Cara Reset Jaringan Iphone, Mudah dan Praktis

iPhone 11 Turun Harga, Cek Harga Terbaru iPhone 11 Disini

recode.ID – Seperti jaringan pada Android, Iphone pun berpotensi mengalami kendala yang sama. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, terlebih saat dibutuhkan pada kondisi mendesak. Berikut ini adalah beberapa penyebab jaringan yang bermasalah serta cara reset jaringan Iphone.

Sebagaimana kita tahu, jika jaringan pada perangkat yang kita gunakan bermasalah maka ini akan berimbas pada pengalaman menggunkana perangkat Hp milik kita jadi kurang nyaman.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan jaringan yang error jadi normal kembali termasuk pada perangkat iPhone adalah dengan melakukan reset pada jaringan tersebut.

Penyebab Jaringan Iphone Tidak Ada Layanan

#4 Tips Atasi Jaringan 4G Smartphone Yang Menghilang Secara Tiba-Tiba

Sebelum mengetahui langkah-langkah mereset jaringan Iphone, ada baiknya Anda menyimak beberapa penyebab jaringannya bermasalah atau tidak ada layanan.

Dengan begitu, tindakan yang diambil bisa lebih sesuai dengan permasalahan yang muncul.

  • Sinyal Lemah

Penyebab jaringan Iphone bermasalah pertama yaitu kondisi sinyal yang lemah. Iphone tergolong smartphone yang membutuhkan sinyal kuat untuk menjalankan beberapa operasi yang membutuhkan koneksi internet.

Saat sinyal dalam kondisi lemah atau tidak stabil, maka proses transmisi data yang membutuhkan koneksi internet juga terpengaruh. Sinyal lemah dalam waktu yang cukup lama akan membuat jaringan tidak bisa digunakan, bahkan hilang.

  • Masalah pada iOS

Masalah pada iOS juga dapat menyebabkan jaringan di Iphone terganggu atau hilang dengan sendirinya.

Hal ini sering tidak disadari oleh para pemilik perangkat karena tidak adanya peringatan atau tanda-tanda fisik yang dapat dikenali oleh pengguna yang awam.

  • Masalah Jaringan Operator

Adanya perbaikan oleh pihak provider juga menjadi salah satu penyebab jaringan di Iphone bermasalah atau tidak muncul.

Anda bisa mengetahui hal ini dengan cara bertanya kepada tetangga atau teman yang menggunakan provider serupa.

  • Kartu SIM Rusak

Penyebab lain dari jaringan Iphone yang bermasalah atau tidak ada layanan adalah adanya kerusakan pada kartu SIM. Hal ini dapat disebabkan oleh usia pemakaian dari kartu tersebut yang sudah lama dan sering dibongkar pasang.

Cara Reset Jaringan Iphone

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab jaringan Iphone yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, simak solusinya berikut ini.

Ikuti semua langkah reset jaringan Iphone di bawah agar smartphone kesayangan dapat digunakan kembali secara normal.

Langkah-Langkah Reset Jaringan iPhone

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mereset jaringan pada perangkat iPhone:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke menu setting atau pengaturan.
  • Geser ke bawah hingga menemukan bagian general atau umum.
  • Gulir lagi ke bawah untuk menemukan menu ‘transfer or reset iPhone’.
  • Setelah menu di atas terbuka, Anda akan menjumpai tulisan ‘prepare or new iPhone’ di layar.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol reset di bagian kiri bawah.
  • Tunggu hingga muncul menu pop up di layar, kemudian tekan pada bagian ‘reset Network setting’.
  • Saat Anda menekan tombol ‘reset Network setting’ akan muncul perintah untuk memasukkan passcode.
  • Masukkan password iPhone Anda dengan benar guna melanjutkan perintah reset jaringan.
  • Tunggu beberapa saat hingga notifikasi berhasil sudah muncul di layar.

Alternatif Cara Reset Jaringan IPhone

Cara reset jaringan iPhone di atas tidak sepenuhnya dapat selesai dengan baik dan jaringan kembali normal. Apabila Anda mengalami kendala yang sama padahal sudah mengikuti langkah di atas, masih ada alternatif lain yang dapat dicoba agar jaringan kembali normal.

Solusi alternatif yang dimaksud adalah dengan melakukan hard reset atau factory reset. Cara ini akan mengembalikan IPhone seperti dalam keadaan baru dari pabrik.

Akan tetapi, sebalumnya jangan lupa untuk memindahkan semua data terlebih dahulu sebelum melakukan hard reset karena semua akan terhapus bersih.

Langkah-langkah melakukan hard reset hampir sama dengan reset jaringan pada pembahasan sebelumnya. Pada bagian general, Anda cukup memilih menu kedua paling atas, yaitu ‘reset all content and settings’. Selanjutnya, pengguna dimintai password IPhone untuk verifikasi keamanan.

Demikian informasi dari redaksi mengenai apa saja penyebab jaringan pada iPhone error serta solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan cara meresetnya.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait