Makin Mudah, Cek Infeksi Telinga Kini Bisa dilakukan Lewat Smartphone

recode.ID – Berkembangnya teknologi dalam smartphone tak melulu hanya soal kecanggihan kamera, layar, dan juga jaringan selulernya. Tapi kini, evolusi teknologi pada smartphone telah membuat perangkat ini bisa di gunakan sebagai alternatif untuk alat bantu mengecek kondisi kesehatan.

Smartphone saat ini tak hanya sekedar digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim email, memutar video dan musik, atau sekadar untuk browsing dan menjelajah internet saja.

Tapi kini smartphone juga bisa dimanfaatkan sebagai perangkat yang dapat digunakan pada industri kesehatan, mulai dari perangkat ultrasound scanner, mengecek kesuburan sperma pria, hingga perangkat yang dapat membantu mendeteksi penyakit Alzheimer dan kanker sejak dini.

Editors’ picks

Baca Juga :  Google Perkenalkan Gallery Go, Aplikasi Untuk Pengelola Foto

Tak hanya itu, sebuah terobosan baru di dunia kesehatan juga kembali di temukan dengan media smartphone sebagai alat untuk uji cobanya.

Melansir dari laman Ubergizmo, kini smartphone juga bisa digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi telinga seseorang terutama anak-anak apakah terdapat infeksi atau tidak di dalam saluran pendengaran anak tersebut.

Para ilmuwan kesehatan berkolaborasi dengan para ahli teknologi, telah mengembangkan aplikasi smartphone yang dapat membantu untuk mendiagnosis penyakit infeksi telinga pada anak-anak sejak dini.

Cara kerja aplikasi inipun cukup sederhana, dimana smartphone yang terpasang aplikasi kesehatan ini akan di lengkapi dengan kertas berbentuk cone yang dapat dimasukkan ke dalam telinga anak yang akan di lakukan pemeriksaan.

Baca Juga :  recode.ID Bekerja Sama Dengan nPerf Hadirkan Layanan Uji Coba Kualitas Kecepatan Internet

Selanjutnya, dengan memanfaatkan speaker yang ada di smartphone, kertas cone tersebut akan menyalurkan suara yang dihasilkan dari aplikasi untuk melakukan diagnosis infeksi telinga.

Suara yang dihasilkan dari aplikai tersebut, lalu akan didengar telinga dan akan mendeteksi apakah ada cairan di dalam gendang pendengaran yang menjadi penyebab infeksi telinga pada anak.

Dengan aplikasi ini, pembuat aplikasi mengklaim bisa membantudan mempermudah para orangtua yang ingin mengecek kondisi telinga anaknya jika ada keluhan terkait pada pendengaran mereka tanpa harus ke dokter.

Aplikasi ini masih dalam tahap uji coba dan masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Namun, progress yang di tunjukan memperlihatkan jika aplikasi ini dapat bekerja secara akurat dengan hasil 85 persen mendekati ketika di lakukan uji coba pada sekitar 50 anak-anak.

Baca Juga :  Squirrel, Aplikasi Chatting Buatan Yahoo ini Siap Jadi Pesaing WhatsApp

Kendati demikian, pihak perusahaan pegembang aplikasi ini masih belum memberikan keterangan secara resmi, apakah aplikasi untuk diagnosis infeksi telinga ini akan jual bebas atau hanya khusus di gunakan secara terbatas di lingkup dunia kesehatan saja.

(azzahra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: