oleh

Cara Mengatasi Download Aplikasi Di Google Play Store Yang Tertunda

recode.ID – Bagi para pengguna smartphone dengan basis sistem operasi Android pasti sudah tak asing lagi dengan salah satu aplikasi wajib di smartphone android, yakni Google Play Store. Pasalnya, Google Play Store merupakan market aplikasi resmi milik Google yang menyediakan beragam aplikasi yang bisa di install untuk sistem operasi buatan Google tersebut.

Meski Google Play Store merupakan toko resmi yang sudah tidak diragukan lagi keamanannya, namun ada kalanya masih banyak pengguna smartphone Android yang mengalami masalah ketika mengunduh aplikasi dari Google Play Store.

Di Sponsori Oleh:

Salah satu yang kendala kerap di alami oleh pengguna adalah macetnya proses unduhan atau download aplikasi yang sedang berlangsung. Meski tak berpengaruh apa-apa terhadap performa smartphone yang digunakan, namun kondisi tersebut akan membuat jengkel karena proses download yang tertunda dan tak kunjung selesai.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut ada baiknya anda simak dulu cara mengatasi download aplikasi di Google Play Store yang tertunda berikut ini:

  • Rubah Koneksi Internet yang Anda Gunakan

Biasanya macetnya proses unduhan aplikasi di Google Play Store, biang keroknya dalah masalah jaringan yang digunakan oleh smartphone. Meski anda sudah menggunakan jaringan Wi-Fi ketika mengunduh aplikasi tersebut nyatanya proses unduhan juga masih tersendat-sendat.

Untuk mengakalinya, coba rubah jaringan internet yang anda gunakan dari mode Wi-Fi ke mode Data Selluler. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk membuat proses unduhan kembali ngebut. Namun konsekuensinya, paket data anda juga akan ikut tersedot.

  • Clear Cache Di Aplikasi Google Play Store

Cache atau juga di sebut Tembolok, merupakan sistem penyimpanan data sementara. Jika suatu aplikasi terlalu menyimpan banyak Cache maka akan mempengaruhi kinerja suatu aplikasi.

Begitu juga dengan Google Play Store, jika aplikasi ini terlalu menyimpan banyak cache maka akan membuat proses unduhan menjadi macet.  Untuk mengatasinya, masuk ke menu Settings, kemudian pilih My Apps. Setelah itu, pilih Google Play Store, lalu buka Storage, dan klik Clean Cache.

  • Update Aplikasi Google Play Store Ke versi Yang terbaru

Versi aplikasi Google Play Store juga menjadi penyebab mengapa proses unduhan menjadi tertunda. Apalagi jika anda menonaktifkan mode update otomatis maka, sudah pasti aplikasi Play Store anda merupakan versi yang lawas.

Untuk membuatnya kembali berfungsi dengan normal, anda perlu memperbaharui aplikasi Google Play Store, biasanya ada notifikasi Update ketika anda membuka aplikasi tersebut. Silahkan klik dan tunggu proses update hingga selesai.

  • Perikasa Memori Internal Smartphone Anda

Ruang penyimpanan atau memori internal juga menjadi penyebab mengapa proses unduhan menjadi tertunda. Oleh karena itu, cek lebih dahulu apakah kapasitas ruang penyimpanan anda sudah penuh.

Jika iya, maka silahkan  hapus lebih dahulu aplikasi yag tak diperlukan hinga ruang penyimpanan di smartphone anda kembali menjadi longgar.

  • Reset Perangkat

Opsi yang terakhir ini cukup riskan dilakukan, karena akan menyebabkan data-data di smartphone anda menjadi hilang. Namun cara ini menjadi alternatif terakhir jika memang segala cara diatas sudah tidak bisa mengatasinya.

Demikian tips dalam mengatasi download aplikasi yang tertunda di Google Plya Store, cukup mudah bukan. Selamat Mencoba !

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya