang, selanjutnya buka atau jalankan aplikasi AppLock
  • Nanti pengguna akan diminta untuk membuat pola untuk pembuka kunci
  • Selanjutnya, setujui kebijakan layanan dari Applock
  • Kemudian pengguna akan dibawa masuk kehalaman utama aplikasi AppLock
  • Selanjutnya pilih nama aplikasi yang akan di kunci, yaitu WhatsApp
  • Untuk mengunci aplikasinya, tekan icon gembok
  • Pengguna diminta untuk memberikan izi aplikasi, tekan tombol Izinkan yang muncul, lalu pilih akses penggunaan Applock, dan geser Togle Izinkan Akses Penggunaan
  • Kini aplikasi WhatsApp Anda sudah terkunci dan lebih aman

Demikian informasi dari redaksi mengenai dua cara mengunci aplikasi WA di Hp Samsung yang bisa Anda pilih salah satunya untuk diterapkan pada perangkat yang Anda gunakan.

Semoga informasi yang redaksi berikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda, selamat mancoba dan smeoga berhasil.

Pos terkait