oleh

Amankan Kartu Kredit Anda Dari Aksi Peretas, Begini Caranya

recode.ID Amankan Kartu Kredit Anda Dari Aksi Peretas, Begini Caranya – Bagi masyarakat modern, kartu kredit kini menjadi salah satu kebutuhan dalam hal finansial yang cukup penting bagi kehidupan sehari-hari.

Hanya dengan menggesekan kartu kredit, semua barang impian anda mulai dari pakaian, perabotan, elektronik bahkan tiket pesawat serta berbagai macam keperluan lainnya anda bisa anda miliki dengan mudah.

Di Sponsori Oleh:

Terlepas dari bagaimana cara mengelola keuangan lewat kartu kredit secara baik, hal lain yang patut anda perhatikan adalah masalah keamanan kartu redit yang anda gunakan.

Sebagai barang yang penggunaanya terhubung dengan sistem online, kartu kredit menjadi sasaran dan target pencurian terutama oleh para kriminal dunia maya.

Maka dari itu kewaspadaan dan kehati-hataian pemilik kartu kredit menjadi poin utama agar tidak terjebak penipuan dan menjadi target pencurian nomor kartu kredit oleh peretas.

Berikut ini adalah tips cara amankan kartu kredit anda, seperti yang di kutip dari Alfons Tanujaya, seorang pengamat teknologi dan keamanan digital dari Vaksincom.

Tips Amankan Kartu Kredit Anda Dari Aksi Peretas

  • Selalu Waspada Dengan Kiriman Email Tak Dikenal

Salah satu cara yang digunakan olah para bandit dunia maya untuk mencuri kartu kredit adalah dengan menggunakan sebuah teknik yang dinamakan phising, yakni sebuah teknik peniupan secara online dengan mengunakan laman web palsu untuk mengelabui korbannya.

Caranya, para penjahat yang juga di sebut dengan istilah Carder ini akan mengrimkan email kepada anda dengan tekhnik yang disebut dengan Spamming berupa peringatan atau notifikasi tentang segala sesutau yang berhubungan dengan kartu kredit anda.

Wajib Anda Baca :

  • Malware Canggih Kembali Di Temukan, Bisa Merekam Video Tanpa Ketahuan

Kemudian penyerang biasanya akan menyertakan laman web palsu untuk menipu agar anda memasukan nomor kartu kredit dan informasi lainnya.

Untuk itu, anda harus jeli melihat kirimian email seperti ini, pastikan alamat web yang anda akses merupakan laman web resmi dari penyedia layanan kartu kredit anda.

  • Selalu Cek dan Perhatikan Detail Transaksi Kartu Kredit Anda

Selain menggunakan teknik peretas diatas, para peretas juga biasanya mencuri kartu kredit anda dari situs yang pernah anda kunjungi untuk berbelanja, terrutama situs yang menawarkan pembayaran melalui kartu kredit.

Peretas akan membobol situs tersebut, lalu mencuri semua informasi pengguna kartu kredit kemudian  berbelanja menggunakan kartu kredit curian tersebut di situs lainnya. Oleh karena itu, selalu cek notifikasi di email atau SMS anda kalau-kalau ada pesanan barang yang harus anda bayar padahal anda tidak merasa membelinya.

  • Segera Lapor Ke Bank Jika AdaTransaksi Mencurigakan

Jika anda mendapati kartu kredit anda digunakan secara tidak sah, segera ambil tindakan dengan melapor kepihak bank agar kartu kredit anda segera bisa bisa blokir terlebih dahulu. Hal ini guna mengantisipasi agar kerugian yang anda derita tak semakin bertambah banyak.

  • Hanya Gunakan Kartu Kredit Anda Pada Situs Yang Terpercaya

Gune menghindari aksi pencurian nomor kartu kredit, usahakan untuk selalu berbelanja pada situs jual beli yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Sehingga selain mendapat jaminan keamanan barang yang anda beli, anda juga akan merasa tenang jika kartu kredit anda akan aman karena situs yang anda kunjungi cukup aman.

Demikian, beberap hal yang harus anda ketahui tentang bagaimana cara mengamankan kartu kredit anda agar tidak menjadi korban pencurian kartu kredit oleh para penjahat dunia maya.

Ingat! Kejahatan bukan semata-mata karena ada niat dari pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan! Waspadalah! Waspadalah!”

(andra/rc

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya