oleh

Password iPhone Bisa Di Bobol Lewat Kabel Data

recode.IDPassword iPhone Bisa Di Bobol Hanya Dengan Kabel Data – Isu kerentanan keamanan smartphone kembali menerpa salah satu brand ternama asal Amerika Serikat, Apple. Smartphone besutan mereka, iPhone dikabarkan bisa di bobol hanya dengan bermodalkan sebuah kabel data.

Melansir dari laman ZDnet, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang keamanan digital, Hacker house menjelaskan bagaimana mereka mampu mengelabui sistem proteksi keamanan pada membobol password iPhone tersebut.

Matthew Hickey, co-founder Hacker House, dalam penjelasannya yang dimuat dalam laman ZDnet menyebut jika dirinya bisa menembus password perangkat buatan Apple, baik iPhone maupun iPad hanya dengan lightning cable atau kabel data yang di sambungkan dengan perangkat tersebut.

Cara kerjanya adalah dengan membanjiri perangkat yang akan di bobol dengan form input password dengan ribuan kombinasi password sekaligus menggunakan program buatan mereka yang di tranfer lewat kabel data.

Dengan banyaknya jumlah kode dan kombinasi yang di masukkan maka, iPhone maupun iPad akan mengalami crash sehingga fitur proteksi kemanan perangkat pun menjadi tak berfungsi.

“dari pada mengirim passcode satu per satu, dengan cara ini bisa langsung mengirim seluruhnya dengan sekali jalan,” jelas Matthew.

Skema serangan untuk membobol password iPhone ini sebenarnya adalah dengan memanfaatkan salah satu fitur proteksi input password di perangkat buatan Apple tersebut.

Seperti kita ketahui, batas kesalahan dalam memasukkan kombinasi password untuk perangkat dengan sistem operasi iOS tersebut adalah sepuluh kali secara berturut-turut.

Jika salah dalam menginput password lebih dari sepuluh kali, maka secara otomatis perangkat akan terkunci dan tidak akan bisa di buka kecuali dengan dengan melakukan factory reset.

Dengan menginput ribuan kombinasi password sekaligus, maka membuat perangkat tersebut menjadi “kebingungan”, sehingga sistem perlindungan perangkat pada iPhone maupun iPad menjadi tidak berfungsi.

Sementara itu, menanggapi temuan peneliti tersebut, pihak Apple melalui juru bicaranya Michele Wyman menyatakan jika apa yang dilakukan oleh para periset dalam percobaan tersebut sangat mustahil dilakukan pada perangkat buatan mereka.

Pihak Apple mengklaim, sistem proteksi kemanan mereka tak bisa ditembus dengan cara apapun. Meskipun begitu, pihak Apple dengan tanggap segera merespon temuan tersebut dengan segera melakukan update dan perbaikan bug agar kemanan perangkat buatan mereka tetap terjaga.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya