Waspada, Beredar Ransomware Berkedok Cyberpunk 2077

  • Whatsapp
Waspada, Beredar Ransomware Berkedok Cyberpunk 2077

recode.ID – Ditengah hangatnya pembicaraan terkait perilisan game Cyberpunk 2077, para penjahat dunia maya memanfaatkan momen tersebut untuk menyebar malware berkedok game Cyberpunk 2077 versi mobile Android.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh analis malware di Kaspersky, Tatyana Shishkova. Dalam penuturannya yang dimuat dalam laman The Verge, Ia mengatakan “Ketika ransomware berkedok aplikasi Cyberpunk 2077 terinstal, korban akan langsung terkunci sehingga tidak bisa mengakses ponsel,”

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa para penjahat dunia maya ini berusaha unyuk menyebarkan ransomware CoderWare sebagai installer palsu untuk game Cyberpunk 2077 tersebut.

Baca Juga :  Ponsel Android Apakah Perlu Di Pasang Antivirus ? Simak Ulasannya Berikut Ini

Bahkan, untuk lebih meyakinkan target pelaku penyebar malware ini juga membuat situs web yang mirip Google Play Store.

Tujuannya, agar korban terkecoh sehingga korban akan menginstal aplikasi game besisi ransomware yang berkedok sebagai game bernama Cyberpunk 2077 veris Mobile Android tersebut.

Selanjutnya, jika korban tak waspada dan menginstal aplikasi game yang berisi malware tersebut, maka perangkat korban akan terkunci dan tak bisa dibuka atau terkena ransomeware dari game palsu tersebut.

Pelaku kejahatan akan meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang dalam bentuk mata uang Bitcoin senilai USD 500, dengan tenggat waktu 10 jam bila ingin korban ingin memperoleh akses atau membuka ponsel kembali.

Baca Juga :  Opera Mobile Browser Untuk Sistem Operasi Andoid dan iOs Sekarang Bisa Memblok Cryptocurrency Mining

Jika lewat waktu tersebut korban tak membayar atau mengabaikan, imbasnya semua file atau data yang beradadi dalam perangkat korban akan hilang secara permanen dan tak bisa dipulihkan kembali.

Sekedar informasi, judul game ini menjadi salah satu game yang paling dinanti perilisannya tahun ini. Namun, pasca perilisan ternyata hype game ini tak sesuai dengan ekspetasi para penggemarnya.

Adanya berbagai glitch serta terjadinya penurunan performa ketika dimainkan pada konsol PS4 dan Xbox One, membuat game yang satu ini justru berubah dari game yang paling ditunggu menjadi judul game yang dianggap paling mengecewakan di tahun untuk tahun ini.

Bahkan, pihak Sony sendiri telah menghapus game Cyberpunk 2077 ini dari layanan PlayStation Store, serta menawarkan untuk mengembalikan dana atau refund secara penuh untuk para pengguna PlayStation yang telah terlanjur membeli game tersebut.

Pos terkait