Cara Merubah Format Video dengan Mudah dan Cepat

Cara Merubah Format Video dengan Mudah dan Cepat

recode.ID – Pernahkah kalian mengunduh sebuah file video, namun tidak bisa diputar di perangkat Android yang kalian gunakan karena format videonya tidak didukung oleh perangkat? Jika pernah, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan merubah format video tersebut.

Hal ini sering terjadi ketika kita mengunduh file video , entah itu film, klip lagu atau video lain namun format videonya menggunakan format yang tidak dikenali secara umum oleh perangkat kita, terutama perangkat berbasis Android.

Beberapa format video yang memerlukan aplikasi khusus untuk bisa di putar di Android misalnya, Avi, FLV, dan WMV.  Ketika kalian ingin memutar file video tersebut di player bawaan Android dipastikan tidak bisa muncul gambar videonya.

[irp posts=”7340″ name=”Cara Mengubah Foto Buram Menjadi Jernih Kualitas HD”]

Seperti yang sudah redaksi singgung di awal, salah satu solusinya adalah dengan merubah format video tersebut menjadi format video yang umum, misalnya menjadi format video .Mp4.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut kali ini redaksi akan memberikan tips bagaimana cara merubah format video tersebut dengan mudah cepat. Silahkan disimak.

Cara Merubah Format Video

Untuk membantu proses merubah format video yang tidak bisa diputar di perangkat yang kalian gunakan, kali ini redaksi menggukan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Tapi tenang, aplikais ini tidak harus kalian unduh kok. Karena aplikasi ini berbasis website jadi yang kalian perluakan hanyalah koneksi internet yang cukp stabil untuk mengakses aplikasi online tersebut.

[irp posts=”7785″ name=”5 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Android Tahun Ini”]

Aplikasi yang redaksi gunakan adalah online-convert yang bisa kalian akses melalui websitenya yang beralamat di http://online-convert.com/.

tampilan aplikasi online-convert

Untuk langkah-langkah merubah format videonya, silahkan ikuti pandudan berikut ini:

  1. Pertama, silahkan buka website http://online-convert.com/ lebih dahulu.
  2. Setelah berhasil masuk ke websitenya, silahkan format video yang diinginkan.
  3. Redaksi sarankan pilih saja format video yang populer, .Mp4
  4. Kemudian silahkan klik Go setelah memilih format.
  5. Langkah berikutnya adalah, silahkan kalian upload video yang akan diconvert atau kalian rubah format videonya
  6. Selanjutnya, silahkan klik pada tombol Convert file untuk memulai mengubah format video
  7. Tunggu hingga proses convert oleh website tersebut selesai.
  8. Jika sudah selesai, kemudian silahkan download video yang telah diubah formatnya.
  9. Kini, file video tersebut dijamin langsung bisa diputar di perangkat yang sebelumnya tidak mau menjalankan file video tersebut.

Aplikasi berbasis online tersebut, selain bisa digunakan untuk merubah format file video bisa juga di gunakan berbagai keperluan lainya terkait dengan editing video sederhana.

[irp posts=”2704″ name=”Rekomendasi 5 Software Edit Video Terbaik Untuk Youtuber”]

Karena aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya seperti merubah ukuran atau size video,  change video bitrate, disable audio track, select audio codec, change frame rate. 

Kalian bisa langsung mengunjungi situs tersebut dan silahkan kulik sendiri semua fitur didalamnya. Selamat mencoba.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait