Group WA Bisa Bikin Penuh Memori HP, Begini Cara Mengeceknya

recode.ID – Pernah mengalami kejadian dimana smartphone kesayangan anda terasa lemot saat di operasikan? Bisa jadi hal itu disebabkan oleh banyaknya obrolan Group WA yang anda ikuti.

Lho, memangnya obrolan di group whatsapp bisa bikin lambat smartphone kita ? Jawabanya tentu bisa.

Hal ini dikarenakan dalam obrolan group aplikasi pesan instant tersebut selain berisi banyak pesan teks dari anda dan juga anggota lain yang bergabung, dalam grup WA juga banyak berisi file-file lain dengan ukuran yang lebih besar.

Dalam ruang obrolan Group WA, tak hanya pesan tesk saja yang masuk namun terkadang terdapat pula kiriman file baik berupa foto, video, stiker, dokumen, atau GIF yang akan secara otomatis terunduh.

Padahal seperti kita tahu, jenis pesan-pesan multimedia tersebut memiliki ukuran file yang jauh lebih besar dibanding pesan teks biasa.

Baca Juga :  Kreatif, StartUp Asal USA Ini Bikin Mesin Cuci Khusus Smartphone

Ditambah lagi, sebagian besar pengguna WhatsApp setidaknya tergabung dalam dua grup WhatsApp atau bahkan bisa lebih. Dengan semakin banyak grup yang diikuti, akan semakin banyak file-file multimedia yang terunduh dan tentunya akan memakan ruang memori perangkat.

Tidak cuma pesan-pesan dari obrolan grup WA, ruang obrolan pribadi atau personal chat kita dengan sesama pengguna WA juga akan banyak mengonsumsi ruang memori perangkat, tergantung pada seberapa sering frekuensi chatting kita serta jenis file yang diterima oleh perangkat kita.

Imbasnya, apabila file-file tersebut tak rajin dibersihkan atau dihapus akan berakibat pada menurunnya performa dan kinerja smartphone anda akibat ruang memori yang penuh sesak.

Jika sudah demikian, solusinya cuma satu, yakni membersihkan file-file baik berupa dokumen, foto, video atau kiriman file apapun yang sekiranya sudah tidak dipakai atau tak digunakan lagi dari galeri smartphone anda.

Langkah berikutnya adalah dengan mengecek Group WA mana saja yang paling banyak menguras ruang penyimpanan anda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sumber masalah membludaknya file-file yang ada dalam perangkat anda.

Baca Juga :  Lacak Smartphone yang Hilang, Gunakan Fitur Find My Device Google

Cara Mengecek Group WA yang Bikin Penuh Memori HP

Melansir dari laman Gadget Now, berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui grup whatsapp mana saja yang banyak memakan space perangkat anda:

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp anda
  • Selanjutnya, silahkan pilih menu “Setelan / Settings” dengan mengklik tanda tiga titik di sudut kanan atas.
  • Kemudian, pilih menu “Penggunaan data dan penyimpanan / Data and Storage Usage“, lau pilih “Penggunaan penyimpanan / Storage Usage
  • Nantinya akan terlihat daftar chat, baik chat dari grup maupun personal lengkap dengan informasi seberapa besar memori yang digunakan.
  • Daftar urutan chat tersebut diurutkan dari chat dengan ukuran file paling besar hingga paling kecil
  • Anda bisa mengecek di masing-masing chat, jenis file apa yang paling besar, apakah teks, multimedia, atau lainnya.
  • Langkah terakhit, anda bisa memutuskan untuk menghapus jenis-jenis file tertentu atau menghapus seluruh riwayat chat agar membuat ruang penyimpanan perangkat anda menjadi lapang kembali
Baca Juga :  #3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca di PC atau Laptop

Cegah File Terunduh Secara Otomatis

Pihak WhatsApp juga telah menyediakan pengaturan yang secara default bisa anda setting untuk mencegah file multimedia terunduh otomatis di perangkat anda, sehingga pengguna bisa memilah jenis pesan mana yang dirasa cukup penting untuk diunduh dan mana yang sebaiknya di abaikan

Untuk mencegah file terunduh secara otomatis, caranya klik “Setelan / settings” lalu pilih “Penggunaan data dan penyimpanan / Data and Storage Usage“.

Lalu pada menu “unduh otomatis media / media auto download“, klik pilihan “saat menggunakan data seluler / when using mobile data” dan hapus semua tanda centang pada kotak jenis file multimedia.

[artikel number=3 tag=”tips” ]

Dengan cara diatas, pada saat menggunakan koneksi dari jaringan data seluler semua jenis file yang dikirim kepada anda baik di group WA maupun obrolan pribadi tidak akan terunduh secara otomatis.

Bagaimana, cukup mudah bukan. Selamat mencoba!

(azzahra)

Topic:

Just For You