Mengatasi Kamera Whatsapp Error dan Tidak Bisa dibuka

Mengatasi Kamera Whatsapp Error dan Tidak Bisa dibuka

recode.ID – Sejumlah pengguna aplikasi perpesanan WhatsApp ada yang mengeluhkan jika aplikasi WA yang terpasang pada perangkat yang mereka gunakan mengalami masalah. Dimana kamera WhatsApp error dan tidak bisa dibuka ketika akan digunakan.

Munculnya masalah seperti ini tentu akan membuat pengguna tidak bisa menggunakan aplikasi perpesanan ini untuk melakukan pangilan video ataupun mengirimkan pesan video atau foto yang diambil secara direct dari aplikasi WhatsApp yang mereka gunakan.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna yang mengalami masalah seperti ini, jangan panik dan bingung. Karena pada kesempatan kali ini redaksi susah menyiapkan artikel yang akan membahas mengenai masalah kamera WhatsApp yang error dan tidak bisa dibuka ini, mulai dari penyebab hingga solusi untuk mengatasinya.

Penyebab Kenapa Kamera WhatsApp Bisa Error

Video WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri, Begini Mengatasinya

Sebelum kita beranjak pada solusi untuk mengetasi masalah tersebut, ada baiknya kita pahami lebih dahulu mengenai apa saja yang jadi penyebab munculnya masalah seperti ini.

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, ketika aplikasi WA yang terpasang diperangkat Anda mengalami masalah seperti ini hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

  • Aplikasi WA menggunakan versi lawas dan belum di update dengan versi terkini
  • Terdapat Bug pada aplikasinya
  • File cache yang menumpuk
  • Memori perangkat yang penuh
  • Kemungkinan kerusakan hardware pada bagian kamera
  • Belum memberikan hak akses aplikasi untuk menggunakan kamera
  • Beberapa penyebab lainnya.

Setelah diketahui apa saja hal-hal yang jadi penyebab munculnya masalah ini, maka tindakan selanjutnya adalah menerapkan solusi dari redaksi berikut ini untuk mengatasinya.

Mengatasi Kamera Whatsapp Error

Ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mengetasi masalah kamera WhatsApp yang error dan tidak bisa dibuka tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak detailnya berikut ini:

  • Force Stop App

Cara awal guna menangani masalah kamera WhatsApp yang error adalah dengan melakukan force stop atau melakukan paksa henti pada aplikasi WhatsApp tersebut.

Dengan cara ini maka aplikasi akan dipaksa berhenti dari sistem, sehingga akan dimuat ulang kembali dari awal. Dalam beberapa kasus, trik seperti ini cukup efektif untuk mengatasi sejumlah error pada aplikasi, termasuk pada aplikasi WA.

Caranya, masuk ke menu Setelan/Pengaturan di Hp, kemudian pilih aplikasi, lanjut dengan pilih WhatsApp, terkahir silahkan Anda klik pada tombol Pakda Henti atau Force Stop.

  • Clear Cache

Berikutnya, solusi untuk mengatasi masalah pada kamera WhatsApp yang error dan tidak mau terbuka adalah salah satunya dengan melakukan clear cache pada aplikasinya.

Untuk membersihkan cache aplikasi WhatsApp, caranya masuk ke menu Setelan/Pengaturan pada Hp, kemudian masuk ke menu Aplikasi, lanjut pilih Aplikasi WhatsApp. Terakhir, silahkan klik pada tombol Bersihkan Cache.

  • Lakukan Pembaruan Aplikasi

Tips selanjunya untuk mengatasi kamera WhatsApp yang error seperti ini bisa dilakukan dengan melakukan update atau pembaruan pada aplikasi WhatsApp.

Karena sesuai dengan penyebabnya, ketika sebuah aplikasi mengalami error hal itu salah satunya karena masih menggunakan versi lawas, termasuk pada aplikasi WhatsApp ini.

Untuk melakukan update aplikasi cukup masuk ke layanan Google Play Store, kemudian pilih aplikasi WhatsApp dan klik tombol Update jika sudah tersedia.

  • Berikan Hak Akses Aplikasi Untuk Menggunakan Kamera

Perlu Anda ketahui, aplikasi WhatsApp memerlukan ijik atau akses pada sejumlah fitur yang ada pada perangkat smartphone. Misalnya, akses kontak, microphone, dan tentunya akses kamera.

Ini biasanya akan muncul permintaan atau ijin akses aplikasi ketika diawal menginstall aplikasi WhatsApp. Namun jika Anda tidak mengijinkan aplikasi untuk akses kamera, sudah tentu kamera tidak akan bisa digunakan di WA.

Untuk memberikan hak akses aplikasi pada kamera caranya, masuk ke menu Setelan/Pangaturan, kemudian pilih menu Perlindungan Privasi, lanjut klik pada tombol Seluruh Perizinan.

Nanti akan muncul dafta pengelola izin, klik pada opsi kamera, lalu pilih aplikasi WhatsApp. Selanjutnya apda opsi yang tersedia, pilih bagian paling atas atau Izinkan Hanya Saat Aplikasi digunakan.

  • Lakukan Restart Pada Perangkat

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melalukan restart atau muat ulang pada perangkat yang bermasalah.

Tujuannya adalah merefresh sistem pada Hp yang bisa jadi sudah terlalu lama aktif sehingga menyebabkan sejumlah error pada sistem dan berimbas pada aplikasi yang digunakan.

Cukup dengan menekan tombol power, lalu pilih opsi muat ulang perangkat.

  • Bersihkan Memori Hp

Dalam beberapa kasus, kapasitas ruang penyimpanan pada perangkat yang sudah penuh sesak akan menyebabkan sejumlah aplikasi menjadi tidak dapat berfungsi dengan normal.

Perlu Anda ketahui, memori digunakan sebuah aplikasi untuk memuat sistem agar berjalan dengan normal. Ketika memori sudah penuh maka sistem aplikasi tidak dapat dimuat dengan baik sehingga akan menyebabkan sejumlah error.

Solusinya, hapus beberapa file baik video, foto atau file lain yang tidak diperlukan lagi. Selain itu bisa juga dengan menguninstall aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

  • Copot dan Pasang Ulang

Ini merupakan trik treakhir yang jadi jurus pamungkas jika semua trik diatas masih belum juga mengatasi masalah yang Anda alami.

Biasanya ketika ada bug pada aplikasi WhatsApp, solusi paling ampuh adalah mencopot aplikasi yang bermasalah tersebut kemudian menginstll ulang kembali aplikasinya.

Meski terdengar ribet, namun percayalah ini adalah solusi paling ampuh yang bisa dilakukan. Namun, pertimbangkan opsi ini karena biasanya jug akan menghapus riwayat chat Anda.

  • Bawa ke Pusat Servis

Apabila error yang terjadi ini karena adanya kerusakan komponen pada bagian kamera, maka solusinya adalah dengan membawa perangkat yang rusak tersebut ke pusat servis guna perbaikan atau pergantian komponen kameranya yang rusak.

Indikasi jika kamera rusak, tidak hanya ketika dipakai pada aplikasi WA saja kameranya error atau tidak bisa dibuka, namun ketika digunakan untuk mengambil video atau foto pada menu Kamera, juga tidak bisa digunakan.

Pastikan Anda membawa perangkat yang bermasaah tersebut ke pusat servis resmi atau carilah informasi mengenai jasa servis Hp yang sudah terpercaya di kota Anda masing-masing.

Demikian informasi dari redaksi mengenai apa saja penyebab kamera WhatsApp error dan tidak bisa dibuka serta solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Semoga informasi yang redaksi berikan ini bermanfaat dan selamat mencoba, semoga berhasil.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait